Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kabar

Masyarakat Tidak Perlu Khawatir, Pemkab Bojonegoro Pastikan Stok Bahan Pokok Cukup Hingga Akhir Tahun

IMG 20221228 WA0005

Bojonegoro.com – Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bojonegoro, Rudianto mengatakan bahwa prognosa atau prediksi saat Natal dan Tahun Baru 2023 untuk bahan pangan strategis terpantau aman, utamanya komoditas beras.

“Kebutuhan beras kita sebanyak 9.267 ton, ketersediaan beras 11.259,62 ton, sehingga masih surplus sekitar 1.992,62 ton,” ucapnya.

Rudianto menjelaskan untuk harga beras di pasaran masih relatif stabil, yakni kisaran Rp 10.200/kg.

Rudianto berharap masyarakat tidak perlu khawatir terkait ketersediaan bahan pokok komoditas beras. “Semoga Nataru bisa dilewati dengan suasana aman dan kondusif tanpa ada kenaikan harga bahan pokok yang signifikan,” harapnya.

Hal senada juga dituturkan oleh Kepala Dinas peternakan dan Perikanan Catur Rahayu, bahwa stok dan harga bahan pokok pada saat Natal dan Tahun Baru masih terkendali. Selain beras bahan pokok yang sangat tinggi permintaan konsumen adalah telur.

“Dengan permintaan yang tinggi karena seiring dengan momen Nataru maka harga telur mengalami naik turun,”tuturnya.

Catur Rahayu juga menambahkan bawa hasil pantauan dari http://simponiternak.pertanian.go.id, harga konsumen untuk telur ayam ras Rp 27.000/kg, telur ayam buras Rp 2.200/butir, dan telur itik Rp 2.400/butir. Sedangkan untuk daging ayam broiler Rp 17.000/kg.

“Masyarakat tidak perlu panik, jika ingin mengetahui update harga bahan pokok terbaru lainya bisa dicek langsung di alamat tersebut,”imbuhnya.

Sementara itu salah satu pedagang beras di pasar tradisional Bojonegoro, Aan mengungkapkan, jelang Nataru kali ini, belum ada kenaikan harga di pasaran. untuk harga beras kualitas premium berkisar di harga Rp 13.500, beras kualitas medium berkisar Rp 9.000 sampai Rp 9.500.

“Jelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 belum ada gejolak harga, beras medium belum ada kenaikan, masih standar seperti biasa. Beras premium ini mulai naik tapi tidak begitu banyak, sekitar Rp 200 sampai Rp 500 masih standar naik turun biasa,” paparnya.

Baca Juga :  Buaya Sungai Sering Terlihat Muncul, Dinas DAMKAR dan Penyelamatan Bojonegoro Lakukan Evakuasi

Sementara pantauan harga bahan pokok di http://siskaperbapo.jatimprov.go.id menunjukkan harga beras wilayah Kabupaten Bojonegoro Selasa, (27/12/2022) untuk jenis beras bengawan yang sebelumnya harga Rp 13.000 /kg menjadi Rp 12.750/kg, beras mentik sebelumnya Rp 10.750/kg masih tetap Rp 10.750/kg, dan beras IR 64 yang sebelumnya Rp 10.000 /kg menjadi Rp 10.250/kg.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Olahraga

BOJONEGORO – Kepastian kapan akan digelar pelaksanaan Liga 3 putaran Nasional sudah diterima oleh manajemen Persibo Bojonegoro. Surat edaran dari PSSI melalui Asosiasi Provinsi...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA) Bojonegoro menyelenggarakan rapat pembahasan draft nota kesepakatan bersama dengan BBWS Solo...

Kebijakan

Bojonegoro.com – Banyaknya penerangan jalan umum (PJU) yang telah dipasang Pemkab Bojonegoro di seluruh wilayah kecamatan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Dengan adanya PJU, masyarakat...

Ekonomi

Bojonegoro.com – Ratusan warga Bojonegoro memadati lokasi kegiatan Gerakan Pangan Murah yang digelar Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian bersama Bulog di...

X