Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
Pasar Keroncong Geliat Pulihkan Ekonomi di Masa Pandemi

Seni dan Budaya

Pasar Keroncong Geliat Pulihkan Ekonomi di Masa Pandemi

BOJONEGORO – Sabtu, 05/09/20 Tidak seperti hari-hari biasanya, Ada suasana lain di sepanjang ruas jalan Sersan Suratman Kelurahan Ngrowo, Kecamatan Kota Bojonegoro Jawa Timur,.Tampak beberapa lapak dagangan berjajar di sepanjang trotoar jalan. Sementara di depan sebuah rumah yang ditata sedemikian rupa dengan artistik, tampak sekelompok anak muda memainkan musik keroncong.

Alunan musik keroncong sengaja disajikan untuk menghibur para pengunjung yang tengah menikmati aneka kuliner yang dijajakan di lokasi tersebut.

“ini adalah event perdana yang kami beri nama pasar Keroncong,” kata Ekopeye, seniman yang juga pemuda penggerak di wilayah itu.

Menurut Eko, acara ini sengaja digelar untuk memberi solusi bagi warga setempat dalam upaya memulihkan ekonomi setelah beberapa bulan dikungkung pandemi covid 19.

Acara yang digagas Kelompok Keroncong Abadi ini disambut dengan antusias oleh warga kelurahan Ngrowo, khususnya warga RT. 12 RW. 3. Dibuka mulai pukul 17.00 (5 sore) Berbagai macam dagangan mulai kuliner hingga souvernir produksi warga diserbu pembeli yang juga warga kelurahan Ngroworejo, tapi dari lingkungan yang lebih jauh.

Sementara itu Dwi Meiyanto, koordinator Keroncong Abadi menjelaskan, acara ini akan menjadi agenda rutin setiap malam minggu.

“Munculnya gagasan pasar Keroncong ini adalah ketika kami latihan, kok banyak orang yang melihat, nah kemudian muncul ide kenapa event ini tidak kita jadikan semacam pasar kecil kecilan untuk menggairahkan ekonomi warga, terutama yang berjualan makanan, karena rata rata warga di sini berjualan makanan. Kemudian kami menawarkan gagasan ini, dan ternyata disambut antusias oleh warga,” papar Yanto.

Agung, salah satu pedagang yang membuka lapak tembakau lintingan mengaku senang dengan adanya acara ini. Dia mengaku dagangan tembakau miliknya laris manis.

Baca Juga :  BNFF Zona 1 Digelar di Semambung Jembatan Terusan Bojonegoro Tuban (TBT)

“Kalau biasanya saya berjualan dengan cara online sehari hanya dua sampai tiga bungkus, di acara pasar Keroncong ini hanya diam di tempat sejak jam lima sore hingga jam tuju malam sudah lima bungkus trmbakau linting terjual,” terang Agung.

Senada dengan Agung, Hadi yang berjualan jajanan tradisional jembret dan Iwel iwel juga mengaku dagangannya laku keras di pasar Keroncong. “Saya merasa diuntungkan dengan adanya pasar Keroncong ini. Sebab kalau hari hari biasa saya harus berjualan keliling, dengan adanya acara ini saya bisa santai, mencari rejeki sambil menikmati musik keroncong,” kata lelaki asal kecamatan Kalitidu ini.

pasar keroncong geliat pulihkan ekonomi di masa pandemi 3

Suasana pasar keroncong di perdana penampilan.

Warga Kelurahan Ngroworejo, kata Eko mempunysi banyak potensi, baik di bidang seni maupun produk produk lainnya. Untuk itu dia dan para pemuda di wilayah itu berusaha mengoptimalkan potensi yang ada.

“Semoga upaya yang kami lakukan ini mampu menambah semangat warga guna lebih produktif, dan lebih berdaya. Kami mohon doa restu semoga pasar Keroncong ini bisa konsisten dan bisa dirasakan manfaatnya oleh warga Ngrowo, khususnya dan Bojonegoro pada umumnya,” pungkas Eko.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Olahraga

bojonegoro.com – Turnamen Catur Bupati Cup tahun 2022 diikuti 341 peserta dari 80 sekolah di kabupaten Bojonegoro yang digelar di GOR Polres Bojonegoro, Sabtu...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Bojonegoro Nglenyer Fashion Festival (BNFF) Zona 2 digelar di jalan poros Desa Luwihaji, tepatnya di Jembatan Terusan Bojonegoro – Blora (TBB) Kecamatan...

Kebijakan

Bojonegoro.com – Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah melantik dan mengambil sumpah/janji jabatan sebanyak 52 pejabat. Mereka terdiri dari 10 pejabat administrator, 8 pengawas dan 34...

Olahraga

Bojonegoro.com – Cabang olahraga Bulutangkis merampungkan gelaran Bupati Cup tahun 2022 yang dimulai pada 28 November lalu di Sukorejo Sport Center (SSC) Desa Sukorejo...

X