Connect with us

Hi, what are you looking for?

Digital

Kuliah Kebangsaan di Graha Cakrawala Universitas Malang

beonenation um

Pada tanggal 31 Mei 2024, Universitas Malang (UM) menyelenggarakan Kuliah Kebangsaan di Graha Cakrawala, dimulai pukul 08.00 hingga 15.30 WIB. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa UM yang telah mendaftar sebelumnya, termasuk mahasiswa PPG, S2-S3 Pendidikan Kejuruan, dan S2-S3 Pendidikan Dasar, serta para undangan.

Mengusung tema “Becoming One Nation Through Automation,” sesi kedua fokus pada “Connection Session” yang merupakan intisari dari sesi pertama. Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd., dan CEO B ONE Corporation, Idham Fitriyadi, S.E., MOS., membuka acara dengan sambutan.

Sesi kedua dibuka oleh Bayu Skak, seorang Content Creator dan Sutradara Film, mulai pukul 13.00 WIB. Tema talk show kali ini adalah “Manusia vs Mesin: Optimasi Kolaborasi Manusia dan AI di Berbagai Industri.” Bayu Skak menekankan pentingnya memanfaatkan AI tanpa mengurangi kreativitas manusia, terutama di bidang digital.

Bayu Skak menegaskan bahwa kita harus memanfaatkan AI dengan baik tanpa menjadi malas atau tidak inovatif. Industri digital membutuhkan kolaborasi antara manusia dan AI tanpa mengubah atau melupakan peran masing-masing. Ia menyampaikan pentingnya memiliki konsep budaya kreatif dan tidak bergantung sepenuhnya pada AI.

Setelah pemaparan dari Bayu Skak, acara dilanjutkan dengan brainstorming yang melibatkan narasumber seperti Dr. Hanif Fakhrurroja, S.Si., M.T., MCE, MCAAIF, CBDA, CRP, ITS AI, ITS DA, ITS PY., seorang praktisi peneliti AI di BRIN, dan Idham Fitriyadi. Dr. Hanif menjelaskan pentingnya data dalam kinerja dan kebutuhan manusia, serta pentingnya data preparation untuk menghasilkan data yang unggul.

Idham Fitriyadi menambahkan perlunya membuat “road map” untuk merencanakan masa depan. Ia berbagi pengalaman pribadinya dalam membuat road map sejak usia 19 tahun untuk mencapai tujuan karirnya.

Baca Juga :  Pemkab Bojonegoro dan KPK Gelar Talkshow Radio Ajak Masyarakat Tolak Politik Uang 

Diskusi ini diikuti dengan sesi tanya jawab yang seru dan kondusif, dengan pemateri mampu menjawab pertanyaan dengan lugas dan kritis. Acara diakhiri dengan pembagian doorprize dan merchandise.

Mahasiswa UM yang hadir merasa acara ini memberikan wawasan tentang potensi kolaborasi AI dan manusia. Alya Nindya Karina, mahasiswa S1 Pendidikan Kimia, menyatakan bahwa acara ini membuka mata tentang potensi kolaborasi AI dan manusia untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas di berbagai industri.

Aisatul Munawaroh, mahasiswa S1 Pendidikan Kimia, berharap acara ini bermanfaat bagi semua pihak, terutama mahasiswa, dosen, dan profesional di bidang teknologi dan industri.

Arda Novita, mahasiswa S1 Ilmu Perpustakaan, mengingatkan pentingnya lebih aware dengan keberadaan AI dan menggunakannya sebagai alat bantu, bukan bergantung sepenuhnya pada AI.

Pastikan, dengan adanya AI untuk membantu, bukan untuk menguasai kita yang bisa berpikir kreatif dan kritis.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Kabar

Bojonegoro.com  – Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke – 78 Tahun 2024, Polres Bojonegoro menyalurkan bantuan sosial (Bansos) bagi masyarakat yang membutuhkan di sekitaran...

Kabar

Bojonegoro.com – Dalam menyambut hari Bhayangkara ke 78 tahun 2024, Polres Bojonegoro menggelar Bakti Religi di sejumlah tempat ibadah di Kabupaten Bojonegoro, Jum’at (14/6/2024)....

Kabar

Bojonegoro.com – Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto berharap hari raya Idhul Adha dijadikan momentum menumbuhkan rasa solidaritas yang dibingkai dalam ukhuwah islamiyah dan ukhuwah wathaniyah....

Kabar

Bojonegoro.com – Para kader penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Bojonegoro mendapat pelatihan pengolahan pangan alternatif berbahan dasar tepung mocaf atau tepung dari...

X