Connect with us

Hi, what are you looking for?

Digital

Peluang dan Tantangan Bisnis Media Siber di Era AI 

IMG 20230624 WA0010

Bojonegoro.com – SURABAYA- Penggunaan artificial intelligence atau kecerdasan buatan di media siber dapat memberikan banyak manfaat, seperti meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam pengolahan data. Namun, penggunaan teknologi ini juga menimbulkan tantangan, terutama dalam hal keamanan data dan privasi.

Demikian terungkap dalam FGD “Peluang & Tantangan Industri Bisnis Media Siber di Era Artificial Intelligence (AI)” dan Rapat Kerja (Raker) Pengurus Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provinsi Jatim di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Pemprov Jatim, Jum’at (23/6/2023).

“Oleh karena itu, perusahaan media siber harus memperhatikan masalah ini dengan serius dan mengambil langkah-langkah untuk mengatasi risiko yang muncul,” ujar Wijayanto, Pimred radarsurabaya.jawapos.com yang menjadi narasumber pada FGD tersebut.

Untuk memenangkan persaingan di era artificial intelligence, menurut Wijayanto, inovasi dan kreativitas juga menjadi faktor penting. Bisnis media siber harus terus berinovasi dan menciptakan konten yang menarik serta relevan dengan audiens.

Kegiatan dibuka Sekjen JMSI Pusat, DR Eko Pamuji M.Ikom. “Kami mengapresiasi kegiatan ini. Luar biasa, pengurus JMSI Jatim kompak,” ujarnya. Seraya meminta kekompakan ini terus dijaga untuk memberikan kemanfaatan kepada semua pihak.

Eko Pamuji juga meminta JMSI Jatim memperkuat organisasi dengan membentuk Cabang JMSI Kabupaten dan Kota dengan memenuhi persyaratan kualifikasi yang bagus.

Ketua JMSI Provinsi Jatim Syaiful Anam mengemukakan, kegiatan ini dilakukan untuk menentukan arah dan langkah organisasi yang muaranya adalah peningkatan kualitas.

“Media yang ingin bergabung dengan JMSI Jatim terus bertambah. Tidak semuanya professional, karena itu perlu dilakukan pendampingan dan pembinaan,” ungkapnya. Demikian juga usulan pembentukan Cabang JMSI di Kabupaten dan Kota di Jawa Timur terus bermunculan.

Disatu sisi pertumbuhan dan pertambahan itu menunjukkan gairah yang baik. “Tapi bukan hanya jumlah banyak. Namun kualitas harus diutamakan, yang sesuai UU Pers, sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat,” ungkap Syaiful Anam.

Ia juga menyatakan rasa syukurnya setelah pelantikan Pengurus JMSI Jatim yang disaksikan Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak, membentuk JMSI Kabupaten/Kota, kini menggelar Rapat Kerja.

Sebagai informasi, FGD “Peluang & Tantangan Industri Bisnis Media Siber di Era Artificial Intelligence (AI)” dan Raker Pengurus JMSI Provinsi Jatim ini didukung oleh Bank Jatim danBPSDM Pemprov Jatim. “Terrimakasih kepada Bank Jatim dan Ketua Dewan Pembina JMSI Jatim Aries Agung Paewai S.STP., MM yang mendukung kegiatan ini,” ujarnya.

Sebelumnya Ketua Dewan Pembina JMSI Jatim, Aries Agung Paewai S.STP., MM mengatakan, akan selalu mendukung kegiatan yang diselenggarakan JMSI Jatim. Untuk itu, ia sangat mengapresiasi kegiatan FGD dan Raker Pengurus JMSI Jatim.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan JMSI Jatim, untuk peningkatan kompetensi media siber dan pers di Jatim. Saya berharap program-program yang dibuat JMSI Jatim bisa sejalan dengan Pemprov Jatim,” ujar Aries. (**)

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Kabar

Bojonegoro.com – Menindaklanjuti laporan masyarakat terkait penyewa rumah kos yang terindikasi melakukan pelanggaran tindak asusila, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bojonegoro langsung bergerak...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Sanggar Anglingdarma Bojonegoro kembali memamerkan karya -karya epiknya dengan mengusung tema Impian Cita dan keinginan dikemas dalam malam pentas seni bersama ratusan...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Sebagai wujud syukur atas nikmat dan rahmad Tuhan sekaligus bentuk penghormatan kepada para leluhur, Pemerintah Kelurahan Banjarejo Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro akan menyelenggarakan sedekah...

Kabar

Bojonegoro.com – Jakarta – Polres Bojonegoro berhasil meraih penghargaan bergengsi dalam kategori Pelayanan Prima dari hasil Penilaian dan Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik (PEKPPP)...

X