Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kabar

Pemkab Akan Pasang Lampu PJU di 2.195 Titik  Wajah Kota Bojonegoro Semakin Cantik dan Terang Benderang

IMG 20221004 WA0085

Bojonegoro.com – Tampilan wajah kabupaten kota Bojonegoro kedepannya  akan semakin terang benderang. Hal tersebut menyusul rencana Pemkab melalui Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Cipta Karya (DPKPCK) akan segera memasang 2.195 unit lampu Penerang Jalan Umum (PJU). Lampu itu rencananya akan dipasang di sejumlah ruas jalan yang ada di Bojonegoro.

PJU merupakan salah satu komitmen Pemkab untuk memberikan fasilitas lampu penerangan jalan di seluruh ruas jalan. “Pemasangan lampu PJU terus dilakukan, agar manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat,” ungkap Kepala DPKPCK Bojonegoro, Adi Witjaksono melalui Kabid PJU dan Pemilharaan Sarpras, Sarifuddin, Selasa (4/10/2022).

Sebanyak 2.195 titik lampu PJU tersebut akan dipasang di 93 ruas jalan pada 2022 ini. Prioritasnya dilakukan di jalan-jalan strategis. Hal itu disesuaikan SK Bupati Bojonegoro Nomer 188/246/KEP/412.013/2017. Tahun 2017 ini tentang penentuan ruas jalan menurut status sebagai jalan Kabupaten.

“Baik pemasangan baru dan pemeliharaan PJU, kami utamakan di lokasi strategis. Tersebar merata di seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten ini,” ujarnya.

Pemasangan PJU tidak hanya di wilayah kota saja, melainkan akan menyasar hingga ke pelosok desa. “Pemasangan PJU akan dilakukan pada jalan yang sudah dibangun,” tandasnya.

Pemasangan PJU baru tahun ini mencapai Rp 25.825 miliar. Anggaran bersumber dari APBD 2022. Sarifuddin menjelasakan, pelaksanaan pekerjaan PJU dimulai pada bulan Mei dan tuntas pada Oktober. Saat ini, progres sudah mencapai 85 persen.

“Dari 93 ruas jalan, tinggal 15 ruas jalan masih proses pekerjaan. Dan target pada bulan Oktober tuntas,” terangnya.

Pemasangan PJU baru sudah dimulai pada 2017 silam yakni sebanyak 18.309 titik lokasi. Pemasangan itu berjarak 50 meter dengan masing-masing lampu. Sedang PJU yang menggunakan solar cell atau tenaga surya hanya di lokasi tertentu saja seperti di sepanjang Kecamatan Ngasem menuju lokasi wisata Khayangan Api.

Baca Juga :  Antisipasi Konflik Sosial, Bakesbangpol Bojonegoro Gelar Rapat Gabungan

“Untuk ruas jalan yang menggunakan tenaga surya dengan daya 60 watt, sedangkan kota dobel PJU daya 90 watt dan 65 watt untuk penerang trotoar,” pungkasnya.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Hukum

Bojonegoro.com – Kejadian baku hantam atau adu jotos dengan crew Bus PO. Margo Joyo dengan pengemudi mobil Avanza ini menjadi viral setelah diunggah dibeberapa...

Kabar

Bojonegoro.com – Dalam rangka menyambut Hari Kartini yang ke-145, Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3AKB) akan menggelar lomba...

Kabar

Bojonegoro.com — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro mengerahkan tenaga kebersihan dengan sarana dan prasarana pengelolaan sampah di beberapa titik selama libur lebaran hari...

Wisata

Bojonegoro.com – Libur lebaran Idul Fitri 1445 H dimanfaatkan masyarakat untuk mengunjungi tempat-tempat wisata. Salah satu tempat wisata di Kabupaten Bojonegoro yang ramai dikunjungi...

X