Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20221015 113516

Kesehatan

PEPC Bersama Yayasan Paratazkia, Realisaikan Program Sipandu Mandiri

Bojonegoro.com – Sukses melaksanakan Program SEHATI yaitu Program Sehat Ibu dan Anak Tercinta pada tahun 2019, 2020 dan 2021, PT Pertamina EP Cepu (PEPC) bermitra dengan Yayasan Paratazkia kembali melaksanakan pendampingan program yang menyasar kepada para kader posyandu, Ibu dan Balita di sekitar area proyek pengembangan lapangan gas Jambaran – Tiung Biru (JTB).  Kegiatan dimulai tanggal 03 Oktober 2022.

Program ini dilaksanakan sebagai salah satu wujud kepeduliaan dari PEPC terhadap warga sekitar area operasi proyek JTB. Pada tahun ini program SEHATI yang dilaksanakan PEPC bersama Paratazkia berfokus pada upaya penanganan dan pencegahan kasus stunting pada balita.

Dikemas dengan nama “Program Sipandu Mandiri” yang merupakan kepanjangan dari Program Sehat Anak dan Ibu Tercinta Bersama Posyandu Mandiri, program ini menyasar di 4 desa yakni Desa Bandungrejo kecamatan Gayam, Desa Dolokgede,Desa Kaliombo kecamatan Tambakrejo.

Menurut fasilitator program dari Paratazkia Sudalhar, Gol besar dari program ini adalah bersama-sama dengan berbagai pihak berupaya menurunkan kasus stunting pada balita dengan memaksimalkan potensi sumber daya yang telah ada di masyarakat yaitu Posyandu. Adapun berbagai kegiatan dalam program Sipandu Mandiri tahun 2022 ini meliputi; pendampingan kader posyandu dalam pelayanan 5 meja, pencegahan gizi buruk pada anak, pendampingan forum kelas ibu, pendampingan pada ibu dan balita gizi kurang, pendampingan balita stunting, pemetaan potensi unit usaha, penyusunan rencana usaha, studi tiru unit usaha produktif serta Pengenbangan unit usaha produktif berbasis kader posyandu. Sabtu, 15/10/2022.

IMG 20221015 WA0031

Kegiatan yang dilakukan dalam Program Sipandu Mandiri

Sipandu Mandiri merupakan program yang melibatkan kerjasama dari berbagai komponen yang tergabung dalam konsep pentahelix antara lain; PEPC dari dunia usaha/industri, Paratazkia mewakili LSM, Pemerintah Desa setempat sebagai unsur pemerintah,dan Stikes Muhamadiyah Bojonegoro (Maboro) dari unsur Perguruan Tinggi, berbagai media pemberitaan dari unsur Pers serta para kader posyandu dari komponen masyarakat.

Baca Juga :  Pemkab Bojonegoro Gelar Rembug Stunting, Prevalensi Terus Turun Dalam 5 Tahun Terakhir

Tidak kurang 75 orang kader posyandu yang tersebar di 15 Posyandu di 4 Desa terlibat secara langsung dalam pelaksanaan program ini. Ibu Sofi selaku kader posyandu Melati sangat antusias mengikuti kegiatan program Sipandu Mandiri yang dilaksanakan oleh PEPC bermitra denga Yayasan Paratazkia ini. Kami sangat beruntung kembali mendapatkan pendampingan dan berbagai kegiatan pelatihan dalam program ini, ada banyak pengetahuan, keterampilan serta fasilitas penunjang dalam pelaksaanaan posyandu kami dapatkan dari program ini.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Olahraga

Bojonegoro.com – Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Bojonegoro langsung tancap gas tidak berselang lama usai kepengurusan yang baru dilantik digelar kejuaraan Catur Percasi...

Promo

Bojonegoro.com – Kami menyediakan hewan Kurban  dengan kualitas terbaik, bagi yang berniat dan berminat bisa cek langsung di Jl Kapten Ramli 298 Ledok Kulon...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggelar rapat koordinasi pembinaan dalam rangka pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM)...

Kabar

Bojonegoro.com – Tak hanya peduli terhadap Kamtibmas saja, para Polisi Wanita(Polwan) Polres Bojonegoro turut serta terjun langsung membantu jemaah calon haji dari Kabupaten Bojonegoro....

X