Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
wkG4hBnSGK8d9tbG

Kesehatan

Layanan Gratis PSC 119 Kegawatdaruratan Medis, Terintegrasi Puskesmas dan RS se-Bojonegoro

Bojonegoro.com – Sebagai upaya memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal bagi masyarakat, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mewujudkan pelayanan terpadu kegawatdaruratan Yakni SIAGA BRO Public Safety Center (PSC) 119. Layanan ini terintegrasi dengan 35 puskesmas dan 11 rumah sakit di wilayah Kabupaten Bojonegoro.

Layanan SIAGA BRO PSC 119 diresmikan pada November 2021 dengan memberikan pelayanan kasus kegawatdaruratan medis, seperti serangan jantung, korban kecelakaan lalu lintas, korban kebakaran, korban bencana alam, kegawatdaruratan medis di rumah, tempat kerja maupun di tempat umum. Layanan ini juga memudahkan warga konsultasi terkait permasalahan serta informasi tentang kesehatan. Pada tahun 2022, layanan PSC 119 telah terregistrasi dengan Kementerian Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Bojonegoro, dr. Ani Pujiningrum, menjelaskan bahwa SIAGA BRO PSC 119 dilengkapi kendaraan ambulance dan peralatan medis yang memadai. “Petugas yang berdinas merupakan tenaga kesehatan terlatih di bidangnya,” katanya saat dikonfirmasi pada Jumat (23/12/2022).

Ia menambahkan, pelayanan kegawatdaruratan dan informasi kesehatan SIAGA BRO PSC 119 aktif selama 24 Jam tanpa dipungut biaya atau gratis.

Menurut data di Dinkes, per November 2022, laporan pelayanan kegawatdaruratan SIAGA BRO PSC 119 dari masyarakat telah mencapai 622 layanan. Rinciannya yaitu kasus Covid-19 sebanyak 10 kasus, kegawatdaruratan medis sebanyak 113 kasus, kecelakaan lalu lintas sebanyak 215 kasus, fasilitasi layanan rujukan sebanyak 9 laporan, layanan keperawatan P3K sebanyak 174 laporan, informasi pelayanan sebanyak 97 laporan dan bencana alam sebanyak 4 kasus.

“Ada juga panggilan prank atau iseng. Sehingga kami mengimbau agar masyarakat menggunakan layanan SIAGA BRO PSC 119 sebijak mungkin,” ungkap Ani.

Untuk mendapatkan informasi kesehatan atau melaporkan kondisi kegawatdaruratan masyarakat dapat menghubungi Call Center SIAGA BRO PSC 119 081132277119 atau aplikasi EMERGENCY BUTTON BOJONEGORO (Play Store).

Baca Juga :  Bupati Bojonegoro Resmikan Poliklinik Eksekutif Wijaya Kusuma, Embrio Pusat Pelayanan Kesehatan

Petugas SIAGA BRO PSC 119 yang siap memberi layanan kesehatan terdiri dari 2 tenaga paramedis, dokter konsulen dengn didukung tenaga teknologi informasi. Mereka bersiaga 24 jam secara bergantian yang dibagi menjadi 3 shift. “Untuk respon dari panggilan hingga ke tempat lokasi memerlukan waktu kurang dari 10 menit. Tergantung juga dengan kondisi lalu lintas,” tambah Ani.

SIAGA BRO PSC 119 juga bekerjasama dengan lintas sektor seperti TNI, POLRI, BPBD, Damkar dan lintas sektor terkait.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Chandra Paes Art pamerkan 14 karya busananya dalam Fashion Street Red Carpet (FRC) Car free Day di Alun-alun kota Bojonegoro, Minggu, 22/01/2023....

Kuliner

Bojonegoro.com – Bagi anda pencinta kuliner makanan dengan sentuhan tradisional, terkhusus lagi dari bahan olahan belut, Belut Asap ” Nandur Srawung” di kawasan jalan...

Wisata

Bojonegoro.com  –  Pembangunan Eks Tanggul M.H. Thamrin kini menjadi icon baru Kabupaten Bojonegoro, Thamrin Park menjadi salah satu pusat keramaian yang saat ini banyak...

Kabar

Bojonegoro.com – Pengelolaan Pasar Lama Bojonegoro yang berlokasi di Jl. Pasar No. 01 Kelurahan Ledok Wetan, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, seharusnya berjalan dengan baik....

X