Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
festival karya tari jawa timur tar66

Seni dan Budaya

Kembang Kahyangan Raih 2 Penghargaan Dalam Festival Karya Tari Jawa timur 2022.

Bojonegoro.com – Dinas kebudayaan dan pariwisata Bojonegoro kembali menorehkan prestasi membanggakan dengan memperoleh 2 penghargaan sebagai penyaji unggulan dan penata iringan musik terbaik dalam Festival karya Tari (FKT) Jawa Timur 2022.

Kontingen Bojonegoro membawakan karya tarian terbaru berjudul Kembang Kahyangan, merupakan tari penyambutan tamu atau jenis tarian selamat datang (Beksan Pangayubagyo) dimana tarian ini terinspirasi dari fenomena kayangan api Bojonegoro yang divisualisasikan melalui simbol gerak lincah para penari cantik yang membawa bunga persembahan dengan balutan kain merah berwarna merah menyala seperti halnya api abadi yang tak pernah padam.

Kepala dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Bojonegoro Budiyanto, S,Pd menyampaikan pencapaian ini berkat bimbingan dan doa restu ibu Bupati, dan kerja keras para seniman berserta tim, ungkapnya.

Semoga kedepannya pencapaian ibu menjadi pemantik semangat para seniman untuk meningkatkan kreativitas, produktivitas dan kualitas para pelaku seni budaya sehingga mampu menjaga dan melestarikan serta membantu mempromosikan kesenian dan kebudayaan serta pariwisata daerah kabupaten Bojonegoro.

Tari Kembang Kahyangan merupakan buah karya dari seniman tari Bojonegoro, dimana sebagai penata tari adalah dyas Kirana, S,Pd, penata iringan musik Rian Susilo, dan penata rias dan busana adalah Nika Kusumawati S,Pd.

Sementara itu Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro Deni Ike, S,Pd yang ikut mendampingi Kontingan ke Surabaya menyampaikan Kembang Kahyangan tampil pada hari pertama (14/07) dan pada malam pengumuman 15/07/22 yang dibacakan oleh Arif Rofiq S.Sn.M.Sn selaku perwakilan juri, Kabupaten Bojonegoro berhasil mendapatkan 2 kategori juara yaitu  Sebagi penyaji unggulan dan Sebagai Penata Musik Iringan Tari Terbaik  (Rian Susilo S.Sn)

Lebih lanjut Deni menyampaikan sesuai harapan dan arahan Pemprov,  Karya Tari yang diikutkan dalam FKT adalah semua daerah harus mempunyai tarian selamat datang untuk penyambutan tamu yang mempunyai ciri khas kedaerahan, saat ini selain tari thengul thengul Bojonegoro juga mempunyai tarian khas selamat datang dengan judul Kembang Kahyangan, pungkasnya.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Chandra Paes Art pamerkan 14 karya busananya dalam Fashion Street Red Carpet (FRC) Car free Day di Alun-alun kota Bojonegoro, Minggu, 22/01/2023....

Wisata

Bojonegoro.com – Ethek Ethek Ethek Ethek Ethek… Bunyi itu terdengar berirama memenuhi pasar kuliner PKL Berkah di Jalan KH Hasyim Asy’ari Ledok wetan Bojonegoro....

Kuliner

Bojonegoro.com – Bagi anda pencinta kuliner makanan dengan sentuhan tradisional, terkhusus lagi dari bahan olahan belut, Belut Asap ” Nandur Srawung” di kawasan jalan...

Wisata

Bojonegoro.com  –  Pembangunan Eks Tanggul M.H. Thamrin kini menjadi icon baru Kabupaten Bojonegoro, Thamrin Park menjadi salah satu pusat keramaian yang saat ini banyak...

X