Connect with us

Hi, what are you looking for?

Seni dan Budaya

Penghujung Tahun Disbudpar Suguhkan Parade Reog dan Jaranan Hibur Warga Bojonegoro

IMG 20221230 WA0047

Bojonegoro.com –  Pemkab Bojonegoro melalui dinas Kebudayaan dan Pariwisata menyelenggarakan parade reog di penghujung tahun. Sebagai salah satu warisan budaya tak benda Indonesia, kesenian reog bukan hanya lestari dan digemari dari Kota asalnya Ponorogo, namun juga di berbagai belahan Kab/Kota Se-Tanah Air, Bojonegoro khususnya. Berbagai tampilan dan atraksi dari berbagai paguyuban reog dan jaranan hibur warga Bojonegoro di sepanjang jalan Protokol.

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah pada Jumat sore 30/12/2022 memberangkatkan Parade reog dan jaranan tepat di depan Pendopo Kabupaten Jl. Mas Tumapel diikuti oleh 28 Peserta. Pemberangkatan peserta ditandai dengan ayunan pecut khas jaranan diikuti oleh seluruh Forkopimda.

Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kab. Bojonegoro Budiyanto menyampaikan, seni reog dan jaranan terselenggara untuk melestarikan adat budaya daerah serta memberikan motivasi kepada seniman reog dan jaranan untuk tetap berkarya dan berinovasi, menumbuhkan rasa cinta terhadap seni tradisi, serta dapat menjadikan motor penggerak ekonomi masyarakat pasca pandemi covid 19.

Rute parade reog dan jaranan diawali start dari Jl. Mas Tumapel – Jl. Imam Bonjol – Jl. M.H. Thamrin – Jl. Panglima Sudirman – Jl. AKBP Soeroko, dan berakhir finish di Jl. Imam Bonjol. Peserta diikuti 28 grup/paguyuban yang terdiri dari 13 grup reog dan 15 grup jaranan, terangnya.

Dalam kesempatan tersebut pula Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah meminta kepada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata agar terus menyisir dan mendata kelompok/paguyuban seni yang ada di Bojonegoro untuk terus dapat menggerakkan sektor perkonomian, kesenian, dan budaya, termasuk kesenian lokal yang pada hari ini jaranan sudah hampir terlupakan.

Bupati pun teringat dan melantunkan sebuah lenggam jawa bertemakan jaranan “jaranan-jaranan jarane jaran teji, sing numpak ndoro bei, sing ngiring poro menteri” begitu lirihnya. Dengan terselenggaranya parada reog dan jaranan ini, Bupati menaruh perhatian dan ucapan terima kasih atas partisipasi kepada seniman/seniwati yang ada di Bojonegoro yang senantiasa masih peduli akan seni tradisional. “Pemkab Bojonegoro akan senantiasa terus mengembangkan dan mendorong seni budaya berbasis lokal”, tutup Bupati.

IMG 20221230 WA0048

Bupati Bojonegoro saat memberangkatkan peserta Reog dan Jaranan

Ketua Paguyuban Reog dan Jaranan New Singo Giri asal Desa Panjang Kecamatan Kedungadem, Didik Siswanto mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Pemkab Bojonegoro, terkhusus Bupati Anna Mu’awanah yang telah memperhatikan kesenian reog dan jaranan di Bojonegoro dengan menyelenggarakan event parade sebesar ini. Artinya pemerintah daerah memiliki keberpihakan dengan memfasilitasi para seniman reog dan jaranan yang ada di Kabupaten Bojonegoro.

” Sepanjang saya menggeluti kesenian reog belum pernah ada acara sebesar ini di Bojonegoro, dimana kegiatan  mengundang paguyuban-paguyuban untuk berpartisipasi dalam parade seni reog dan jaranan, ungkap Didik.

Sementara itu warga nampak antusias berjejer menyaksikan di pinggir jalan yang dilalui peserta parade. Turut hadir dalam kegiatan Sekretaris Daerah, segenap Kepala OPD, dan Ketua Paguyuban reog dan jaranan Bojonegoro.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

UKM/UMKM

Bojonegoro.com – SOLO- Ibu Pj. TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kab. Bojonegoro, Dian Adiyanto Adriyanto turut menghadiri acara puncak Tasyakuran HUT Dekranasda Ke-44 dan...

Kabar

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro secara masif menyebarluaskan informasi terkait pangkalan LPG 3 kg bersubsidi. Langkah ini untuk memudahkan masyarakat mengetahui lokasi pangkalan yang...

Kabar

Bojonegoro.com  – Guna mendukung kelancaran dan keberhasilan Konferensi Tingkat Tinggi World Water Forum (WWF) Ke-10 di Bali, Satlantas Polres Bojonegoro mengirim 8 personel sebagai...

Kesehatan

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian bekerjasama dengan TP PKK Kabupaten Bojonegoro mengadakan Lomba Cipta Menu Tahun 2024 denga...

X