Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Olah Sampah Jadi Konektor Masker, Siswi SMPN 5 Bojonegoro Raih Prestasi Tingkat Kabupaten

IMG 20210619 101430

Bojonegoro.com  – Zerlin Nabila, siswi SMP Negeri 5 Bojonegoro meraih juara 3 ajang siswa berprestasi se-Kabupaten Bojonegoro. Ia berinovasi membuat konektor masker dari bahan sampah plastik.

Karya Zerlin ini selain memudahkan pengguna masker di tengah pandemi covid-19, juga dengan tujuan mengurangi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh sampah plastik.

Wakil Kepala Kesiswaan SMP Negeri 5 Bojonegoro, Dwi Septianawati mengatakan awal mula inovasi ini setelah melihat banyaknya sampah plastik, padahal itu menjadi faktor utama kerusakan lingkungan. Dari situlah muncul ide inovatif mengolah sampah menjadi barang yang memiliki nilai guna, yakni berupa konektor masker berbahan dasar plastik.

IMG 20210619 WA0066

Karya Zerlin konektor masker yang membuahkan oresyasi.

“Awal mula kemunculan ide ini, pertama reduce and reuse mengurangi kerusakan lingkungan. Maka dipilihlah konektor masker,” tegas Dwi Septianawati.

Proses pembuatan konektor masker berbahan plastik ini tidak terlalu rumit. Hanya membutuhkan bahan dasar berupa plastik dan lem tembak.

“Sederhana dan tidak memakan waktu lama proses pembuatan konektor berbahan dasar plastik,” imbuhnya.

Usai menerima penghargaan juara 3, pihak sekolah bersama tim pembina nantinya akan menyiapkan konsep yang lebih baik lagi agar Zerlin Nabila bisa mewakili siswa Bojonegoro dalam ajang siswa prestasi tingkat Provinsi Jawa Timur.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Ekonomi

Bojonegoro.com – Pegiat dan pecinta bonsai di kabupaten Bojonegoro Jawa timur tergolong besar, hal itu bisa diketahui dari setiap ada pemeran bonsai selalu dipadati...

Kabar

Bojonegoro.com – Dalam rangka menyambut Hari Kartini yang ke-145, Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3AKB) akan menggelar lomba...

Kabar

Bojonegoro.com  – Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan profesionalitas anggota Polri dalam melaksanakan tugas khususnya personel Sat Samapta, Polres Bojonegoro menggelar Pelatihan Fungsi Teknis Samapta...

UKM/UMKM

Bojonegoro.com – Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto Melaunching Program Paman Sehati (Pangan Aman Sehat dan Bergizi) Melalui acara Penyuluhan Keamanan Pangan Bagi 1.000 Pelaku UMKM,...

X