Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kabar

Peringatan Hari Santri Nasional, Bupati Salurkan DAK Madrasah Aliyah Pesantren dan Himbau Santri Lebih Displin Dalam Protokol Kesehatan.

Peringatan Hari Santri Nasional, Bupati Salurkan DAK Madrasah Aliyah Pesantren dan Himbau Santri Lebih Displin Dalam Protokol Kesehatan.

BOJONEGORO– Puncak Peringatan Hari Santri Nasional 2020 kali ini peringati ditengah Pandemi covid-19 dengan penuh kesederhanaan. Bertempat di pendopo Kabupaten, Upacara peringatan HSN oleh Pemerintah Daerah Bojonegoro dilaksanakan dengan penuh kesederhanaan namun tanpa meninggalkan kekhidmatan dan essensi Hari Santiri.

Peringatan HSN  dihadiri oleh Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Muawanah, Ketua DPRD Bojonegoro, Kapolres Bojonegoro, Kepala kejaksaan, dan perwakilan Pengadilan Negeri Bojonegoro. Turut diundang juga seluruh Ketua Pondok pesantren,Kepala OPD, dan Satuan kerja Kementerian agama Bojonegoro.

Upacara peringatan HSN juga diikuti oleh camat berserta lurah dan kepala desa yang tersebar di 28 Kecamatan secara Virtual.

Dalam sambutannya Bupati Anna Muawanah menyampaikan Santri mempunyai hari yang sangat istimewa dengan ditetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari santri Nasional. Dalam kesempatan itu pula Bupati juga menyampaikan di Bojonegoro Sekolah Berbasic agama (MI,MTsN) jumlahnya lebih banyak dari pada sekolah umum, maka berdasarkan data dan kebutuhan masyarakat, maka pemkab akan memberikan pelayanan terbaik dengan menerbitkan Perda tentang sistem pendidikan.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan Hari Santri Nasional mengusung tema Santri Sehat Indonesia Kuat, Keselamatan santri menjadi hal yang paling utama, Maka saya berharap di tengah Pendemi Covid-19 santri dan pesantren untuk lebih menjaga kesehatan dengan displin memberlakukan protokol Covid-19. Hari santri kali ini adalah momentum para santri dan pesantren untuk lebih dispilin menerapkan Protokol kesehatan agar kita semua mampu melalui masa pandemi ini, jelas bupati dalam sambutannya.

Sebagai bentuk perhatian untuk santriwan dan santriwati Pemkab Bojonegoro mengeluarkan Kebijakan untuk pendidikan pondok pesantren, dalam hal ini Pemkab Bojonegoro telah memberikan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk madrasah Aliyah di pondok pesantren Bojonegoro agar keberlangsungan pesantren berjalan dengan lebih baik.

Baca Juga :  Cegah Kejahatan Jalanan, Polres Bojonegoro Gelar Patroli Skala Besar

Bupati juga mengingatkan dan menghimbau agar para santri mampu menjaga kedispilinan, karena kedispilinan sudah diajarkan sejak dini di pondok pesantren, terkhusus untuk pengasuh pondok pesantren, Bupati berpesan, pesantren harus mampu merubah kesan pesantren yang kumuh dan tidak sehat menjadi pesantren yang bersih sehat dan disiplin.

Rangkaian Peringatan Hari Santri Nasional diisi dengan penyerahan hadiah dan piala oleh Bupati dan Forkompinda kepada para pemenang lomba Hadrah, lomba Kaligrafi dan lomba da’i cilik yang telah dilaksanakan pada tanggal 29 September hingga 15 Oktober yang lalu.

peringatan hari santri nasional bupati salurkan dak madrasah aliyah pesantren dan himbau santri lebih displin dalam protokol kesehatan 2

Kapolres Bojonegoro AKBP M Budi Hendrawan Sik.MH menyerahkan piala kepada pemenang lomba dalam rangkaian HSN 2020.

Hari Santri Nasional pun dituangkan ke dalam Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 yang ditandatangani di Masjid Istiqlal,Jakarta. Dengan begitu, masyarakat bisa kembali mengingat perjuangan dan meneladankan semangat jihad para santri yang digelorakan para ulama. Setiap tanggal 22 Oktober diperingati sebagai hari Santri Nasional.

Peringatan ini menjadi hal yang penting karena tujuannya untuk mengingatkan masyarakat tentang resolusi jihad KH Hasyim Asyari yang kala itu menjabat sebagai Rais Akbar PBNU memutuskan untuk melakukan resolusi jihad melawan pasukan kolonial di Surabaya, Jawa Timur. Keputusan itu ditetapkan setelah mendengar tentara Belanda yang berupaya kembali menguasai Indonesia dengan membonceng sekutu.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Olahraga

Bojonegoro.com – Dalam perjalananya mengarungi liga 3 PSSI Jatim,  Tim kesebelasan Sepak bola kebanggaan warga kota Bojonegoro Persibo kembali menjalani Pertandingan Uci coba melawan...

Olahraga

Bojonegoro.com – Perhelatan akbar Pekan Olah Raga Dan Seni (Porseni) tingkat Madrasah Aliyah Se-Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 usai digelar. Ajang bergengsi yang diikuti...

Ekonomi

Bojonegoro.com – Selain menggelar kontes dan pameran ternak, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) juga membuka pameran olahan hasil peternakan...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Sebagai upaya meningkatkan pelayanan publik, Pemkab Bojonegoro mengikuti gelar pameran dan simposium inovasi pelayanan publik Jawa Timur tahun 2023 di Jatim Park...

X