Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20220421 WA0027

Kabar

Kesetaraan Gender, Bukti Nyata Kiprah Kartini Masa Kini Bojonegoro Untuk Negeri

Bojonegoro.com –  21 April ditetapkan sebagai Hari Kartini atas dasar perjuangannya yang menjadikan tonggak sejarah akan emansipasi wanita pada jamannya,  banyak perspektif dari perjuangan beliau yang sudah semestinya menjadi pelajaran dan dijadikan momentum bagi perempuan Indonesia membuktikan prestasi pada negeri ini.

Catatan khusus di Kabupaten Bojonegoro, melalui Indeks Pembangunan Gender (IPG), mengalami kenaikan signifikan. Hal itu bisa dilihat dari kepemimpinan dan keterlibatan perempuan dalam pembangunan, lambat laun namun pasti perempuan Bojonegoro lebih berdaya dan aktif dalam pembangunan.

“ Tercatat mulai dari Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah, Sekretaris Daerah Nurul Azizah, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas PU BM PR, Kepala Dinas PMPTSP, Dinas Kesehatan, serta jabatan lain yang tak dapat disebutkan satu per satu. Semua perempuan yang tersebut itu memiliki peran proporsional secara professional berkiprah dalam pembangunan,” ujar Kabid PIKP Dinas Kominfo Kabupaten Bojonegoro Nanang Dwi Cahyono.

Membangun eksistensi perempuan tentu tak mudah. Namun perempuan perlu menyadari memiliki kesetaraan dan  hak yang sama dengan kaum laki-laki. Banyak terlahir wanita wanita syarat prestasi yang membanggakan nama Indonesia, karenanya sebutan Kartini Masa Kini pun terus menggaung dari tahun ke tahun. Wanita menjadi istimewa dengan memberikan ruang khusus untuk menyampaikan Aspirasinya, Musrenbang Perempuan salah satu buktinya.

Indeks Pembangunan Gender Kabupaten Bojonegoro tahun 2020 mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2019. Meski masih dibawah angka rata-rata propinsi dan nasional.

Di Tahun 2021, IPG Kabupaten Bojonegoro menunjukan angka 90,21 ada peningkatan dari tahun 2020, di angka 90,17. Hal ini terungkap dalam pemaparan yang disampaikan oleh DP3AKB Kabupaten Bojonegoro saat Musrenbang Perempuan, 22 Maret 2022.

Berdasarkan laman Satu Data Bojonegoro, melalui portal Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), di 2019 IPG Kabupaten Bojonegoro 89,98. Semakin IPG mendekati angka 100, semakin kecil kesenjangan pembangunan yang terjadi antara laki-laki dan perempuan.

Baca Juga :  Mitigasi Bencana, BPBD Bojonegoro Bersihkan Atap Lapuk di Pasar Lama

IPG sendiri merupakan indeks pencapaian kemampuan dasar pembangunan manusia yang sama seperti IPM dengan memperhatikan ketimpangan gender.

IPG digunakan untuk mengukur pencapaian dalam dimensi yang sama dan menggunakan indikator yang sama dengan IPM, namun lebih diarahkan untuk mengungkapkan ketimpangan antara laki-laki dan perempuan.

Adapun berdasarkan website kemenpppa.go.id, kebijakan yang diambil oleh Pemerintah untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender telah ditetapkan melalui GBHN 1999, UU No.25 Tahun 2000 tentang Program Pembangunan Nasional (Propenas 2000-2004), dan dipertegas dalam Instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2000 tentang Pengarustamaan Gender (PUG).

Namun sejatinya, Pengarusutamaan Gender (PUG) sesuai Inpres 9 Tahun 2000 merupakan sebuah proses yang memasukkan analisa gender ke dalam program-program kerja dan seluruh kegiatan instansi pemerintah dan organisasi kemasyarakatan lainnya. Mulai tahap perencanaan program, pelaksanaan program sampai monitoring dan evaluasi program.

Juga menjadi salah satu strategi pembangunan yang dilakukan dengan cara pengintegrasian pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan kepentingan perempuan dan laki-laki ke dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi dari seluruh kebijakan, program, proyek dan kegiatan di berbagai bidang kehidupan dan pembangunan.

Tapi perlu ditekankan, sesuai paparan Nursyahbani Katjasungkana, Ketua Pengurus Komunitas Putera Pertiwi dan Asosiasi LBH APIK Indonesia bahwa PUG yang diimplementasikan melalui Anggaran Responsif Gender (ARG), bukan memisalkan alokasi untuk perempuan dan laki-laki. Namun sebagai instrument untuk mencapai keadilan gender akibat ketidakadilan yang terjadi sepanjang sejarahnya.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Pendidikan

Bojonegoro.com – Universitas Bojonegoro (Unigoro) merupakan kampus di Bojonegoro, Jawa Timur, yang masuk penilaian kampus terbaik peringkat dunia. Informasi ini berdasarkan pemeringkatan universitas terbaik...

Olahraga

Bojonegoro.com – Dua pesilat PSHW (Persaudaraan Setia Hati Winongo) Cabang Bojonegoro berhasil membawa satu medali emas dan satu medali Perunggu dalam kejuaraan pencak silat...

Kabar

Bojonegoro.com – Pengelolaan Pasar Lama Bojonegoro yang berlokasi di Jl. Pasar No. 01 Kelurahan Ledok Wetan, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, seharusnya berjalan dengan baik....

Kabar

Bojonegoro.com  – Kapolres Bojonegoro, AKBP Rogib Triyanto, SIK menggelar program Jumat Curhat. Kali ini, Jum’at Curhat bersama masyarakat Kecamatan Padangan yang bertempat di Balai...

X