Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kabar

Percepatan Pembangunan Bendungan Karangnongko, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Tinjau Lokasi

IMG 20231019 WA0033 1024x768 1

Bojonegoro.com – Menteri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Praktikno melakukan kunjungan ke Bojonegoro guna peninjauan rencana  percepatan pembangunan Bendungan Karangnongko, mereka melakukan kunjungan di titik nol lokasi pembangunan proyek strategis nasional (PSN) Bendungan Karangnongko, di Desa Ngelo, Kecamatan Margomulyo, Kamis (19/10/2023).

Kunjungan dua menteri presiden Jokowi tersebut guna peninjauan secara langsung lokasi yang akan dibangun bendungan Karangnongko, dalam sambutannya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan pembangunan proyek Bendung Gerak Karangnongko di Desa Ngelo, Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur dalam rangka mendukung program ketahanan air.

“Percepatan pembangunan Bendungan Karangnongko dilakukan untuk menambah jumlah tampungan air dalam rangka mendukung program ketahanan pangan dan air, khususnya di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur,” ujar Basuki.

Basuki mengatakan pembangunan Bendungan Karangnongko sudah lama direncanakan untuk menambah suplai air bagi daerah kering di Kabupaten Blora dan Bojonegoro dengan membendung Sungai Bengawan Solo. Dimana bendungan Karangnongko ini memilki daya tampung yang sangat besar yakni 65,3 juta meter kubik.

“Jadi nanti proses pekerjaannya tidak menyentuh masyarakat dulu. Kita kerjakan pelimpah berpintu, jembatan belly hilir dan elektrikal,”imbuhnya.

Basuki Hadimuljono menyinggung jika Bupati Bojonegoro periode 2018-2023, Anna Mu’awanah telah berupaya gigih mengakomodir kebutuhan masyarakat dengan dibangunnya bendungan Karangnongko.

Menurutnya, wilayah sekitar bendungan Karangnongko daerah kering kerontang. Sehingga, masyarakat butuh air dan konektivitas untuk kesejahteraan.

Sementara Pj Bupati Bojonegoro, Adriyanto, mengatakan jika bendungan Karangnongko merupakan masa depan Bojonegoro. Karena Bojonegoro dengan struktur ekonominya menjadi salah satu urat nadi di sektor pertanian.

“Mudah-mudahan pelaksaan proyek bendungan bisa berjalan lancar dan menjadi modal anak-anak muda di Bojonegoro dan Blora,”tukasnya saat memberi sambutan.

Baca Juga :  Pemkab Bojonegoro Sukses Gelar Lomba Masak Nasgor, Berikut Nama-nama Pejabat Pemenangnya

Terpisah, Mensesneg, Praktikno, menegaskan jika inti kemakmuran rakyat itu air dan konektivitas. Oleh karena itu, dengan adanya air dari Bendungan Karangnongko diharapkan bisa mengembangkan potensi agrobisnis.

“Dengan adanya agrobisnis yang dikembangkan bisa menyerap hasil pertanian warga sekitar,” pungkasnya.

Untuk diketahui, manfaat Bendungan Karangnongko diantaranya mensuplai air irigasi seluas 6.950 hektar dengan potensi lahan seluas 158 ribu hektar. Selain itu untuk air baku untuk wilayah Ngawi, Blora, Bojonegoro, Tuban sekitar 1,15 meter kubik per detik. Manfaat lainnya untuk pembangkit listrik 1 MWatt.

Sementara area genangan tersebar di Desa Ngelo dan Kalangan Kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, Desa Mendenrejo, Megeri, Ngeblak, Ngrawoh, Nginggil, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melepas peserta studi banding Perkumpulan Disabilitas Kabupaten Bojonegoro (PDKB), Rabu (15/5/2024) di Pendopo Malowopati. Para peserta akan belajar berbagai...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Dalam rangka persiapan pelaksanaan Anugerah Patriot Jawi Wetan II (APJW), Pemkab Bojonegoro menargetkan bisa masuk 5 (lima) besar nominasi desa/kelurahan terbaik se-...

UKM/UMKM

Bojonegoro.com – SOLO- Ibu Pj. TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kab. Bojonegoro, Dian Adiyanto Adriyanto turut menghadiri acara puncak Tasyakuran HUT Dekranasda Ke-44 dan...

Kabar

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro secara masif menyebarluaskan informasi terkait pangkalan LPG 3 kg bersubsidi. Langkah ini untuk memudahkan masyarakat mengetahui lokasi pangkalan yang...

X