Connect with us

Hi, what are you looking for?

Peristiwa

Peringati Hari Kemerdekaan, Warga Samin Bentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 78 Meter di Bukit Palkarep

IMG 20230817

Bojonegoro.com – Seluruh Rakyat Indonesia pada hari ini, tanggal 17 bulan Agustus semua memperingati HUT ke 78 Republik Indonesia, tidak terkecuali Masyarakat Samin yang ada di Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro. Bertempat di pelataran patung Samin Suro Sentiko mereka menggelar upacara Bendera guna memperingati Hari Ulang Tahun Ke 78 RI. Kamis, 17/8/ 2023.

Upacara dihadiri oleh forkompimcam dan semua jajarannya.  Siswa siswi sekolah yang ada di Margomulyo, Mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Jogjakarta, pemerhati Ajaran Samin, perguruan silat,  tokoh agama, tokoh masyarakat dan  warga Samin tentunya. Dipercaya sebagai inspektur upacara adalah Sudarta SH.MM selaku Sekretaris kecamatan Margomulyo.

Yang menarik dari peringatan HUT tahun ini adalah terdapat prosesi arak-arakan bendera merah putih dengan panjang mencapai 78 meter, sesuai angka kemerdekaan RI. Bendera panjang itu diserahkan langsung oleh Bambang Sutrisno selaku yang dituakan di Warga Samin kepada panitia pelaksana. Kemudian para siswa SMA, SMP Negeri Margomulyo, BKP, dan semua peserta upacara berjalan mengarak menuju Palkerep dengan jarak tempuh sekira 4 Km. Lalu bendera tersebut dibentangkan di bukit Palkerep.

Bambang Sutrisno generasi ke 5 Samin kepada awak media mengaku bahwa bendera merah putih dengan panjang 78 meter tersebut adalah hasil dari jahitannya sendiri.

” Kegiatan memperingati Hari Ulang Tahun RI sudah menjadi agenda tahunan kami, setiap tahun kami menggelar upacara bendera sebagai bukti kami berkhidmat kepada NKRI, Tahun lalu ada pembagian 1000 bendera, dan untuk tahun ini kami buat dan memasang bendera sepanjang 78 meter,” Jelasnya.

Bendera di pasang di bukit Palkerep dengan disertakan “Pitutur Kebangsaan Samin” yang tertulis “Ojo Waton Ngomong, NKRI Butuh Bukti,” yang artinya Jangan Asal Bicara NKRI membutuhkan Bukti.

Nampak seluruh Warga Samin tumpah ruah dalam mengikuti upacara dan arak-arakan bendera, hal ini dikarenakan warga Samin mematuhi salah satu ajarannya yaitu Nunggak Semi Manunggaling Roso Ucap lan Laku.  Hal ini menjadi bukti warga Samin selalu taat dan patuh akan ajaran leluhurnya.

Manunggalnya Rasa Ucap dan Laku bisa kita lihat hari ini dengan ditunjukkannya antusias warga bergotong royong “nyengkuyung” kegiatan hari ini. Pungkas Bambang.

Sementara itu Dyah Dyah Enggarini Mukti camat Margomulyo menyampaikan apresiasinya atas berlangsungnya kegiatan peringatan HUT ke 78 RI yang diselanggarakan oleh warga Samin, ini menjadi bukti bahwa Warga Samin adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, kecintaan dan perjuangan Samin dengan saminisme telah menjadi catatan sejarah, yaitu saat melakukan perlawanan kepada penjajah di massa kolonial Belanda, dan anak cucu mereka mewarisi semangat leluhurnya, jelas Enggar.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Kabar

Bojonegoro.com – Para kader penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Bojonegoro mendapat pelatihan pengolahan pangan alternatif berbahan dasar tepung mocaf atau tepung dari...

Kabar

Bojonegoro.com  – Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke – 78 Tahun 2024, Polres Bojonegoro menyalurkan bantuan sosial (Bansos) bagi masyarakat yang membutuhkan di sekitaran...

Kabar

Bojonegoro.com  – Polres Bojonegoro melalui Sat Samapta menyalurkan bantuan sosial (Bansos) kepada anak yatim piatu dan warga yang membutuhkan dalam rangka menjelang Hari Bhayangkara...

Kabar

Bojonegoro.com  – Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke – 78 Tahun 2024, Polres Bojonegoro kembali salurkan bantuan sosial (Bansos) berupa paket sembako kepada warga...

X