Connect with us

Hi, what are you looking for?

Profile

Kak Shoffi, Pendongeng Perempuan Multi Talenta Asal Bojonegoro

IMG 20230421 WA0029

Bojonegoro.com – Terlahir dengan nama Shofi Chofiatun Nisa’  atau akrab dipanggil kak Shoffi (22) adalah salah satu pendongeng perempuan yang ada di Bojonegoro dan satu satunya pendongeng di komunitas Kampung Pendongeng. Bakat mendongengnya telah dimilikinya sejak kecil, dan semakin terasah saat dia duduk dibangku kuliah.

Gadis manis kelahiran Bojonegoro asal desa Kalianyar kecamatan Kapas ini adalah lulusan Tarbiyah, prodi PGMI Universitas Sunan Giri (Unugiri) Bojonegoro, dan kini sarjana Pendidikan (S.Pd) telah disandangnya. Bakat mendongengnya lebih terasah saat dia bergabung di komunitas Kampung Dongeng milik Kak Budi, Pendongeng Bojonegoro yang terlebih dahulu menggeluti dunia dongeng anak anak.

” Awalnya, di sebuah event saya bertemu kak Feri, dia juga Pendongeng, perkenalan itu membawa saya ke Kak Budi, dan dari situlah saya banyak belajar untuk memperdalam teknik mendongeng yang baik dan aku juga menambah ilmu pendongeng dengan mengikuti workshop mendongeng di Bogor selama 5 hari” Tutur Shoffi.

Setelahnya, di tahun 2020 saat kuliah di semester 3 mulailah Shofi menjadi pendongeng anak-anak. Job pertama Shoffi bersama Boneka yang diberi nama Mia adalah saat dipercaya menjadi pendongeng dalam acara dongeng online bersama lembaga Laziz Nurul Falah Surabaya di Tahun 2020. Kini Shoffi telah banyak mengisi berbagai acara dan namanya telah banyak dikenal di Bojonegoro.

Gadis dengan zodiak Leo yang juga menjadi tenaga pengajar di MIN 1 Bojonegoro ini mengaku suka dengan mendongeng karena mendukung disiplin ilmunya yaitu PGMI, dimana seorang guru harus mampu mengajar siswanya dengan banyak metode, dan metode pengajaran dengan mendongeng dirasa sangat efektif untuk mengajar siswa setingkat MI atau SD

” Menyampaikan pelajaran, khususnya sejarah Islam sangat cocok dan lebih mengena saat disampaikan dengan cara bertutur, bercerita atau mendongeng, jelasnya saat ditemui dalam acara Berbagi Berkah Ramadhan PKYB, Rabu 19/04/2023 kemarin.

Menurut Shofi, kiat untuk menjadi pendongeng yang baik haruslah gemar membaca, menjadi pendengar yang baik, dan tidak malu untuk bertanya untuk menambah ketrampilan mendongeng.

Bulan suci Ramadhan menjadi berkah tersendiri bagi Shoffi dimana tawaran untuk mendongeng dalam acara berkah Ramadhan atau buka bersama anak yatim sering diterimanya.

” Alhamdulillah, Bulan Ramadhan ini banyak Job, dan waktunya sore hari jadi aku bisa ambil itu, kalau di hari biasa hanya dapat menerima tawaran kerja saat hari Jumat Sabtu dan Minggu saja” jelasnya.

Bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1444 H, Dalam kesempatan ini, Shoffi mengucapkan selamat merayakan hari raya, minal aidzin wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin, sekaligus memberi ucapan selamat Hari Kartini bagi seluruh perempuan Indonesia, dia berpesan tetaplah semangat dan kembangkan potensi yang ada dalam diri, sehingga menjadi perempuan yang kuat, mandiri dan berguna bagi agama dan Bangsa.

Bagi pembaca atau netizen yang menginginkan jasa pendongeng untuk sebuah acara, bisa menghubungi Kak Shofi di nomer WhatsApp +62 881-0367-7787 .

IMG 20230421 WA0030

Shoffi saat mengisi dalam sebuah acara

Pendongeng adalah orang atau sekelompok orang yang melakukan aktivitas membaca atau menceritakan dongeng kepada orang lain.

Mendongeng bisa menjadi Profesi yang menjanjikan, syaratnya seorang pendongeng harus memiliki beberapa keahlian, salah satunya pandai menarik minat pendengar dongeng yang biasanya merupakan anak-anak.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Olahraga

BOJONEGORO – Kepastian kapan akan digelar pelaksanaan Liga 3 putaran Nasional sudah diterima oleh manajemen Persibo Bojonegoro. Surat edaran dari PSSI melalui Asosiasi Provinsi...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA) Bojonegoro menyelenggarakan rapat pembahasan draft nota kesepakatan bersama dengan BBWS Solo...

Kebijakan

Bojonegoro.com – Banyaknya penerangan jalan umum (PJU) yang telah dipasang Pemkab Bojonegoro di seluruh wilayah kecamatan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Dengan adanya PJU, masyarakat...

Ekonomi

Bojonegoro.com – Ratusan warga Bojonegoro memadati lokasi kegiatan Gerakan Pangan Murah yang digelar Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian bersama Bulog di...

X