Connect with us

Hi, what are you looking for?

Peristiwa

Monumen Helikopter BO-105 Bolkow NV-406 Itu Saksi Bisu Tragedi Nahas 20 Tahun Silam

Monumen Helikopter BO-105 Bolkow NV-406 Itu Saksi Bisu Tragedi Nahas 20 Tahun Silam

Bojonegoro.com – Komandan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) Laksamana Muda TNI Edwin meresmikan monumen memorial Helikopter BO-105 Bolkow NV-406 di Desa Deru Kecamatan  Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur  Selasa (30/3/2021).

Laksamana Muda TNI Edwin sebagi Komandan Puspenerbal dan seluruh jajaran mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Sutiyo. Pria ini adalah pemilik lahan sawah yang sebagian digunakan untuk membangun monumen tersebut.

Pada 20 tahun silam itu gugur empat prajurit Rajawali Laut terbaik di tempat berdirinya monumen. Tepatnya pada  hari Senin 21 Agustus 2000 pukul 14.27 WIB. Helikopter BO-105 Bolkow NV-406 milik Puspenerbal yang usai melaksanakan tugas negara dalam mendukung kegiatan pengamanan sidang tahunan MPR Tahun 2000 di Jakarta.

Penerbangan tersebut  dari Semarang kembali ke pangkalan di Surabaya. Namun  mengalami crash landing, sehingga helikopter jatuh.

Prajurit Rajawali Laut penerbang dan crew yang gugur dalam peristiwa itu adalah Lettu Laut Daniel Ferry S, Captain Pilot, Lettu Laut Asep Bambang N, Copilot, Sertu Priyanto, flight engineer dan Sertu Dwi Puryanto, mekanik-1 serta satu warga sipil Ika K, adik dari Copilot.

Laksamana Muda Edwin menjelaskan, peresmian monumen memorial helikopter BO-105 Bolkow NV-406 sebagai pengingatkan keluarga besar Penerbal dan masyarakat umum tentang jasa dan dharmabakti para prajurit Rajawali Laut tersebut.

Bahwa  penerbangan TNI AL BO-105 NV-406 itu telah berjasa dan turut serta menjaga dan  mempertahankan keutuhan NKRI.

Juga mengingatkan kepada generasi muda tentang perjuangan dan pengorbanan para prajurit TNI dalam melaksanakan tugas negara.

Crash landing helikopter tersebut dapat diambil hikmah dan pelajaran, yakni senantiasa mengedapankan safety culture dalam melaksanakan tugas misi yang diemban.

Penghargaan juga diserahkan kepada Sutiyo pemilik lahan sawah, Serta penyerahan dan tukar cindera mata kepada Kades Deru Mulyono. Juga kepada Bupati Bojonegoro yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi Dan Umum Pemkab Bojonegoro Yayan Rahman.(*)

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Kabar

Bojonegoro.com – Masih dalam suasana bulan suci ramadhan, Lintas Angkatan (Lintang) SMP Negeri 1 Bojonegoro menggelar halal bihalal dengan mengusung tema “Kanca Sekolah” Lintas...

Opini & Cerita

Bojonegoro.com – Gaza adalah nestapa berkepanjangan bahkan di saat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H ini, saat dimana setiap anak akan merasakan kebahagiaan,...

Kabar

Bojonegoro.com –  Sang surya pun mulai terbenam, dan rembulan datang menjadi pertanda berakhirnya bulan ramadhan 2024. Senandung takbir sayup-sayup terdengar dari segala penjuru, seluruh...

Kabar

Bojonegoro.com  –  Lebaran atau perayaan Hari Raya adalah momen yang sangat ditunggu anak-anak. Kebanyakan mereka mereka akan memakai baju baru yang dibelikan oleh orang...

X