Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kabar

Naik Perahu Warga Glendeng Takbir Susuri Bengawan

IMG 20220709 WA0042

Bojonegoro.com – Allahuakbar.. Allahuakbar, Allahuakbar… Gema takbir berkumandang menyambut Hari Raya Idul Adha, lazimnya orang membaca takbir di Mushola dan Madjid atau berkeliling kampung,namun berbeda dengan puluhan warga Glendeng Desa Kalirejo, kec/kabupaten Bojonegoro yang melaksanakan takbir diatas perahu menyusuri Bengawan Solo, Sabtu, 9/7/2022.

Start pukul 19.00 WIB dari tambangan glendeng 30 warga menaiki perahu dan melakukan takbir dengan menyusuri sungai Bengawan Solo, perahu dihias dengan lampu warna warni, berbekal pengeras suara warga mengucapkan kalimat takbir, tahmid dan tasbih, apa yang dilakukan oleh warga Glendeng tak pelak menyita perhatian warga di bantaran Bengawan.

Waskito, pencetus ide takbiran diatas perahu menyampaikan ide ini spontan saja, tersedia  perahu, momentum idul adha, sekalian bertujuan rekreasi, anak anak rela tidak menarik penumpang untuk menyeberang karena ingin berkhidmat dengan malam hari raya Iedul Adha, ungkapnya.

Dari tambangan Glendeng warga menuju ke arah barat hingga jembatan Sosrodilogo Trucuk, selama perjalanan rombongan takbir melewati beberapa tempat penyeberangan (tambangan) perahu dan disambut antusias warga yang akan menyeberang, mereka melambaikan tangan memberi semangat.

IMG 20220709 222740

Keseruan takbir susuri Bengawan

Sementara itu Kiki dan Ningsih warga Glendeng yang ikut takbiran diatas perahu menyampaikan rasa antusiasnya yang tinggi, Malam Iedul Adha ini terasa berbeda dengan hari raya sebelum sebelumya, ada 3 yang bisa kami dapatkan dengan melakukan takbiran diatas perahu, pertama’ kami jalankan ibadah, kedua kita sekalian rekreasi bersama teman dan tetangga dan ketiga ini juga menjadi healing murah.

” Healing murah, nggak perlu jauh jauh Susuri Bengawan sudah menjadikan kita semua fresh” ujar Kiki.

Selama 3 jam lebih hingga pukul 22.00 wib warga kembali ke tambangan Kalirejo untuk menyiapkan sholat Iedul Adha keesokan harinya di Masjid Kalirejo.

Baca Juga :  Inspektorat Bojonegoro Buka Pendaftaran Penyuluh Anti Korupsi (Paksi)

 

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Serangkaian kegiatan digelar oleh pemerintah kelurahan Sumbang kecamatan/kabupaten Bojonegoro setiap  bulan Muharram diantaranya adalah pengajian umum, Grebek Tumpeng, pawai budaya, campursari dan...

Kriminal

Bojonegoro.com – jajaran Sat Reskrim Polres Bojonegoro terus melakukan penyelidikan dan pengejaran terhadap terduga pelaku penganiayaan hingga menyebabkan meninggalnya A (20) warga Desa Banjaran,...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Sanggar Anglingdarma Bojonegoro kembali memamerkan karya -karya epiknya dengan mengusung tema Impian Cita dan keinginan dikemas dalam malam pentas seni bersama ratusan...

Kabar

Bojonegoro.com – Imbauan Suro Damai yang telah disepakati  untuk tidak melakukan konvoi saat pengesahan warga baru Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), namun ada beberapa...

X