Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Peringatan Hari Anak Nasional, Dinas P3AKB Bojonegoro Selenggarakan Sosialisasi Wujudkan Satuan Pendidikan Ramah Anak Lingkup Pondok Pesantren.

IMG 20220810 WA0028

Bojonegoro.com – Peringatan Hari Anak Nasional diperingati sebagai bentuk kepedulian terhadap anak-anak Indonesia dalam pemenuhan haknya. Dikutip dari buku pedoman HAN 2022, hak anak yakni hak hidup, tumbuh, berkembang serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan deskriminasi. Sehingga kelak anak-anak indonesia dapat menjadi generasi emas yang berkarakter dan memegang peranan strategis untuk kedepannya.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengangkat tema Hari Anak Nasional 2022 yakni “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” Tema tersebut diangkat karena di era pasca pandemi covid 19 ini membuat perubahan pola kehidupan anak mengalami berbagai penyesuaian. Penyesuaian tersebut seperti dalam kehidupan bermasyarakat, belajar dan pemanfaatan waktu luang sesuai dengan protokol kesehatan.

Dalam rangka memperingati hari anak nasional 2022, Dinas P3AKB Bojonegoro selenggarakan sosialisasi untuk mewujudkan satuan pendidikan ramah anak lingkup pondok pesantren. Kegiatan berlangsung di Pendopo Malowopati jalan Mastumapel Bojonegoro, Rabu, 10/0/2022.

Kepala Dinas P3AKB Heru Sugiharto menyampaikan maksud dilaksanakannya sosialisasi ini adalah upaya dalam pembentukan dan pengembangan pondok pesantren menjadi pesantren yang ramah anak serta dapat memberikan pendidikan formal, nonformal serta informal untuk anak-anak.

Turut hadir sebagai narasumber, diantaranya adalah fasilitator satuan pendidikan ramah anak dinas P3AK Prov Jawa Timur, kepala kantor kemenag bojonegoro, dan dihadiri penanggung jawab dan pengurus ponpes yang ada di bojonegoro. Heru menambahkan dengan diadakannya sosialisasi ini diharapkan penanggung jawab, pengurus ponpes mempunyai pengetahuan dan pemahaman tentang hak anak, pencegahan dan penanganan angka kekerasan terhadap anak, serta mempunyai persamaan presepsi tentang pelaksanaan pengembangan ponpes ramah anak.

Dalam arahannya Bupati Anna mengatakan tentang tantangan ponpes di zaman ini sangat berbeda, saat ini ponpes memiliki daya tarik tersendiri bagi orang tua murid yang menaruh harapan untuk pendidikan anak. Selain dianggap melahirkan generasi yang cerdas secara intelektual, namun juga melahirnkan generasi yang cerdas secara emosional dan spiritual. Pemkab akan mendukung dan mendorong ponpes diberbagai bidang untuk ciptakan pendidikan yang ramah diantaranya adalah penataan pendidikan, penataan bangunan, serta penataan lingkungan. Kedepan Pemkab juga akan menyentuh ponpes agar dapat merasakan program dana abadi pendidikan daerah, Serta innovasi teknologi pendidikan khususnya mini studio untuk pengajaran kitab kuning, tambah Bupati.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

UKM/UMKM

Bojonegoro.com – SOLO- Ibu Pj. TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kab. Bojonegoro, Dian Adiyanto Adriyanto turut menghadiri acara puncak Tasyakuran HUT Dekranasda Ke-44 dan...

Kabar

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro secara masif menyebarluaskan informasi terkait pangkalan LPG 3 kg bersubsidi. Langkah ini untuk memudahkan masyarakat mengetahui lokasi pangkalan yang...

Kabar

Bojonegoro.com  – Guna mendukung kelancaran dan keberhasilan Konferensi Tingkat Tinggi World Water Forum (WWF) Ke-10 di Bali, Satlantas Polres Bojonegoro mengirim 8 personel sebagai...

Kesehatan

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian bekerjasama dengan TP PKK Kabupaten Bojonegoro mengadakan Lomba Cipta Menu Tahun 2024 denga...

X