Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ekonomi

Pemkab Bojonegoro Gelar Pelatihan Optimalisasi Promosi Kreatif BUM Desa

Bojonegoro.com – Dalam rangka mendorong BUM Desa naik kelas, Pj Bupati Bojonegoro menekankan peningkatan kualitas produk serta optimalisasi promosi yang kreatif dan inovatif. Hal ini disampaikan dalam pembukaan pelatihan dan pengembangan BUM Desa di Pendopo Malowopati, Senin (13/11/2023).

Dalam sambutannya, Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto menyampaikan salah satu upaya dalam mengembangkan perekonomian di Bojonegoro adalah mendorong UMKM melalui pengembangan wisata. Namun. tantangannya bagaimana mempromosikan produk lebih dikenal di masyarakat luas.

“Suatu kebanggaan bagi pelaku BUM Desa Bojonegoro diberikan ilmu mengenai pemasaran yang kreatif dalam pengembangan produk,” ucapnya.

Lebih lanjut, Pj Bupati Adriyanto menjelaskan bahwa ada tiga level jenis kegiatan usaha itu biasanya paling tidak ada 3 level jenis dalam kegiatan usaha. Yakni pertama mencari potensi yang bisa digali dan dijual di wilayah tersebut, kedua mengembangkan produk dan ketiga adalah tahap promosi.

BUM Desa bisa naik kelas dengan meningkatkan kualitas dan ciri khas produk, serta mengoptimalkan promosi yang kreatif dan inovatif,” jelasnya.

“Artinya kalau kita lihat BUM Desa yang maju baru 48 BUM Desa, maka perlu dilakukan pelatihan pengembangan BUM Desa supaya lebih baik lagi,” jelasnya.BUM Desa bisa naik kelas dengan meningkatkan kualitas dan ciri khas produk, serta mengoptimalkan promosi yang kreatif dan inovatif,” jelasnya.

Pj Bupati Adriyanto juga mengatakan kualitas produk bisa ditingkatkan dengan mencari produk unggulan di wilayah tersebut, sedangkan promosi dapat melaui media sosial bahkan e- katalog sebagai media untuk menjual produk milik BUM Desa.

“Salah satu BUM Desa di Bojonegoro mendapat juara yaitu BUM Desa Bandung Bondowoso. Salah satu faktornya adalah memberdayakan produk lokal. Semoga menjadi motivasi bagi BUM Desa-BUM Desa lainnya untuk semakin kreatif dan inovatif dan menjadikan BUM Desa di Bojonegoro naik kelas,” tuturnya.

Baca Juga :  Pemkab Bojonegoro Bersama Kemenkeu Perwakilan Jatim Eksplor Potensi Daerah Tingkatkan Perekonomian

Sementara itu, Widariyanto dari Balai Besar Pelatihan Kemendes PDTT mengatakan bahwa pihaknya mempunyai tugas utama yaitu meningkatkan dan mengembangkan sumber daya manusia dan pemberdayaan masyarakat desa. Sehingga perlu bersinergi dengan pemerintah daerah, salah satunya dengan Pemkab Bojonegoro untuk mengolah potensi desa menjadi peluang ekonomi.

Machmudin juga menambahkan pelatihan ini untuk mendorong BUM Desa dalam memasarkan produk secara online dengan menggunakan konten promosi yang menarik dan optimalisasi layanan promosi elektronik. Selain itu, juga membantu pengembangan produk dan pemasaran elektronik melalui e-katalog, serta mendukung pengadaaan barang dan jasa pemerintah dengan sistem elektronik.

“Juga membangun kesepakatan dan komitmen antara pemerintah kabupaten Bojonegoro, pemerintah desa, BUM Desa dalam upaya bersama mengembangkan BUM Desa di Bojonegoro,” pungkasnya.(*)

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melepas peserta studi banding Perkumpulan Disabilitas Kabupaten Bojonegoro (PDKB), Rabu (15/5/2024) di Pendopo Malowopati. Para peserta akan belajar berbagai...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Dalam rangka persiapan pelaksanaan Anugerah Patriot Jawi Wetan II (APJW), Pemkab Bojonegoro menargetkan bisa masuk 5 (lima) besar nominasi desa/kelurahan terbaik se-...

UKM/UMKM

Bojonegoro.com – SOLO- Ibu Pj. TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kab. Bojonegoro, Dian Adiyanto Adriyanto turut menghadiri acara puncak Tasyakuran HUT Dekranasda Ke-44 dan...

Kabar

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro secara masif menyebarluaskan informasi terkait pangkalan LPG 3 kg bersubsidi. Langkah ini untuk memudahkan masyarakat mengetahui lokasi pangkalan yang...

X