Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20210619 101430

Pendidikan

Olah Sampah Jadi Konektor Masker, Siswi SMPN 5 Bojonegoro Raih Prestasi Tingkat Kabupaten

Bojonegoro.com  – Zerlin Nabila, siswi SMP Negeri 5 Bojonegoro meraih juara 3 ajang siswa berprestasi se-Kabupaten Bojonegoro. Ia berinovasi membuat konektor masker dari bahan sampah plastik.

Karya Zerlin ini selain memudahkan pengguna masker di tengah pandemi covid-19, juga dengan tujuan mengurangi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh sampah plastik.

Wakil Kepala Kesiswaan SMP Negeri 5 Bojonegoro, Dwi Septianawati mengatakan awal mula inovasi ini setelah melihat banyaknya sampah plastik, padahal itu menjadi faktor utama kerusakan lingkungan. Dari situlah muncul ide inovatif mengolah sampah menjadi barang yang memiliki nilai guna, yakni berupa konektor masker berbahan dasar plastik.

IMG 20210619 WA0066

Karya Zerlin konektor masker yang membuahkan oresyasi.

“Awal mula kemunculan ide ini, pertama reduce and reuse mengurangi kerusakan lingkungan. Maka dipilihlah konektor masker,” tegas Dwi Septianawati.

Proses pembuatan konektor masker berbahan plastik ini tidak terlalu rumit. Hanya membutuhkan bahan dasar berupa plastik dan lem tembak.

“Sederhana dan tidak memakan waktu lama proses pembuatan konektor berbahan dasar plastik,” imbuhnya.

Usai menerima penghargaan juara 3, pihak sekolah bersama tim pembina nantinya akan menyiapkan konsep yang lebih baik lagi agar Zerlin Nabila bisa mewakili siswa Bojonegoro dalam ajang siswa prestasi tingkat Provinsi Jawa Timur.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Olahraga

Bojonegoro.com – 32 Tim bertanding di Grand Final ESprot Bupati Cup 2022 dan berusaha menampilkan yang terbaik,  dipandu 2 reporter pertandingan yang digelar di...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Fashion Street Red Carpet (FRC) kembali hadir di Car Free Day (CFD) Alun – alun Bojonegoro, namun ada yang berbeda dengan penampilan...

Olahraga

Bojonegoro.com – Muhamad Haviz Rizal Wibowo (13) dan Aurelia Zahara Asa (13) atlit renang potensial dari Bojonegoro mampu menorehkan prestasi yang membanggakan saat mengikuti...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Iringan musik dan gemerlap lampu menjadi tanda dimulainya Bojonegoro Fruit and Veggie Fashion Street Competition sebagai puncak acara Getuk Parasa yang diselenggarakan...

X