Connect with us

Hi, what are you looking for?

UKM/UMKM

Jangkau Konsumen Lebih Luas, Dekranasda Bojonegoro Manfaatkan Teknologi Digital di Pameran Tingkat Nasional

IMG 20240307 WA0018

Bojonegoro.com – Pemanfaatan teknologi Informasi digital dilakukan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bojonegoro untuk mengenalkan produk Usaha Kecil Menengah (UKM). Hal ini tampak pada pameran tingkat nasional yang diikuti Dekranasda Bojonegoro.

Dua event berskala besar tersebut adalah Pameran Inacraft yang digelar di gedung Jakarta Convention center (JCC) mulai 28-29 Februari 2024, dan DhawaFest Pesona 2024 yang dilaksanakan di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan Jakarta pada 05-07 Maret 2024. Keterbatasan ukuran stand yang ada, disiasati dengan pemanfaatan teknologi informasi digital, yakni menambahkan tampilan secara visual dengan layar, lengkap dengan foto produk dan keterangannya.

“Kita kan nggak mungkin bawa semua produk. Oleh karena itu kami manfaatkan secara digital. Jadi pengunjung tinggal scan di layar, nanti akan terhubung langsung dengan pengrajin,” ujar Ketua Dekranasda Kabupaten Bojonegoro, Dian Adiyanti Adriyanto, saat berada di lokasi DhawaFest Pesona 2024.

Tidak hanya itu, para pengunjung yang berminat membeli produk di stand Dekranasda Bojonegoro juga dapat memanfaatkan pembayaran melalui digital, yakni dengan cara men-scan kode quick response code Indonesian standard (QRIS) yang tersedia.

Lebih lanjut, Ketua Dekranasda mengupayakan Bojonegoro mengikuti pameran di tingkat nasional karena produk UKM yang dihasilkan Bojonegoro sudah sangat layak untuk disandingkan dengan produk-produk tingkat nasional.

“Saya sering terjun langsung ke pelaku usaha di Bojonegoro. Mereka punya banyak potensi, baik desain maupun kualitas,” ucapnya sambil menunjuk produk yang dipamerkan.

Dekranasda Bojonegoro membuka lebar bagi siapapun pelaku UKM di Bojonegoro untuk turut serta dalam kegiatan pameran. Dengan cara mendaftar di kantor Dekranasda untuk didata dan nantinya akan dibantu publikasi melalui kegiatan-kegiatan dalam lingkup yang lebih luas.

Baca Juga :  Jajane Mba’He Plosolanang Jadi Pilihan Hiasi Meja Saat Hari Raya

Untuk kali ini, Dekranasda menggandeng Siti Nur Hidayah, owner dari Zahida Painting yang konsisten dengan kreasi fashion. Selain bertugas melayani di stand, Siti Nur mengaku senang karena banyak pembeli baru yang sangat antusias dengan karya pelaku UKM Bojonegoro.

“Alhamdulillah dapat kesempatan berharga dari Pemkab. Untuk pembeli tidak hanya dari Jakarta, tapi banyak pengunjung dari luar negeri. Ini sudah ada beberapa orderan yang masuk,” terang perempuan yang pernah menjadi Yune Bojonegoro ini. [*]

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Kabar

Bojonegoro.com – Masih dalam suasana bulan suci ramadhan, Lintas Angkatan (Lintang) SMP Negeri 1 Bojonegoro menggelar halal bihalal dengan mengusung tema “Kanca Sekolah” Lintas...

Hukum

Bojonegoro.com – Kejadian baku hantam atau adu jotos dengan crew Bus PO. Margo Joyo dengan pengemudi mobil Avanza ini menjadi viral setelah diunggah dibeberapa...

Kabar

Bojonegoro.com – Dalam rangka menyambut Hari Kartini yang ke-145, Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3AKB) akan menggelar lomba...

Kabar

Bojonegoro.com  – Polres Bojonegoro dan Polsek jajaran menggelar patroli keamanan selama mudik Idul Fitri 1445 Hijriah. Kegiatan ini dilakukan mengingat banyak rumah kosong yang...

X