Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
20210530160739

Kabar

Ngopi Bersama Forum Jokowi : Tatanan Kebudayaan Mestinya Menjadi Pertimbangan Dalam Keputusan Pembangunan

Bojonegoro.com – Jelang peringatan Bulan Bung Karno yang biasa diselenggarakan pada Bulan Juni, Aktivis Pemuda dan Nasionalisme Bojonegoro  dari berbagai unsur  yang tergabung dalam forum Jokowi kerja bareng dengan LBH Kinasih menyelenggarakan Ngopi, Ngobrol Pintar dengan tajuk Quo Vadis Pemikiran Soekarno dan Nasionalisme, kegiatan dilakasanan di Warung K-Noman Jalan Lisman, Campurejo Kec/Kab Bojonegoro. Minggu, 30/05/2021.

Hadir sebagai pembicara dalam Acara ngopi adalah Yuksa Harimurti aktivitas Gusdurian Jawa Timur, dengan Host Bung Aven Yanuar dari Forum Jokowi, hadir pula dalam acara Wakil Bupati Bojonegoro, Drs Budi Irawanto, sejumlah aktivis pemuda Bojonegoro, tokoh masyarakat dan tokoh politik serta media.

Geka Selaku inisiator kegiatan menyampaikan perlunya kita menciptakan ruang dan membudayakan diskusi terkait dengan pentingnya Pancasila dan eksistensi Soekarno dimasa kini, momentum jelang bulan Bung Karno adalah waktu yang tepat bagi siapa saja untuk berbicara tentang sosok Proklamator ini.

Selaku Host atau pembawa acara, Aven diawal membuka dengan menyampaikan sejarah lahirnya Pancasila dan inisitornya yaitu Bung Karno, “sebagaimana orang ngopi, Ngobrol Pintar ini kita diskusi dengan santai, tentang pancasila, siapa Soekarno dan relevansinya dimasa kini, bisa terkait apa saja, pembangunan daerah, idiologi, Zionisme, Israel, radikalisme atau apa sjaa, bebas, papar Mantan aktifis 98 ini membuka forum diskusi.

IMG 20210526 WA0042

Sementara itu Nara sumber Yuska Harimurti menyampaikan Pancasila sebagai dasar negara adalah pemikiran orisinil Soekarno yang diambil dari sumber-sumber kearifan lokal bangsa Indonesia, yang tidak dimiliki oleh bangsa atau negara manapun. Kita patut berbangga karena Pancasila dan semua pemikiran Soekarno tentang demokrasi, Pluralisme dan bernegara masih relevan hingga detik ini dan saya yakin akan tetap relevan sampai kapanpun.

Baca Juga :  Pemkab Bojonegoro Imbau Warga Tidak Mendirikan Bangunan di Atas Afvoer

Lebih lanjut Yuska menyampaikan maka untuk itu Kearifan lokal tetap harus dijaga dengan cara mengenalkan tokoh tokoh bangsa diruang diskusi seperti ini secara intens,

Menangggapi pertanyaan dari peserta Terkait kebijakan pembangunan pemimpin daerah misalnya, Yuska menjelaskan pentingnya diperhatikan dan dirawat tentang bagaimana tatanan kebudayaan menjadi pertimbangan dalam sebuah keputusan pembangunan ekonomi suatu daerah.

Menurut Yuska Karakter sebuah kota atau bangsa lebih penting dari hanya sekedar arti modernitas, Masih nenurut aktifis 98 ini, Pembangunan disebuah daerah tidak harus seragam antar kota satu dengan yang lain, kebudayaan dan kearifan lokal masing-masing daerah menjadi hal yang penting dan perlu dijaga.

Peran kepala daerah menjadi figur penting untuk membentuk arah pembangunan yang berkarakter dengan memperhatikan kearifan lokal, maka perkunya komunikasi yang baik dari pemerintah kepada simpul-simpul kesenian dan kebudayaan, agar pembangunan tidak hanya maju dan modern namun juga terarah, sesuai kebutuhan dan bermartabat, jelasnya.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Fashion Street Red Carpet (FRC) kembali hadir di Car Free Day (CFD) Alun – alun Bojonegoro, namun ada yang berbeda dengan penampilan...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Iringan musik dan gemerlap lampu menjadi tanda dimulainya Bojonegoro Fruit and Veggie Fashion Street Competition sebagai puncak acara Getuk Parasa yang diselenggarakan...

Info

Lowongan Kerja Di cari tenaga jahit halus Pria / wanita untuk berkerja di rumah Mode ARVA. Diutamakan Lulusan SMK. Lincah, disiplin dan rajin. Yang...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com –  Bojonegoro Nglenyer Fashion Festival (BNFF) di Zona 1 (satu) digelar di Jalan Poros Desa Semambung Jembatan Terusan Bojonegoro Tuban (TBT) Kecamatan Kanor....

X