Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
FB IMG 1620718240958

Kabar

Ketua DMI Bojonegoro : Pelaksanaan Sholat Idul Fitri Wajib Menerapkan Prokes Ketat

Bojonegoro.com –  Perayaan hari raya Idul Fitri bagi umat Islam yang jatuh pada 1 Syawal tinggal beberapa hari, dan sholat idul Fitri menjadi perhatian pemerintah dimasa pandemi, untuk itu pemerintah telah mengatur tata pelaksaan Sholat Idulfitri 1442 Hijriyah  wajib menjalankan protokol kesehatan (prokes) dengan ketat.

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Bojonegoro, H Hanafi menanggapi surat edaran (SE) Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 07 Tahun 2021, tentang panduan penyelenggaraan Sholat Idulfitri tahun 2021 saat pandemi.

H. Hanafi, menegaskan, tata laksana Sholat Idulfitri tahun ini seluruhnya wajib menegakkan prokes yang ketat baik di masjid dan lingkungannya.

“Di antaranya, mewajibkan pengurus takmir masjid untuk menggulung karpet dan rutin membersihkan lantai dengan disinfektan,” ucapnya.

Hanafi menjelaskan, saat pelaksanaan para jamaah yang datang wajib melaksanakan pemeriksaan suhu tubuh dan menggunakan hand sanitizer. Selain itu, dianjurkan menggunakan tikar plastik bagi yang menyelenggarakan Sholat Idulfitri di lapangan.

“Terkait tata laksana Idulfitri, DMI menginstruksikan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Baik pelaksanaan di masjid maupun lapangan,” ungkap Hanafi.

Dia menambahkan, para jamaah yang berada di kawasan zona merah dianjurkan untuk melaksanakan Idulfitri di rumah bersama keluarga. Sementara untuk khotbah dianjurkan menggunakan waktu yang singkat yakni 15 hingga 20 menit.

Hal ini dilakukan untuk menekan terjadinya klaster baru saat perayaan Hari Besar Keagamaan.

“Sedangkan wilayah zona merah kami imbau melaksanakan di rumah bersama keluarga,” pungkasnya.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan
Iklan

Baca Artikel Lainnya

Promo

Bojonegoro.com – Bagi pecinta kuliner Makanan berbahan dasar apapun sebenarnya enak untuk dinikmati. Begitupula yang berbahan dasar Bandeng. Tapi sayang banyak yang enggan mencoba...

Kabar

Bojonegoro.com – Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah mengukuhkan susunan dan keanggotaan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bojonegoro periode 2020-2025, Jum’at (17/03/2023) di ruang utama...

Kabar

Bojonegoro.com – Menjelang datangnya bulan Ramadhan 1444 H, Bupati Bojonegoro, Anna Mu”awanah melakukan kunjungan silaturahmi dengan paguyuban Segoro (Seduluran Bojonegoro) Bali, Minggu (19/03/2023) bertempat...

Ekonomi

Bojonegoro.com  – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idhul Fitri 1444 H, Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro...

X