Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Olah Sampah Jadi Konektor Masker, Siswi SMPN 5 Bojonegoro Raih Prestasi Tingkat Kabupaten

IMG 20210619 101430

Bojonegoro.com  – Zerlin Nabila, siswi SMP Negeri 5 Bojonegoro meraih juara 3 ajang siswa berprestasi se-Kabupaten Bojonegoro. Ia berinovasi membuat konektor masker dari bahan sampah plastik.

Karya Zerlin ini selain memudahkan pengguna masker di tengah pandemi covid-19, juga dengan tujuan mengurangi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh sampah plastik.

Wakil Kepala Kesiswaan SMP Negeri 5 Bojonegoro, Dwi Septianawati mengatakan awal mula inovasi ini setelah melihat banyaknya sampah plastik, padahal itu menjadi faktor utama kerusakan lingkungan. Dari situlah muncul ide inovatif mengolah sampah menjadi barang yang memiliki nilai guna, yakni berupa konektor masker berbahan dasar plastik.

IMG 20210619 WA0066

Karya Zerlin konektor masker yang membuahkan oresyasi.

“Awal mula kemunculan ide ini, pertama reduce and reuse mengurangi kerusakan lingkungan. Maka dipilihlah konektor masker,” tegas Dwi Septianawati.

Proses pembuatan konektor masker berbahan plastik ini tidak terlalu rumit. Hanya membutuhkan bahan dasar berupa plastik dan lem tembak.

“Sederhana dan tidak memakan waktu lama proses pembuatan konektor berbahan dasar plastik,” imbuhnya.

Usai menerima penghargaan juara 3, pihak sekolah bersama tim pembina nantinya akan menyiapkan konsep yang lebih baik lagi agar Zerlin Nabila bisa mewakili siswa Bojonegoro dalam ajang siswa prestasi tingkat Provinsi Jawa Timur.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Kabar

Bojonegoro.com – Badan Usaha Milik Desa (BUM Des) MARGO SASONO KARYO MULYO Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo kabupaten Bojonegoro mengikuti misi dagang dan investasi bersama...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Thengul merupakan kesenian khas yang telah menjadi identitas Kabupaten Bojonegoro mampu menarik perhatian banyak pihak, inilah yang menjadi dasar Tim Badan Pengembangan...

Kabar

Bojonegoro.com – Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesian (PSMTI) kabupaten Bojonegoro kembali melakukan kegiatan sosial dengan membagikan ratusan sembako, kali ini menyasar Bojonegoro bagian barat...

Profile

Bojonegoro.com – Selamat Pagi Bojonegoro – Hallo Bojonegoro, Sapaan itu selalu terdengar setiap hari dari seorang penyiar radio Malowopati FM 95,8 MHz. Itu adalah...

X