Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com

Kabar

Pemkab Bojonegoro Gelar Sosialisasi Teknis Pengadaan Mobil Siaga Desa 2022

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melakukan sosialisasi kepada 419 desa di 28 kecamatan terkait rencana pengadaan mobil siaga desa tahun 2022. Kegiatan sosialisasi petunjuk teknis bantuan keuangan kepada desa yang bersifat khusus ini digelar di Pendopo Malowopati Pemkab, Rabu (14/12/2022).

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah dalam sambutannya menyampaikan, sebelum mengalokasikan anggaran untuk mobil siaga desa, Pemkab telah mencari formula terbaik. Tujuannya agar tidak ada masalah di kemudian hari.

“Mungkin kalau memang dalam pelaksanaan ada timlak, silahkan sesuai prosedur dan kriteria,” lanjutnya.

Bupati yang dikenal dengan Ibu Pembangunan Bojonegoro ini mengingatkan, agar jangan mempercayai orang yang mengaku dari dealer mobil lalu meminta uang muka atau iming-iming diskon.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Bojonegoro, Arwan, dalam laporannya mengatakan, dasar pengadaan mobil siaga desa, pertama Peraturan Daerah Bojonegoro Nomor 3 Tahun 2022 tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2022. Kedua, Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 30 Tahun 2022 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 87 tahun 2020 tentang Pedoman Pengelolaan Bantuan Keuangan Kepada Desa yang Bersifat Khusus dari APBD Kabupaten Bojonegoro.

Dasar ketiga, adalah Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 31 Tahun 2022 tentang Penjabaran Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2022.

Arwan melanjutkan, latar belakang pengadaan mobil siaga desa ini adalah dalam rangka mengoptimalkan peran dan fungsi pemerintah desa dalam peningkatan pelayanan.

Hal ini merupakan dukungan dari Pemkab Bojonegoro dengan program peningkatan dan pengembangan yang berbasis masyarakat melalui kegiatan bantuan keuangan kepada desa.

“Kendaraan yang disiapkan guna meningkatkan kesiapsiagaan desa untuk menghadapi kondisi bencana, kedaruratan sosial kemasyarakatan, dan kondisi lain,” katanya saat dikonfirmasi Jum’at (16/12/2022).

Baca Juga :  BPKAD Tegaskan Silpa APBD 2022 Karena Adanya Transfer Kurang Bayar Dana Bagi Hasil Migas

Program bantuan keuangan kepada desa yang bersifat khusus sendiri merupakan upaya mendukung pelaksanaan tugas pemerintah daerah di desa. Salah satunya melalui kegiatan pengadaan mobil siaga desa dalam rangka mewujudkan kepercayaan dan kesejahteraan masyarakat. (*)

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Chandra Paes Art pamerkan 14 karya busananya dalam Fashion Street Red Carpet (FRC) Car free Day di Alun-alun kota Bojonegoro, Minggu, 22/01/2023....

Kuliner

Bojonegoro.com – Bagi anda pencinta kuliner makanan dengan sentuhan tradisional, terkhusus lagi dari bahan olahan belut, Belut Asap ” Nandur Srawung” di kawasan jalan...

Wisata

Bojonegoro.com  –  Pembangunan Eks Tanggul M.H. Thamrin kini menjadi icon baru Kabupaten Bojonegoro, Thamrin Park menjadi salah satu pusat keramaian yang saat ini banyak...

Kabar

Bojonegoro.com – Pengelolaan Pasar Lama Bojonegoro yang berlokasi di Jl. Pasar No. 01 Kelurahan Ledok Wetan, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, seharusnya berjalan dengan baik....

X