Connect with us

Hi, what are you looking for?

Info

Pemancing, Eksotika Bengawan, dan Keindahan Jembatan Sosrodiilogo Bojonegoro

IMG 20200613 073712 scaled

Bojonegoro-Memancing adalah Hobi bagi sebagian banyak orang dan mata pencaharian bagi sebagian yang lain.
memancing biasa dilakukan laut, sungai atau kolam pemancingan.
Saat ini, memancing bukan hanya sekedar hobi perseorangan, tapi sudah menjadi komunitas, kebiasaan komunitas pemancing adalah mencari spot pemancingan dengan berpindah pindah untuk memancing bersama, orang biasa menyebutnya dengan sebutan mancing mania.

Bojonegoro adalah salah satu kota yang dilintasi sungai terpanjang di Jawa, juga mempunyai banyak pemancing, baik pemancing tradisional, dengan menggunakan piranti joran bambu atau yang sudah tersentuh teknologi dengan menggunakan joran yang modern.
Tidak seperti di kolam pemancingan, Pemancing ikan di bengawan tidak ada batasan waktu, mulai pagi hingga malam selalu saja ada mancing mania yang hadir.
Umpan para pemancing di Bojonegoro tergolong unik,murah dan mudah didapat, umpannya sederhana, hanya tempe goreng, tempe yang dibusukan, atau jenis gorengan yang lain, ada juga umpan dari hewan,misal jangkrik, cacing dan walang.

Jembatan Sosrodiilogo yang melintang diatas bengawan,yang berada di Klangon dan desa Trucuk pada ujung yang lain adalah salah satu spot favorit bagi masyarakat Bojonegoro, disamping karena tempatnya ditengah kota, keindahan jembatan adalah ikon baru kota menjadi alasan para pemancing bukan hanya sekedar memancing tapi sekaligus rekreasi bersama teman atau keluarga pemancing dan pelancong lokal.

IMG 20200616 211433 1

Mancing mania ada yang memilih tempat di atas jembatan, dan tidak sedikit yang dibawah, langsung di bibir sungai.
seperti Nanang (47 Thn) pemancing asal Klangon, baru mulai mas, belum dapat kata Nanang pada awak media,
ditanya hasil memancing, ikannya di masak sendiri atau dijual, Nanang menjawab sebagian dijual, dan menyisakan lauk buat anak,
Lumayan mas,Hobi yang bisa bawa rejeki, kalau lagi Hoki, pulang bisa bawa 2-3 ekor ikan jendil (Patin) ukuran besar, dan pulang bisa bawa uang 100 sampai 200 ribu, imbuhnya.

Baca Juga :  Saksikan, Ikuti Dan Ramaikan Festival Layang-Layang Pilanggede 2020

Lain lagi dengan Aldo (30 Thn) Bos Perusahaan tahu Ledok kulon ini memancing hanya sekedar hobi, mengisi waktu luang biar tidak stres,terang Aldo.
Hobi saya sebelumnya adalah burung mas, berhubung di masa pandemi ini lomba burung masih belum bisa diselenggarakan, ya mancing menjadi hobi pengganti, asyik juga, pikiran tenang dan bisa berkumpul dan becanda sama teman teman mancing mania yang lainnya.

FB IMG 1592361593639

Mancing di bengawan itu sensasinya beda saat kita mancing di kolam pemancingan, adrenalinnya jauh lebih tinggi di bengawan, terang pemancing bertubuh gemuk ini.
Hasilnya tangkapan ikannya dibawa pulang, kalau nggak, jika ada teman yang mau, ya dikasih.
Bisa menaikan ikan sudah menjadi kepuasaan tersendiri mas, ungkapnya.

Sungai Bengawan Solo, sungai besar yang mempunyai segudang cerita dan aura mistisnya masih terasa hingga saat ini.
Sungai terpanjang di Jawa yang panjangnya hampir mencapai 600 km terbentang dari Surakarta hingga Gresik ini menjadi lahan mata pencaharian bagi sebagian orang, khususnya yang berada di bantaran dan sekitarnya.

IMG 20200616 211541

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Baca Artikel Lainnya

X