Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
20220304110847

Kabar

Lampu Hias Dari Bahan Bekas Kreasi Warga Menambah Cantik Lingkungan

Bojonegoro.com – Saat melintas di jalan Ade Irma Suryani Nasution, tepatnya di  kelurahan Klangon, Kecamatan Kota Bojonegoro, disepanjang wilayah RT 07 RW 01, waktu malam hari nampak lampu gemerlap berwarnai warni tertata rapi menambah indah lingkungan. Di bagian barat terdapat gapura selamat datang yang cantik berhias lampu.

Indah terang Lampu itu berasal dari sebuah lampu yang dihias sedemikian rupa memyerupai lampion dan dipasang berjajar di sepanjang jalan.

Rusharjono selaku Ketua RT menyampaikan untuk menambah indah lingkungan kami memasang lampu hias di sepanjang jalan Ade Irma dan sebagian Jalan Setyo Budi, yang masih dalam wilayah RT 07. Adapun bahan lampu hias itu kita memanfaatkan barang bekas yaitu Galon air yang sudah tidak terpakai, Semua pengerjaan mulai pembuatan tiang lampu, pemasangan lampu dan pembuatan lampu hias dikerjakan sendiri oleh warga dan dipimpin langsung oleh wakil ketua RT M Muslikin, beliau pemrakarsa dan pembuat ide awal project ini.

“Kami akan terus berbenah dan membuat indah lingkungan, karena memang itu tujuan utamanya, jika suatu saat ada lomba lingkungan, dan RT kami dipercaya untuk mewakili oleh pemerintah kelurahan, kami sudah siap tinggal menambah ornamen sesuai kebutuhan” jelas Rus. Jumat 04/03/2022.

Sementara itu bendaraha RT yang juga tokoh masyarakat di kelurahan Klangon, Fatkur Rohman menyampaikan, untuk menghias lingkungan dengan pemasangan gapura dan lampu hias kebutuhan terkait dana diambil dari Kas RT, kami ada program jimpitan, setiap hari ada jimpitan itu berupa uang yang diambil petugas di setiap rumah warga sambil melakukan ronda malam, jelasnya.

“Untuk pengembangan kalau tidak ada aral, rencananya di setiap akhir pekan kita buat kegiatan, semacam pasar malam, dimana kita akan mengundang pedagang kaki lima (PKL) atau warga sendiri untuk berjualan di sepanjang jalan Ade Irma ini.

Baca Juga :  Peringatan Hakordia 2022 dan Partisipasi Aktif Pemkab Bojonegoro

“Ya itung-itung membantu program pemerintah dalam pengembangan usaha kecil, ini masih dalam proses persiapan dan pemantapan, doakan saja segera terealisasi, sambil menunggu kondisi pandemi lebih kondusif, jelas Fatkur.

IMG 20220304 172556

Keindahan malam di jalan Ade Irma di beberapa sudut.

Kepala kelurahan Klangon Kusminto Tribawono saat di ditemui di ruang kerjanya sangat mengapresiasi kinerja dan kekompakan warga, saat ini lingkungan RT 07 semakin cantik dan indah, semoga bisa ditiru oleh warga RT lainnya, jelas Kusminto.

“Kalau memang dimungkinkan dan memenuhi syarat rencananya memang akan kita ikutkan lomba Adi Buana tingkat Kabupaten, atau mungkin ada lomba lomba lingkungan lainnya, Lampu hias itu mungkin bisa sebagai pendukung penilaian, namun dalam lomba Adi buana yang menjadi penilaian bukan hanya keindahan saja, namun juga kebersihan, ada tanaman pohon peneduh, pangarah pandang, adanya pengelolaan sampah dengan Reuse, Reduce dan Recyle, (3R), bank sampah, pengelolaan air dan Biopori.

Nanti kita coba komunikasikan dengan warga, perlu beberapa tindakan tambahan untuk mewujudkannya, masih dalam proses, semoga saya bisa membantu wujudkan keinginan warga, pungkasnya.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Olahraga

bojonegoro.com – Turnamen Catur Bupati Cup tahun 2022 diikuti 341 peserta dari 80 sekolah di kabupaten Bojonegoro yang digelar di GOR Polres Bojonegoro, Sabtu...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Bojonegoro Nglenyer Fashion Festival (BNFF) Zona 2 digelar di jalan poros Desa Luwihaji, tepatnya di Jembatan Terusan Bojonegoro – Blora (TBB) Kecamatan...

Kebijakan

Bojonegoro.com – Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah melantik dan mengambil sumpah/janji jabatan sebanyak 52 pejabat. Mereka terdiri dari 10 pejabat administrator, 8 pengawas dan 34...

Kabar

Bojonegoro.com – Program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro dalam penanganan kemiskinan di daerah sudah selaras dari tahun ke tahun. Strategi penanganan kemiskinan melalui program jangka...

X