Connect with us

Hi, what are you looking for?

UKM

Novel, Pemijah Ikan Gabus Hasilkan Puluhan Juta Rupiah.

20210113201249

BOJONEGORO– Ikan gabus (Channa Striata) adalah ikan jenis predator yang hidup diperairan umum air tawar seperti sungai, rawa atau waduk. Karena dagingnya yang empuk dan manfaat yang terkandung dalam daging ikan gabus dipercaya memiliki banyak protein dan zat albumin yang terkandung didalamnya baik untuk kesehatan, banyak yang ingin membudidayakan ikan gabus, namun banyak pula yang tidak berhasil.

Adalah Novel Andreas (40 th) Warga Desa Trucuk kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, mampu melakukan pemijahan ikan gabus dirumahnya. Dengan memanfaatkan luas pekarangan, Novel memulai usahanya membudidayakan ikan gabus kedalam kolam, ternyata anggapan bahwa Ikan Gabus sulit dibudidayakan terpatahkan dengan kesabaran dan keuletan Bapak 3 anak ini. Nampak usahanya menuai hasil, indukan Ikan Gabus yang didapatkannya dari Bengawan Solo berhasil dikawinkan dan menetaskan ribuan ikan gabus.

Ditemui dirumahnya Desa Trucuk RT 03, RW 01, Rabu, 13/01/21 Novel memperlihatkan pemijahanan ikan gabus miliknya, ada 10 pasang ikan gabus indukan yang masing-masing diletakkan di kolam berukuran 90 X 120 cm untuk ikan gabus melakukan perkawinan. Kolam yang didalam rumah ini khusus untuk kawin, bertelur dan menetaskan ikan gabus, jelasnya.

Setelah telur menetas saat larva atau beyong mencapai usia 14 hari, Indukan kita pindah, Selanjutnya Ikan Gabus kecil kita pindahkan kekolam pembesaran yang ada diluar rumah itu, setelah 6-7 Bulan dengan pakan yang baik tepat, Ikan Gabus sudah bisa kita panen dan dijual, jelas Novel sambil menunjuk kolam pembesaran.

Novel memulai usaha pemijahan ikan gabus ditahun 2019, tepatnya dibulan September. Kini usahanya sudah mulai menampakan hasil dan menghasilkan pundi pundi uang. Menurut keterangan Novel 1 pasang Ikan gabus mampu menghasilkan 4 ribu hingga 20 ribu butir telur, semakin besar dan semakin tua usia ikan, akan menghasilkan banyak telur, dan Novel mampu menetaskan 80 persen dari telur yang dihasilkan, dengan metode yang tepat, dan penanganan yang baik, saya yakin tingkat kematian tidak lebih dari 20 persen,  terang Novel. Dan yang lebih membanggakan adalah pengakuan Novel, saat Pemijahan ikan gabusnya menetaskan banyak benih, ratusan benih ikan gabus dia sisihkan untuk dikembalikan ke alam dengan menebarkan benih itu ke Sungai Bengawan Solo, ini adalah bentuk rasa terima kasih saya pada alam, ungkapnya.

IMG 20210114 061403

Novel menunjukan indukan master ikan gabus dan Kolam pemijah yang mampu hasilkan jutaan rupiah

Dengan menjalankan usaha pemijahan ikan gabus ini Novel mampu menghasilkan puluhan juta rupiah perbulannya. Saat ini Novel mampu menghasilkan rata rata 15 ribu hingga 20 ribu ekor benih perbulan
Harga per kilogram ikan gabus sekira 55 ribu rupiah, jika dijual benih, harga per ekornya seribu rupiah, dan permintaan untuk bibit ikan gabus tiap bulannya selalu mengalami peningkatan, jujur saja saya kuwalahan menerima permintaan benih ikan gabus, ungkapnya.

Baca Juga :  O'ong Silver, Pengrajin Perak Bojonegoro, Jebolan Gianyar, Bali.

Lebih lanjut Novel menyampaikan “Untuk itu saya membutuhkan mitra atau kelompok Pemijah Ikan gabus didesa trucuk ini, saya siap menularkan ilmu saya dan melakukan pendampingan, namun kendalanya ada pada modal dan mesti ada pembinaan dari dinas terkait” tuturnya.

Dihubungi secara terpisah Kabid Perikanan Dinas Peternakan dan perikanan Bojonegoro, Wiwik Sulistiyo, S.Pt, MM menyampaikan “Menyampaikan sangat mengapresiasi keberhasilan warga Trucuk yang mampu melakukan pemijahan ikan gabus, dan dinas perikanan Bojonegoro berkewajiban memberikan pembinaan, terang Wiwik. Lebih lanjut Kabid Perikanan yang didampingi Kasi Perikanan budidaya, Anita Setyarini, S.Pi menyampaikan jika terkait bantuan rmodal pada prinsipnya ada program untuk itu dan bisa dimanfaatkan oleh warga, tentu dengan pemenuhan persyaratan, misal, program Kementrian Kelautan Dan Perikanan, Dana Hibah Pemerintah Daerah Kabupaten Bojonegoro, atau ada juga program peminjaman modal dengan bunga rendah dari PD BPR Bojonegoro.

Kami akan segera tinjau pemijahan ikan gabus, dan akan kita tentukan langkah strategis berikutnya jika kami sudah memantau dan melihat langsung kami bisa menentukan apa kebutuhannya dan apa yang mesti kita lakukan, terang Wiwik.

Daging ikan gabus memiliki kandungan albumin, jenis protein yang bermanfaat untuk pembentukan jaringan sel baru. Di dalam ilmu kedokteran, albumin ini dimanfaatkan untuk mempercepat pemulihan jaringan sel tubuh yang terbelah, misalnya karena operasi atau pembedahan.

Advertisement. Scroll to continue reading.
artikelsubmit

.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Baca Artikel Lainnya

Copyright © 2020 Tim Digital Bojonegoro.com - Redaksi - Kontak

X