Connect with us

Hi, what are you looking for?

UKM

Manfaatkan Pekarangan, Romy Peternak Lebah Asal Kalitidu, Raup Keuntungan Berlipat di Masa Pandemi.

IMG 20201027 WA0034

BOJONEGORO-Madu mempunyai banyak manfaat atau khasiat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan, bahkan untuk menambah cita rasa dalam olahan masakan. Semua orang pernah merasakan bagaimana rasanya madu, baik yang kemasan sachet buatan pabrik ataupun madu dari hasil panen peternak lebah.

Romy Ferigano (37 Thn), warga Mojosari, pumpungan Kalitidu, adalah seorang peternak lebah atau petani madu yang memanfaatkan lahan pekarangan di belakang rumahnya yang luas untuk dijadikan ternak lebah penghasil madu.

Ada berbagai macam lebah penghasil madu yang dibudidayakan ditempatnya, antara lain Cerana, Melivera dan itama.

Lokasi tempat Rommy berternak lebah ada di desa dimana lingkungan disekitarnya banyak tanaman dan tumbuhan yang berbunga, kondisi alam ini yang dimanfaatkan Rommy untuk memulai menjadi petani madu 4 tahun yang lalu.

Awalnya Romy hanya modal satu koloni lebah yang ditempatkan di sarang belakang rumahnya, kini Rommy telah mempunyai 50 sarang lebah yang siap dipanen madunya setiap 30 hari sekali.

Dimasa pandemi ini penjualan madu Romi menungkat 2 kali lipat, biasanya perhari terjual 5 botol, dimasa pandemi ini mampu terjual hingga 10-15 botol perhari.

Romy menggunakan 40 boks sarang lebah yang dipasang di bawah pohon jati yang teduh di belakang rumahnya
Dari 40 kotak sarang lebah yang dia miliki, Romy bisa mengumpulkan 2 hingga 3 kwintal sarang lebah madu yang berisi madu murni. “Ketika diperas, sarang madu ini bisa menghasilkan ratusan liter madu murni,” ungkap Romy.

Selain menjual madu, Rommy juga menjual Koloni lebahnya jika memang ada yang berniat membelinya dan berminat untuk menjadi peternak lebah. Ditemui dilahan ternak lebahnya Rommy menyampaikan sebenarnya ratusan sarang koloni lebah yang saya punya, karena banyak yang berminat menjadi petani madu,saya rela melepasnya jelas Rommy.

Advertisement. Scroll to continue reading.
Screenshot 2020 1027 101545

Romy memamerkan hasil ternak lebah di pekarangannya.

Dalam sebulan lebah Rommy mampu memproduksi 50 hingga 100 kg madu. Memanfaatkan sosial media Rommy menawarkan madu hasil ternaknya sendiri dengan harga bervariasi, mulai 100 ribu hingga 600 ribu, tergantung jenis madunya. Pelanggannya pun tidak terbatas dari Bojonegoro saja, namun sampai Cirebon, Jakarta dan Bandung. omset perharinya bisa mencapai 1 juta perharinya.

Baca Juga :  Rumah Inspirasi dan Arva Mode Gelar Pelatihan Kerajinan Kalung 3 Dimensi.

Bagi yang ingin sehat dengan mengkonsumsi madu, atau berminat menjadi peternak lebah, bisa hubungi Rommy di Sosial medianya Facebok akun Romy bakul madu murni, Jika terbukti tidak asli dengan bukti hasil Lab, uang akan saya kembalikan 10 kali lipat tegas Romy.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Baca Artikel Lainnya

X