Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20220901 WA0016

Kabar Desa

Pemdes Megale Kedungadem Bangun JUT Lancarkan Usaha Warga Petani

Bojonegoro.com – Setelah pembangunan infrastruktur jalan rigid beton yang telah mencapai 20% pengerjaan di setiap  Dusun dan pengerjaan Jalan Aspal yang Sudah jalan 50%, Kini Pemdes Megale menggenjot pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT). Hal itu dilakukan guna mengakomodir warga yang mayoritas menjadi petani, hal tersebut sebagai penunjang transportasi paska panen, agar hasil Panen bisa diangkut dengan alat transportasi dengan cepat dan mudah.

Desa yang terletak di kilometer 30 arah selatan dari jalan raya provinsi tepatnya dari perempatan Kecamatan Sumberrejo mengembangkan pertanian dengan membangun JUT beton sepanjang 800 meter di dua Dusun Yakni Dusun Jintel 400 meter di dua titik, Dusun Beton 400 meter di dua titik yang bersumber dari DD (Dana Desa) dengan nilai anggaran Rp 103.994.000 (seratus tiga juta sembilan ratus sembilan puluh empat ribu)

Manfaat Pembangunan JUT ini, sangat di rasakan masyarakat, khususnya warga Desa Megale, setelah adanya pembangunan JUT para petani dapat langsung menggunakan kendaraan roda duanya ke tempat persawahan.

Selain pembangunan JUT. Pemdes Megale juga membangun jalan penghubung di Utara desa tepatnya di timurnya Desa Tlogoagung dengan aspal. Dengan sumber anggaran dari BKKD tahun 2021 yang pengerjaanya sudah selesai 50% di tahap pertama.

Agus Hari Mujiono selaku tim pelaksana pembangunan desa Megale saat ngobrol dengan awak media menuturkan, pembangunan yang bersumber dari DD dalam tahap pengerjaan. Ada yang sudah selesai dan ada yang masih tahap pengerjaan.

” Yang di dusun beton sudah mas. Dan sekarang para pekerja mengerjakan di dusun Jintel,” terangnya.

Agus menyebutkan, pembangunan yang berjalan dengan menggunakan DD tahun ini adalah hasil dari RKPDes pada tahun 2021.

Baca Juga :  Bupati Bojonegoro Imbau BPD Mampu Cipta Harmonisasi di Masyarakat

“Kami pastikan, pengerjaan ini sesuai dengan RAB. Bisa dicek ke lapangan,  tegasnya sambil menunjukkan dokumen.

Menurut Agus, dengan adanya pembangunan di Desa Megale sangat besar manfaatnya bagi petani.

” Dulunya hanya galengan/pematang yang setiap hujan nggak bisa di lalui kendaraan. Meskipun bisa tapi sulit karena licin. Dengan adanya pemasangan bantalan beton dan pedel ini. Warga sangat terbantukan.” sebutnya Rabu siang (31/08/2021).

Hal senada di sampaikan Suraji, Kades Megale ini sangat berterima kasih dan mengapresiasi atas program BKKD dari pemerintah daerah. Contohnya jalan aspal yang terletak di Utara desa. Tepatnya di Jalan penghubung Desa Tlogoagung.

Karena, lanjut Suraji, desa Megale mayoritas petani. Maka, melalui RKPDes tahun lalu di setujuilah pembangunan JUT. Karena, selain untuk mempermudah para petani dalam mengangkut hasil panen, juga jadi penggerak roda ekonomi serta ketahanan pangan.

” Kalau akses jalan bisa di lalui kendaraan. Petani akan cepat membawa hasil panen ke rumahnya. Dan itu bisa membantu nilai jual.”ungkap Suraji.

Sekedar di ketahui, selain infrastruk jalan dan pertanian. Pemdes Megale Kecamatan Kedungadem Bojonegoro Jatim membangun lapangan bola sebagai sarana olah raga bagi pemuda desa Megale. (*)

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Chandra Paes Art pamerkan 14 karya busananya dalam Fashion Street Red Carpet (FRC) Car free Day di Alun-alun kota Bojonegoro, Minggu, 22/01/2023....

Kuliner

Bojonegoro.com – Bagi anda pencinta kuliner makanan dengan sentuhan tradisional, terkhusus lagi dari bahan olahan belut, Belut Asap ” Nandur Srawung” di kawasan jalan...

Wisata

Bojonegoro.com  –  Pembangunan Eks Tanggul M.H. Thamrin kini menjadi icon baru Kabupaten Bojonegoro, Thamrin Park menjadi salah satu pusat keramaian yang saat ini banyak...

Kabar

Bojonegoro.com – Pengelolaan Pasar Lama Bojonegoro yang berlokasi di Jl. Pasar No. 01 Kelurahan Ledok Wetan, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, seharusnya berjalan dengan baik....

X