Connect with us

Hi, what are you looking for?

UKM/UMKM

Kak Rose, Pelaku Usaha Rajut dan Seni Tenun Tapestri Bojonegoro

IMG 20210524 WA0094

Bojonegoro.com – Industri kreatif tak pernah mati. Bahkan kreasi rajut yang sudah ada sejak zaman kakek-nenek terus berkelanjutan ada penerusnya hingga jaman sekarang.  Unin Rosalini adalah salah satunya, Kak Rose, begitu panggilan akbrabnya, mulai menggeluti usaha kerajinan tapestri, yaitu seni tenunan menggunakan benang-benang.

Jika tapestri identik dengan hiasan dinding dan tirai, ditangan kak Rose mampu mengkreasikan tapestri menjadi tas cantik dengan berbagai motif.

Di temui di rumah produksi di Jalan Dr Suharso, Gang Dharma Bakti No 20, Kelurahan Mojokampung, Kecamatan Bojonegoro, Senin, 24/05/2021, nampak berbagai jenis macam benang berwarna-warni tersusun rapi di rak dinding. Sebuah meja dipenuhi berbagai macam produk kerajinan Ros yang menarik dan lucu menggemaskan. Ada boneka rajut, gantungan kunci, tas HP dan berbagai produk dari benang lainnya.

“Sejak pandemi, saya mulai berpikir produk kreatif apa lagi yang sedang naik daun. Nah, salah satunya tapestri ini. Kalau untuk boneka rajut saya beri nama Gawekno Rajut, yang tapestri mereknya Rosalini,” tutur Kak Rose sambil menunjukkan kreasi tapestri miliknya.

Menurut perempuan lulusan D3 Gizi ini, pembuatan tapestri jauh lebih rumit karena menggabungkan dua jenis benang dengan dua warna. Tentunya, harus memiliki kreatifitas tinggi untuk melihat pola-pola dasar agar terbentuk menjadi sebuah tas atau dompet yang apik.

Kak Rose mengaku, dalam seminggu dia bisa membuat satu produk tapestri.  Sambil memperlihatkan hasil karya pertamanya, Ros dengan yakin mengatakan untuk harga dia berani bersaing, ujarnya berpromosi. Ucapan kak Rose bukannya tanpa bukti, Sebagai salah satu pelaku UKM senior Bojonegoro, Kak Rose terkenal dengan keugunggulan dalam teknik, kerapian dan motif-motif unik bernilai seni tinggi.

Baca Juga :  Ajang Pekan Batik Daerah Budaya Untungkan Pelaku UMKM Kuliner Bojonegoro

Ditanya awak media bojonegoro.com terkait variasi harga produknya kak Rose menjelaskan “Kalau untuk dompet harganya berkisar Rp 60 ribu sampai Rp 75 ribu. Kalau tas mulai Rp 300 ribu sampai Rp 400 ribu tergantung kerumitan,” papar perempuan berambut ikal ini.

Disela awak media wawancara, Kak Rose menyempatkan memamerkan keahliannya dalam merajut, Tangan Kak Rose lincah menggerakkan hakpen atau jarum rajut mengerjakan pesanan dompet dari Surabaya.

Untuk pemasaran, selain di sekitaran Bojonegero dan Tuban, produk kerajinan kak Rose sudah mampu rambah pasar  luar kota seperti Kalimantan dan Jogja.

Bagi warga nitijen yang ingin memesan atau sekedar penasaran ingin melihat  seperti apa hasil kreasi tangan kak Rose, bisa berkunjung ke laman Instagram atau Facebook-nya.

Ig : gawekno_bonekarajut
Fb : Rosa Lini Crochet
Wa : 0821-4285-677

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Kabar

Bojonegoro.com  – Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke – 78 Tahun 2024, Polres Bojonegoro menyalurkan bantuan sosial (Bansos) bagi masyarakat yang membutuhkan di sekitaran...

Kabar

Bojonegoro.com – Dalam menyambut hari Bhayangkara ke 78 tahun 2024, Polres Bojonegoro menggelar Bakti Religi di sejumlah tempat ibadah di Kabupaten Bojonegoro, Jum’at (14/6/2024)....

Kabar

Bojonegoro.com – Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto berharap hari raya Idhul Adha dijadikan momentum menumbuhkan rasa solidaritas yang dibingkai dalam ukhuwah islamiyah dan ukhuwah wathaniyah....

Kabar

Bojonegoro.com – Para kader penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Bojonegoro mendapat pelatihan pengolahan pangan alternatif berbahan dasar tepung mocaf atau tepung dari...

X