Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20221228 WA0004

Kesehatan

PEPC Bersama Yayasan Paratazkia Selenggarakan Kompetisi Unit Usaha Produktif Berbasis Kader Posyandu

Bojonegoro.com – Sebagai salah satu bentuk kontribusi dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sekitar area operasi JTB, PT Pertamina EP Cepu Zona 12 bersama mitra program di bidang kesehatan Paratazkia, melaksanakan “Program Sehat Anak dan Ibu Tercinta Bersama Posyandu Mandiri” atau di sebut dengan Program SIPANDU MANDIRI.

Puncak dari rangkaian kegiatan program ini adalah dilaksanakannya Kompetisi Unit Usaha Produktif berbasis kader posyandu di Toko Baru Fasilitas Usaha Kecil dan Menengah (UKM) bertempat di Dukuh Klubuk Desa Pelem Kec. Purwosari pada Selasa (27/12/2022).

Hadir pada kegiatan Camat Purwosari, Maftukhan selaku anggota DPRD Bojonegoro, Perwakilan Puskesmas dari 3 Kecamatan; Purwosari, Tambakrejo, Ngasem, Pemerintah Desa Pelem, Kaliombo, Dolokgede, Bandungrejo.

Kompetisi Unit Usaha Produktif ini di ikuti tidak kurang 75 kader posyandu di 15 posyandu dari 4 desa, yaitu; Bandungrejo, Pelem, Dolokgede, Kaliombo. Kompetisi tersebut berjalan sangat meriah dan para peserta pun mengikutinya dengan sangat antusias, bahkan para kader posyandu sudah mempersiapkan tempat dan menghias gerobak H-2 sebelum hari H.

Perwakilan PT Pertamina EP Cepu, Edi Arto selaku Field Officer Community Relations & CSR menyampaikan, bahwa Program Sipandu Mandiri dengan unit usaha produktif berbasis kader Posyandu ini merupakan salah satu kontribusi PEPC dalam upaya mengembangkan para pelaku UKM di wilayah operasi Proyek JTB terutama para pelaku UKM berbasis kader Posyandu. Melalui program ini, para kader Posyandu mendapatkan pendampingan untuk merintis usaha produktif. Unit usaha ini diusulkan sendiri oleh para kader Posyandu, yang kemudian diberikan pendampingan mulai bagaimana melakukan analisa usaha dan rencana usaha. Bahkan diberikan stimulus berwujud alat dan modal untuk memulai usaha, dengan harapan saat UKM yang berbasis kader posyandu ini nantinya berjalan dapat memberikan dampak secara ekonomi serta terwujud Posyandu Mandiri yang lebih baik lagi, ucapnya.

Baca Juga :  APBD 2023, Anggaran Kesehatan Bojonegoro Capai 19,26%

KRAT Sudawam, Kepala Desa Pelem pada kesempatan ini menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas program yang diberikan PEPC bersama Yayasan Paratazkia kepada masyarakat desa sekitar JTB, Desa Pelem Khususnya. Semoga dengan diberikannya bantuan usaha ini menjadikan para kader untuk lebih semangat dalam mendukung peningkatan status gizi di area Proyek JTB dalam upaya mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas, ujarnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Paratazkia, Sudalhar menyampaikan, bahwa Paratazkia sangat bangga dapat berperan serta sebagai mitra program pengembangan masyarakat dari PEPC ini. Sejak pertengahan tahun 2022 Paratazkia mendampingi warga desa Pelem, Kaliombo, Dolokgede, Bandungrejo dalam upaya peningkatan kapasitas posyandu melalui berbagai kegiatan dan pelatihan.

Dalam kegiatannya ibu-ibu kader didampingi untuk mengukur tinggi badan dan menimbang balita. Selain itu juga menangani balita gizi buruk dan stunting termasuk juga melakukan pendampingan kelas ibu hamil. Selain meningkatkan kualitas gizi pada anak, Paratazkia juga mendampingi program unit usaha produktif dengan tujuan selain dapat meningkatkan kualitas gizi pada anak, harapannya juga dapat meningkatkan kesejahteraan finansial kepada para kader Posyandu.

IMG 20221228 WA0003

Salah satu peserta Kompetisi Unit Usaha Produktif

Dalam kompetisi tersebut keluar sebagai pemenang utama, yaitu:
– Juara 1 Pelem Pos 2, skor 94
– Juara 2 Kaliombo Pos 3, skor 93
– Juara 3 Bandungrejo Pos 1, skor 92

Selain itu juga ada 15 hadiah hiburan bagi peserta lainnya dengan jumlah total senilai 98 juta. Di hari yang sama, Rembug Pertanggungjawaban juga di laksanakan di kompleks fasilitas UKM yang juga merupakan bantuan dari PEPC berupa bangunan 10 unit pertokoan di Desa Pelem Kec. Purwosari. Rembug pertanggungjawaban di hadapan publik tersebut dilakukan sebagai bentuk transparansi pelaksanaan program oleh Paratazkia.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Pendidikan

Bojonegoro.com – Universitas Bojonegoro (Unigoro) merupakan kampus di Bojonegoro, Jawa Timur, yang masuk penilaian kampus terbaik peringkat dunia. Informasi ini berdasarkan pemeringkatan universitas terbaik...

Olahraga

Bojonegoro.com – Dua pesilat PSHW (Persaudaraan Setia Hati Winongo) Cabang Bojonegoro berhasil membawa satu medali emas dan satu medali Perunggu dalam kejuaraan pencak silat...

Kabar

Bojonegoro.com – Pengelolaan Pasar Lama Bojonegoro yang berlokasi di Jl. Pasar No. 01 Kelurahan Ledok Wetan, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, seharusnya berjalan dengan baik....

Kabar

Bojonegoro.com  – Kapolres Bojonegoro, AKBP Rogib Triyanto, SIK menggelar program Jumat Curhat. Kali ini, Jum’at Curhat bersama masyarakat Kecamatan Padangan yang bertempat di Balai...

X