Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kabar

Jumlah Penyandang Disabilitas di Bojonegoro Turun 1,49 Persen

IMG 20211027 WA0069

Bojonegoro.com – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mengungkapkan, jumlah penyandang disabilitas di Kabupaten Bojonegoro menurun sebanyak 1,49 persen dibandingkan pada tahun sebelumnya.

Kepala Dinsos Bojonegoro, M. Arwan menyebutkan, data yang bersumber dari DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) menunjukkan terjadi penurunan jumlah penyandang disabilitas. Yakni sebanyak 8.567 orang. Angka itu adalah hasil rekapitulasi akhir tahun 2020. Sedangkan data rekapitulasi pada akhir tahun 2019 ada sebanyak 8.697 penyandang disabilitas.

“Ya, turun sekira 1,49 persen, atau 130 orang. Tetapi data seperti ini kan sifatnya dinamis, bisa bertambah maupun berkurang,” katanya kepada Bojonegoro.com, Rabu, 27/10/2021.

Dijelaskan, data penyandang disabilitas bisa bertambah atau berkurang, mayoritas disebabkan karena dua perkara. Pertama, terjadinya perpindahan domisili. Yang kedua karena meninggal dunia.

“Tetapi kita belum tahu ya, nanti pada akhir tahun bisa saja bertambah, atau berkurang lagi, karena saat ini belum seluruh data ter-cover. Insya untuk data 2021 kita tunggu sampai akhir tahun,” jelasnya.

Dari pendataan yang terus menerus, bisa diketahui para penderita cacat berat yang berhak mendapat usulan menerima bantuan. Dari APBD Bojonegoro ada bantuan sebesar Rp1,5 Juta.

“Tahun 2021 ini ada 200 orang yang berhak menerima. Dan itu usulan dari tahun 2020,” ujarnya.

Disamping itu, dapat pula diketahui penyandang difabel produktif yang bisa diberikan pelatihan dan bantuan alat penunjang produktifitas difabel. Selain dari DTKS, Dinsos juga bekerja sama dengan Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI), untuk memgetahui difabel produktif yang berkeinginan mengikuti pelatihan.

“Tahun 2021 ini ada pelatihan menjahit untuk 10 orang penyandang disabilitas atau difabel. Masa pelatihan sekira 20 sampai 25 hari,” terangnya.(*)

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melepas peserta studi banding Perkumpulan Disabilitas Kabupaten Bojonegoro (PDKB), Rabu (15/5/2024) di Pendopo Malowopati. Para peserta akan belajar berbagai...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Dalam rangka persiapan pelaksanaan Anugerah Patriot Jawi Wetan II (APJW), Pemkab Bojonegoro menargetkan bisa masuk 5 (lima) besar nominasi desa/kelurahan terbaik se-...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Kapolres Bojonegoro, AKBP Mario Prahatinto, SH, SIK, M.Si ingatkan seluruh personel Polres Bojonegoro dan jajaran agar tetap menjaga netralitas jelang Pemilihan Kepala...

UKM/UMKM

Bojonegoro.com – SOLO- Ibu Pj. TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kab. Bojonegoro, Dian Adiyanto Adriyanto turut menghadiri acara puncak Tasyakuran HUT Dekranasda Ke-44 dan...

X