Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
5 manfaat bunga rosella bunga unik yang bisa diolah menjadi teh 1576553490

UKM

Kembangkan Bunga Rosella Yang Miliki Banyak Manfaat, Kholiq Raup Untung.

Bojonegoro.com -Bunga Rosella atau nama latinnya Hibiscus Sabdariffaa adalah spesies bunga yang berasal dari benua Afrika. Awal mula bunga yang juga cantik berwarna merah ini untuk dijadikan penghias halaman rumah

Namun ternyata tanaman ini memiliki segudang manfaat kesehatan, diantaranya, menurunkan tekanan darah tinggi, merangsang sistem kekebalan tubuh, memperkuat jantung,  memperlambat laju pertumbuhan sel kanker, menangkal radikal bebas, dan masih banyak manfaat lainnya.

Adalah Muhamad Kholiq Warga Malo, Bojonegoro pengusaha batik ecoprint kini juga memulai usaha menanam bunga Rosella, Ditemui di gerai Creative Economic Center (CEC) Jalan MH. Thamrin, Nampak Kholiq membawa sekarung Bunga Rosella yang masih berwarna merah segar hasil petik sendiri. Minggu 09/05/2021.

Sudah 2 tahun ini, Kholiq menjalankan bisnis Bunga Rosella sebagai pekerjaan sampingan. Sebelumnya dia bekerja di kota Gresik. Kini, Kholiq lebih memilih bekerja di Kota Ledre saja.

“Sekarang lebih fokus ke batik ecoprint. Sementara budidaya Bunga Rosella untuk sampingan saja. Daun Rosella juga bisa dibuat batik ecoprint,” kata pria asal Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro ini.

Bunga Rosella asalnya dari Afrika, jadi sangat cocok kalau ditanam di Bojonegoro, dengan pertimbnagan tersebut, Kholiq memanfaatkan lahan tak terpakai dibelakang rumahnya untuk dilakukan pembibitan Bunga Rosella. Usahanya mulai menampakan hasil,  Kini Kholiq memiliki 10 Pohon Bunga Rosella. Dalam sekali panen, pria berkulit sawo matang itu bisa menghasilkan 3 sampai 4 kilo.

IMG 20210509 WA0079

Kholiq, tunjukan bunga Rosella yang baru dipanennya.

Satu kilo Bunga Rosella, di harganya mencapai Rp 40 ribu. Sementara untuk penjualan, Kholiq mengandalkan penjualan di Pasar Kalitidu dan kiriman ke pabrik-pabrik.

Masih menurut Kholi1, jika bosan minum teh tradisional yang biasa kita minum sehari hari, seperti teh hijau atau  teh hitam, mungkin ada baiknya mencoba minum teh dari bunga rosella, warnanya yang bila diseduh berwarna merah menyala, nasanya segar dan berkhasiat jelas Kholiq.

Baca Juga :  Tingkatkan Daya Saing, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Gelar Pembinaan bagi IKM Penjahit Bojonegoro

Cara mengonsumsi atau membuat teh Bunga Rosella adalah bisa langsung direbus atau dikeringkan lebih dulu agar lebih tahan lama. Membutuhkan waktu kurang lebih satu minggu tergantung cuaca untuk mengeringkan Bunga, dan setelah kering sudah bisa dibuat minuman teh dengan cara menyeduhnya dengan air hangat.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Olahraga

Bojonegoro.com – 32 Tim bertanding di Grand Final ESprot Bupati Cup 2022 dan berusaha menampilkan yang terbaik,  dipandu 2 reporter pertandingan yang digelar di...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Fashion Street Red Carpet (FRC) kembali hadir di Car Free Day (CFD) Alun – alun Bojonegoro, namun ada yang berbeda dengan penampilan...

Olahraga

Bojonegoro.com – Muhamad Haviz Rizal Wibowo (13) dan Aurelia Zahara Asa (13) atlit renang potensial dari Bojonegoro mampu menorehkan prestasi yang membanggakan saat mengikuti...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Iringan musik dan gemerlap lampu menjadi tanda dimulainya Bojonegoro Fruit and Veggie Fashion Street Competition sebagai puncak acara Getuk Parasa yang diselenggarakan...

X