Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuliner

Kuliner Malam, Lontong Tahu Bumbu Dewi Bisa Jadi Pilihan

Kuliner Malam, Lontong Tahu Bumbu Dewi Bisa Jadi Pilihan

Bojonegoro– Lontong tahu bumbu, adalah salah satu kuliner khas Bojonegoro, dengan baluran sambal kacang, diberi tauge dan irisan daun bawang merah menambah lezat sajiannya.

Di Kota Bojonegoro, Lontong tahu banyak tersedia di warung-warung,dan hampir di setiap desa ada penjual lontong tahu bumbu, lazimnya penjual lontong tahu adalah ibu-ibu atau  nenek-nenek dengan usia diatas 50 tahun.

Tapi tidak dengan penjual lontong tahu bumbu satu ini, Dewi (34 thn) ibu muda ini anti mainstream, biasanya wanita mendirikan usaha kuliner dengan membuka warung kopi, atau warung makan, tidak seperti umumnya wanita yang membuka usaha, Dewi memilih lontong tahu bumbu sebagai pilihan usaha kulinernya.

Tapi meski tergolong masih usia muda, rasa lontong tahu bumbu Dewi tidak kalah dengan lontong tahu bumbu yang di sajikan oleh ibu-ibu atau nenek-nenek yang lazim jadi penjual.

Dewi mengaku sudah hampir 5 tahun berjualan lontong tahu bumbu, “saya mendapat resep dan di ajari ibu dan nenek membuat tahu bumbu yang lezat, jadi tahu bumbu saya tidak kalah dengan tahu bumbu buatan penjual yang lebih senior*, canda Dewi.

kuliner malam lontong tahu bumbu dewi bisa jadi pilihan 2

Lezatnya lontong tahu bumbu Dewi

Warung Sederhana Dewi ada di kompleks pertokoan jalan Gajah Mada, tepatnya timur lampu merah pos polisi Krempyeng  Sukorejo,warung Sederhana Dewi buka dari jam 18.00 hingga jam 00.00 wib.

Harga perporsi lontong tahu bumbu Dewi cukup murah, hanya dengan 8 ribu rupiah kita sudah bisa menikmati kuliner khas Bojonegoro ini.

Kalau nambah telur nambah 2 ribu mas jadi 10 ribu, murah to, sahut Dewi sambil menggoreng tempe.
Pelanggan Dewi rata rata kaum adam, maklum, penjualnya terbilang cantik,

Bahan membuat lontong bumbu tahu
2-3 porsi

Bahan utama

2 kotak tahu

1 lerek tempe (yg sdh di goreng pakai tepung/tempe mendoan)

3 buah lontong sedang yg sudah matang

Bumbu halus

1 ons Kacang yg sudah di goreng (sesuai selera)

4-5 buah cabai kecil (sesuai selera)

2 buah bawang sedang

secukupnya Garam

Bahan taburan

potong kecil Daun brambang

secukupnya Kecap

1 buah jeruk nipis (boleh skip)

Air hangat secukupnya (sebagai pengencer bumbu halus)

Langkah

Potong dadu tahu kemudian goreng setengah matang, sisihkan

Untuk tempe bisa beli yg sudah jadi tempe mendoan, kalau saya goreng sendiri pakai tepung rempeyek(cap lombok) sisihkan

Uleg kacang goreng dengan garam, cabai dan bawang yg tidak perlu di goreng cukup d kupas dan cuci bersih saja, tambahkan air agar lebih mudah ketika menguleg, jika sudah halus tambahkan air secukupnya jangan terlalu encer

Siapkan piring,potong kecil lontong, taruh tahu diatas lontong secukupnya, taruh juga tempe mendoan diatas tahu potong kotak, taburi tauge, daun brambang, tambahkan bumbu halus diatasnya secukupnya, terakhir beri kecap manis diatas bumbu halus dan beri perasan jeruk nipis, sajikan ketika hangat, cocok untuk sarapan dan makan malam.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Olahraga

BOJONEGORO – Kepastian kapan akan digelar pelaksanaan Liga 3 putaran Nasional sudah diterima oleh manajemen Persibo Bojonegoro. Surat edaran dari PSSI melalui Asosiasi Provinsi...

Olahraga

Bojonegoro.com.- Guna membentuk tim yang solid dalam menghadapi putaran Nasional Liga 3 April mendatang, Persibo Bojonegoro melakukan pertandingan uji coba melawan Persenga Ngadirejo Widang...

Kabar

Bojonegoro.com  – Polres Bojonegoro bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah(TPID) Kabupaten Bojonegoro melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di gudang beras Bulog Kecamatan Kalitidu dan gudang beras...

Ekonomi

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melakukan pemantauan harga beberapa komoditas pertanian di Pasar Wisata, Jumat (23/2/2024). Kegiatan pemantaun ini sekaligus persiapan pemberian bantuan...

X