Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kabar

Ketua PSHT Himbau Malam 1 Suro, Jaga Ketertiban, Ritual Di Rumah Saja.

IMG 20200819 153030

BOJONEGORO-Bulan Suro atau Muharam adalah bulan yang bagi sebagian warga dan sekelompok masyarakat merupakan bulan sakral untuk melakukan ritual karena dipercaya mempunya daya magis yang kuat.

Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Bojonegoro di bulan Suro ini akan melakukan prosesi pengesahan 4067 Warga baru.

Setiap tahunnya pengesahan ribuan warga baru PSHT dilakukan serentak di satu tempat, namun di tahun ini, di tengah Pandemi, prosesi pengesahan warga baru dilakukan dengan Protokol covid-19.

Prosesi pengesahan 4067 warga baru akan dilakukan 3 gelombang yaitu pada tanggal 23,24, dan 26 Agustus 2020 dan dibagi di 3 tempat yaitu di Padepokan PSHT jalan Kolonel Sugiono, di GOR Dabonsia Bojonegoro dan Islamic Center Bojonegoro.

Persiapan matang dengan protokol covid-19 dan langkah-langkah strategis akan dilakukan panitia pengesahan diantarannya, Masing-masing tempat pengesahan akan disediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer, dan tata cara pengesahan akan memberlakukan physical distancing atau jaga jarak.

Karena yang akan mengikuti pengesahan ribuan, dan keterbatasan alat Thermo gun alat pengukur suhu badan, dihimbau agar calon warga baru yang pada hari pengesahan kedapatan sakit, jangan memaksakan diri untuk datang,guna mengantisipasi sebaran covid-19.

Ditemui di Padepokan,19/08/20, ketua PSHT Cabang Bojonegoro Kang Mas Wahyu Subakdiono menerangkan, banyak ritual yang biasa dilakukan warga PSHT saat dibulan Suro, selain pengesahan warga baru ada yang lain diantaranya adalah ngangkang, yaitu ritual jalan kaki mengelilingi desa dengan puasa bisu, menziarahi makam leluhur, kungkum disungai dan masih banyak lagi.

Namun di tahun ini, ditengah pandemi covid-19 yang masih mengancam, saya selaku ketua PSHT Cabang Bojonegoro menghentikan dan melarang untuk sementara agar warga PSHT tidak melakukan ritual tersebut, saya menghimbau agar warga mengisi malam 1 suro dengan hal positif lainnya, berdoa dan berdiam diri dirumah saja, tegas Mas Wahyu.

Baca Juga :  Bupati Bojonegoro Anna Muawanah Tabur 5000 Benih Ikan di Kelurahan Jetak.

Selain itu himbaun Cabang PSHT terkait pengesahan 4067 warga baru yang akan segera dilaksanakan adalah, Bagi warga atau siswa PSHT yang tidak mengikuti prosesi pengesahan dan tidak berkepentingan, agar tetap di ranting masing-masing, tidak ada konvoi dan tidak diperkenankan hadir saat pengesahan jika tidak ada kepentingan.

Bagi warga yang akan menerima pengesahan di wajibkan memakai masker, berangkat dengan kendaraan tertutup saat menuju tempat pengesahan, tidak diperbolehkan memakai kendaraan roda 2 atau kendaraan dengan bak terbuka.

Himbauan ini sekaligus merupakan peraturan yang wajib di taati oleh semua warga PSHT tanpa terkecuali.

Dalam kesempatan ini Kang mas Wahyu Subakdiono mengajak semua pihak khususnya warga dan siswa PSHT untuk ikut menjaga ketertiban dan keamanan, “mari kita tunjukan warga PSHT adalah warga negara yang baik, taat peraturan dan semua turut andil menjaga stabilitas keamanan agar tetap kondusif, himbau mas wahyu.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Baca Artikel Lainnya

X