Connect with us

Hi, what are you looking for?

Seni dan Budaya

Ketoprak Plesiran Zona 4, Penobatan Putri Gentari Jagad Jadi Ratu 

p9iLpg8aMS7YoXZT

Bojonegoro.com – Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kembali menggelar Pentas Seni Ketoprak Plesiran Gentari Jagad,  Kali ini diadakan di Alun-alun Bojonegoro dengan tema “Jumeneng Nata”, dan menjadi malam puncak serangkaian Ketoprak Plesiran. Rabu, 20/09/2023.

Ikut meramaikan dan berperan dalam lakon, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah bersama suami, Direktur PT Asri Dharma Sejahter (ADS), jajaran Asisten, Staf Alhi, kepala OPD, Camat dan warga Bojonegoro. Pada pagelaran Ketoprak Plesiran ini mengundang pelawak Gareng Semarang, Dodok Komet Bojonegoro, Gento, Nanto Lawak dan Konyil yang menambah kemeriahan malam puncak.

Cerita Ketoprak Plesiran zona 4 mengkisahkan tentang perjalanan Putri Gentari Jagad yang diperankan oleh Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah dari pegunungan Kendheng untuk mencari wahyu keprabon. Kemudian Putri Gentari menuju ke kerajaan Dwipa Negara tetapi dihadang oleh para musuh yang dipimpin Manca Praja.

Dengan bantuan para Nata Praja dari kerajaan-kerajaan sahabat, maka para perusuh negeri dapat ditumpas. Selanjutnya Putri Gentari Jagad dinobatkan menjadi ratu di Kerajaan Dwipa Negara.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro, Budiyanto, dalam sambutannya menjelaskan pada pagelaran Ketoprak Plesiran sebelumnya di zona 1 mengambil lakon Prahara Negara yang diadakan di Kecamatan Kedungadem. Lalu dilanjutkan zona 2 di Kecamatan Temayang mengambil lakon Sayembara Sudamala.

Sedang pada zona 3 digelar di Kecamatan Tambakrejo dengan mengambil lakon Mati Sajroning Urip. “Semoga dengan Ketoprak Plesiran ini dapat menghibur masyarakat dan sekaligus membangkitkan ekonomi kerakyatan kita semua,” kata Budiyanto. (*)

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melepas peserta studi banding Perkumpulan Disabilitas Kabupaten Bojonegoro (PDKB), Rabu (15/5/2024) di Pendopo Malowopati. Para peserta akan belajar berbagai...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Dalam rangka persiapan pelaksanaan Anugerah Patriot Jawi Wetan II (APJW), Pemkab Bojonegoro menargetkan bisa masuk 5 (lima) besar nominasi desa/kelurahan terbaik se-...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Kapolres Bojonegoro, AKBP Mario Prahatinto, SH, SIK, M.Si ingatkan seluruh personel Polres Bojonegoro dan jajaran agar tetap menjaga netralitas jelang Pemilihan Kepala...

UKM/UMKM

Bojonegoro.com – SOLO- Ibu Pj. TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kab. Bojonegoro, Dian Adiyanto Adriyanto turut menghadiri acara puncak Tasyakuran HUT Dekranasda Ke-44 dan...

X