Connect with us

Hi, what are you looking for?

Seni dan Budaya

Pandemi Tetap Berprestasi, SMPN 4 Bojonegoro Raih Juara 1 Kreasi Tari

IMG 20210629 WA0118

Reporter : Ahmad Fauzi

Bojonegoro.com – Cukup membanggakan bersama apa yang menjadi capaian dari SMPN 4 Bojonegoro. Sekolah yang terletak di jalan Lettu Suyitno No 27 Mulyoagung kecamatan Bojonegoro kabupaten Bojonegoro ini mempunyai prestasi yang luar biasa walaupun dalam masa pandemi. Prestasi yang berhasil diraih kali ini adalah sebagai juara 1 kreativitas tari tingkat Kabupaten Bojonegoro

Saat diwawancarai awak media, guru pembimbing Seni Budaya, Thesia Harnanti, S.Pd. menuturkan bahwa konsep tari yang ditampilkan anak didiknya berjudul ” Cakrawala”. Tari ini mengambarkan sebuah perjuangan meraih asa, manusia bangkit dari ketidaktahuan menuju tahu segalanya untuk menggapai cita-cita. Proses ini dilakukan dengan belajar dan membaca buku. Buku sebagai jendela dunia memberikan petunjuk jalan kesuksesan dengan bekal ilmu pengetahuan. Membuka buku berarti membuka jendela dunia. Dengan kata lain, kunci untuk membuka jendela adalah membaca.

Masih menurut Titis, Ketika kita membaca buku, saat itu pula kita menyelami isi dunia. Namun, siapa sangka bahwa dengan wujud sederhananya, buku mampu memberikan pengaruh besar bagi kehidupan individu dan negara. Buku turut mewarnai para pembacanya untuk berjuang meraih cita-cita dan buku sebagai pembuka cakrawala dunia.

“Gerak-gerak pada tarian ini merupakan pengembangan dari aktivitas-aktivitas dalam seni dan pendidikan mengenai manfaat literasi membaca buku,” dimana pelatih ekstrakuliler tari  SMPN 4 Bojonegoro, yaitu Dyas Kirana, S.Pd menuangkan dalam karya tari cakrawala ini, dan terbukti sentuhan dari mbak Dyas berhasil membawa kami meraih prestasi, lanjut guru yang biasa disapa Bu Titis ini.

IMG 20210629 WA0119

Penari Siswi SMPN 4 Bojonegoro yang ukir Prestasi.

Sementara itu, Kepala SMPN 4 Bojonegoro, Agus Sugianto, S.Pd. menuturkan bahwa prestasi yang diraih ini berkat kerjasama dan kerja keras dari guru pelatih tari dan staf karyawan SMPN 4 Bojonegoro.

Baca Juga :  Kenalkan Budaya Sejak Dini, Sanggar SMART Datangkan Dua Dalang

Tari cakrawala dalam ajang FLS2N SMP cabang kreativitas seni tari mampu menyabet juara 1 tingkat Kabupaten dan akan mewakili Bojonegoro dalam event ke tingkat Provinsi selanjutnya.

Kepala sekolah juga menjelaskan, SMPN 4 Bojonegoro akan selalu berusaha mengembangkan bakat dan minat siswa. Kami berusaha memberikan pelayanan yang terbaik dalam upaya melejitkan potensi peserta didik, baik melalui pembelajaran maupun ekstrakurikuler.

( af)

Iklan. Scroll untuk lanjutkan membaca.
artikelsubmit
Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

X