Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20220812 WA0016

Kabar Desa

Kelompok Tani “Tirtoyoso Satu” Desa Sekaran Menerima Manfaat Benih dan Pupuk Program Kartu Petani Mandiri

Bojonegoro.com – Para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani (Poktan) Tirtoyoso Satu Desa Sekaran, Kecamatan Balen, menerima manfaat dari Kartu Petani Mandiri (KPM). Sebanyak 153 petani mendapatkan benih dan pupuk dari Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Program Petani Mandiri (PPM) tahun 2022, Rabu (10/8/2022).

Pembagian benih dan pupuk dihadiri perwakilan petani penerima PPM, penyuluh pertanian, Forkopimcam Balen, dan Kepala Bidang Sumber Daya Manusia dan Pembiayaan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Yuni Arba’atun.

Yuni Arba’atun menjelaskan, Program Petani Mandiri (PPM) merupakan program salah satu prioritas Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah, yang sudah berjalan mulai tahun 2019. Total ada 540 Kelompok Tani yang mendapatkan PPM ini.

“Harapannya, dapat membantu meringankan biaya yang mestinya digunakan untuk membeli benih dan pupuk, melalui PPM ini petani mendapatkan secara gratis,” ungkap Yuni.

Selain itu, dengan memiliki KPM, para petani yang tergabung dalam poktan dapat banyak manfaat, yaitu bisa Memberikan akses prioritas pelatihan dan pengembangan usaha tani, jaminan pembelian hasil pertanian bekerjasama dengan BumDesa dan BUMD, Asuransi Gagal panen dan/ peternakan, Serta sebagai akses untuk meperoleh beasiswa bagi keluarga pemegang KPM.

“Sudah banyak kabupaten yang berkunjung di Bojonegoro untuk melakukan studi tiru untuk menerapkan PPM ini, bahkan sudah banyak yang menerapkannya,” imbuhnya.

Terpisah, Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Balen, Nia Aquarista menyampaikan, pembagian pupuk untuk Poktan Tirtoyoso Desa Sekaran ini, diterima oleh 153 petani yang memiliki Kartu Petani Mandiri (KPM).

“Total ada 153 petani, dengan luas garapan 93,32 hektar. Untuk benih diberikan sesuai luas garapan masing-masing. Untuk 1 hektar, mendapatkan 25kg benih padi dan 150kg pupuk ” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu petani, Ali Ridho mengucapkan terimakasih atas bantuan dari Pemkab Bojonegoro yang berupa pupuk dan benih padi yang telah diberikan kepada para petani.

Baca Juga :  Perluasan Waduk Rowoglandang Tingkatkan Potensi Wisata Desa 

“Bantuan ini sangat membantu kami di tengah biaya mengolah lahan pertanian dan harga pupuk yang mahal, biaya yang semestinya digunakan untuk membeli benih dan pupuk bisa dialihkan untuk kebutuhan yang lain,” pungkasnya.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Jagong Budaya bersama Budayawan Sujiwo Tedjo digelar oleh Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata di omah aspirasi jalan dr Sutomo 70...

Olahraga

Bojonegoro.com – Kekosongan nahkoda di tubuh Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Kabupaten Bojonegoro dikarenakan 2 Ketua sebelumnya berhalangan tetap, mengharuskan organisasi ini menggelar...

Promo

Bojonegoro.com – Kami menyediakan hewan Kurban  dengan kualitas terbaik, bagi yang berniat dan berminat bisa cek langsung di Jl Kapten Ramli 298 Ledok Kulon...

Kuliner

Bojonegoro.com – Pecinta kuliner dengan cita rasa pedas wajib mencicipi  Tongseng Belut atau Belut Blukutuk Pak Edi di Desa Pesen Kecamatan Kanor.  Dengan nuansa...

X