Connect with us

Hi, what are you looking for?

Seni dan Budaya

Kethoprak Plesiran “Gentari Jagad” Zona 2 Akan Hadir di Lapangan Desa Jono, Kecamatan Temayang

IMG 20230627 WA0042

Bojonegoro.com – Sukses melakukan pagelaran di zona satu, Kethoprak plesiran Gentari Jagad kembali akan pentas di Zona 2 yang rencananya akan digelar di lapangan Desa Jono Kecamatan Temayang, pada Sabtu malam 08/07/2023 akhir pekan mendatang.

Kesenian kethoprak Plesiran yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro ini mendapatkan sambutan yang sangat luar biasa masyarakat saat melakukan pentas di lapangan Desa Megale Kecamatan Kedungadem 24/06/ yang lalu.

Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar, Dheny Ike menyampaikan masih seperti pada zona 1, pentas seni Ketoprak Plesiran Gentari Jagad Zona 2 akan tetap menampilkan ibu Bupati dan para pejabat di lingkup Pemkab Bojonegoro sebagai pemain.

” Saksikan kembali Bupati Anna yang akan memerankan sebagai Putri Gentari yang berjuang menyelesaikan masalah di kerajaannya, untuk zona 2 ini problemnya berbeda dengan di Gentari Jagad 1, dijamin tambah seru dan menarik, tutur Denny.

“Gentari Jagad menyuguhkan cerita tentang seorang putri, anak dari Raja Dharma Negara dari kerajaan Dwipa yang dipersiapkan untuk menggantikan ayahandanya menduduki tahta, dan dalam perjalanannya harus berjuang melawan pemberontakan, mengatasi masalah bencana alam, dan harus berjuang berperang melawan batinnya sendiri yang dipersiapkan untuk menjadi Ratu di Kerajaan Dwipa.

Lebih lanjut Denny menjelaskan, di setiap lokasi (Zona) Gentari Putri akan menyuguhkan episode cerita yang berbeda beda, yaitu Prahara Nagara di Zona 1, Sayembara Sudamala, di zona 2, Mati Sajroning Urip di Zona 3 dan Gentari Jagat Jumeneng di zona 4.

Adapun tujuan diselenggarakannya Pentas seni Kethoprak Plesiran Gentari jagad adalah Pemkab Bojonegoro memberikan suguhan hiburan kepada masyarakat sekaligus melestarikan kesenian tradisional agar lebih dikenal oleh generasi milenial.

” Bagi masyarakat Temayang dan sekitarnya, monggo merapat di lapangan desa Jono, untuk bersama sama menyaksikan ibu bupati Anna Mu’awanah dan kepala OPD serta Forkompimcam bermain Kethoprak, ditanggung seru, lucu dan menghibur, pungkas Denny.

Baca Juga :  Pemkab Bojonegoro Gelar Ruwatan Masal Murwakala Gratis Bagi Masyarakat

Selain Pertunjukan Kethoprak Gentari Jagad, masyarakat juga bisa mengunjungi pameran produk unggulan dari desa di wilayah kecamatan tuan rumah sesuai Zona.

Pentas seni Ketoprak Plesiran ini rencananya akan dilaksanakan setiap akhir pekan di Sabtu malam pada tanggal 24 Juni di zona satu, 8 Juli di zona dua, 5 Agustus di zona tiga dan 16 September di zona empat. Selain dapat disaksikan secara langsung di setiap zona, acara ini juga bisa disaksikan di kanal YouTube Pemkab Bojonegoro.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Kabar

Bojonegoro.com – Menindaklanjuti laporan masyarakat terkait penyewa rumah kos yang terindikasi melakukan pelanggaran tindak asusila, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bojonegoro langsung bergerak...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Sebagai wujud syukur atas nikmat dan rahmad Tuhan sekaligus bentuk penghormatan kepada para leluhur, Pemerintah Kelurahan Banjarejo Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro akan menyelenggarakan sedekah...

Kabar

Bojonegoro.com – Jakarta – Polres Bojonegoro berhasil meraih penghargaan bergengsi dalam kategori Pelayanan Prima dari hasil Penilaian dan Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik (PEKPPP)...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Sanggar Anglingdarma Bojonegoro kembali memamerkan karya -karya epiknya dengan mengusung tema Impian Cita dan keinginan dikemas dalam malam pentas seni bersama ratusan...

X