Connect with us

Hi, what are you looking for?

Seni dan Budaya

Pentas Seni 134 Siswa Sanggar Angling Darma Persembahkan 14 Tarian Nusantara

20220327160913

Bojonegoro.com – Sanggar Tari Angling Darma Bojonegoro kembali melakukan pementasan seni tari untuk anak didiknya memamerkan kemampuan menarinya diatas panggung dan dihadapan khalayak umum.

Pementasan seni tari unjuk kebolehan siswa Sanggar Angling darma dilaksanakan di Panggung GoFun Bojonegoro, Sabtu malam, 26/03/2022.

Sejumlah 134 siswa sanggar Angling darma mempersembahkan tari tarian tradisional, tari kreasi dan Tari modern, ada 14 karya tarian yang disajikan siswa sanggar sebagai ajang kreativitas malam itu. Nampak semua siswa bersemangat dan mencoba menampilkan yang terbaik saat tampil diatas panggung.

Berkenan Hadir dalam kegiatan tersebut kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Budiyanto S.Pd,. kepala Dinas Pemuda dan olah raga Amir syahid, Kabid TK SD dinas pendidikan, Rasmadi dan Suyanto Sekretaris Dinas Pendidikan Bojonegoro yang juga selaku pembina sanggar Angling darma serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutanya Budiyanto menyampaikan sangat mengapresiasi pembinaan anak dibidang seni, khususnya seni tari yang dilakukan oleh sanggar, pementasan seni tari kreasi malam ini menjadi pembuktian bahwa sanggar Angling darma masih aktif dan eksis melestarikan kesenian hingga saat ini, dengan kegiatan ini diharapkan mampu memberi motivasi kita semua agar lebih berbudaya dalam bermasyarakat.

Masih menurut Budiyanto dengan berkesenian mampu melatih anak-anak kita cinta budaya, dan melatih kreatifitas dan kecerdasan anak serta membentuk karakter anak cinta budaya, ini sangat penting karena budaya adalah identitas bangsa dan sanggar Angling darma telah melakukan dengan baik.

“Salut kepada semua pengurus dan pelatih maupun siswa sanggar Angling darma yang masih eksis, ajang kreasi seni malam ini menjadi pembuktian kalian adalah bagian dari pejuang seni di Bojonegoro” Ucap Budiyanto.

Sementara itu, ketua sanggar Angling Darma sekaligus ketua pelaksana malam gelar seni Nika Kusumawati S.Pd disela pementasan menyampaikan, kami setiap tahun melaksanakan pementasan seni untuk siswa, dimana tujuannya adalah sebagai ujian tahunan setelah menerima materi tari saat latihan, pementasan ini juga untuk melatih mental anak anak menari dihadapan penonton, dan yang terpenting adalah mereka mampu menyalurkan bakat, kreatifitas, semoga apa yang telah kami lakukan mampu membangun karakter cinta budaya pada anak didik kami.

Baca Juga :  Jaga Warisan Leluhur, Kampoeng Thengul Kedungkrambil Margomulyo Menjadi Tujuan Studi Visitasi Sosial Kultural BPSDM Jawa timur

” Alhamdulillah akhirnya terealisasi juga, ini adalah gelaran ke 7, karena pandemi 2 tahun kemarin kami tidak melakukan pementasan” ujar Nika.

IMG 20220327 161419

Pengurus sanggar berfoto bersama dengan kepala disbudpar dan penonton mengikuti pementasan dengan tertib

Pementasan seni tari oleh sanggar Angling darma juga membuat orang tua siswa berbahagia dan antuias melihat anak-anaknya beraksi di atas panggung, Ratuyati dan Sri Wahyuni misalnya warga Desa Sukorejo dan Ledok Kulon orang tua dari Kalista dan Havisa Khalia mengungkapkan rasa gembira dan bangganya melihat anaknya tampil menari.

Saya terharu dan bangga melihat anak-anak menari dengan apik dan semangat, terima kasih kami sampaikan kepada para pelatih sanggar Angling darma yang telah mendidik anak kami” ungkap Orang tua siswa.

14 karya tarian kreasi tradisional dan modern dance yang ditampilkan adalah

1. Tari jaranan
2. Tari ujung tiban
3. Tari rondo songo
4. Tari kayangan api
5. Tari rancak kendang
6. Tari iol
7. Tari kupu kupu
8. Tari ngganong
9. Tari pudak kukusan
10. Tari bali
11. Tari bajidor
12. Tari manuk cipret
13 Tari rajungan
14. Modern dance

Sanggar Angling darma berlokasi di jalan Lettu Suwolo 20 kelurahan Karangpacar, Bojonegoro, berdiri sejak tahun 2013 hingga saat ini membuka 6 kelas dan memiliki 250 siswa.
Kelas A. Untuk anak dengan usia TK, kelas B. Untuk usia 7-9 tahun, kelas C untuk anak usia 10-12 tahun, kelas D untuk anak usia SMP, Kelas E untuk anak SMA dan umum, saat ini sanggar Angling darma bertambah 1 kelas lagi yaitu Kelas modern dance.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Thengul merupakan kesenian khas yang telah menjadi identitas Kabupaten Bojonegoro mampu menarik perhatian banyak pihak, inilah yang menjadi dasar Tim Badan Pengembangan...

Kabar

Bojonegoro.com – Badan Usaha Milik Desa (BUM Des) MARGO SASONO KARYO MULYO Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo kabupaten Bojonegoro mengikuti misi dagang dan investasi bersama...

Kabar

Bojonegoro.com – Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesian (PSMTI) kabupaten Bojonegoro kembali melakukan kegiatan sosial dengan membagikan ratusan sembako, kali ini menyasar Bojonegoro bagian barat...

Kabar

Bojonegoro.com – Saat aksi sosial berbagi berkah ratusan sembako yang dilakukan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) di Desa Meduri Kecamatan Margomulyo kabupaten Bojonegoro,...

X