Connect with us

Hi, what are you looking for?

Olahraga

Pertandingan Persibo di Liga 3 Kapal Api Sumbang PAD 220 Juta lebih

IMG20231213151557

Bojonegoro.com – Jargon Persibo Naik Kasta Liga 2 bukan isapan jempol belaka, hal itu bisa dilihat dari keseriusan manajemen baru Persibo Bojonegoro dalam kemudi Chief Executive Officer (CEO) Eko Setyawan yang bertekad membangkitkan kembali tim kebanggaan masyarakat untuk promosi naik kasta Liga 2 2024/2025.

Hal itu dibuktikan dengan kembali ditunjuknya Persibo menjadi tuan rumah babak 28 besar Liga 3 Kapal Api PSSI Jatim 2023 yang akan berlangsung mulai 7 Januari 2024 mendatang.

“ Dipercayanya kembali Persibo menjadi tuan rumah 28 besar adalah rejeki bagi masyarakat sekitar khususnya pedagang sekitar stadion, sepanjang gelaran babak penyisihan putaran 1 dan putaran 2 berlangsung berdampak positif bagi perekonomian kami,” ungkap Sugeng, salah satu pemilik warung yang ada di depan stadion, Sabtu (23/12/2023).

Begitu juga dengan Parno, seorang pedagang asongan mangkal di Stadion Letjend H. Soedirman (SLS) saat Persibo bertanding. Dirinya dan teman-teman merasa sangat terbantu saat ada pertandingan bol, kami berterima kasih kepada semua pihak dimana Persibo kembali menjadi tuan rumah.

” Terima kasih kepada Panpel Persibo kami dipermudah untuk berdagang, Alhamdulillah hasilnya bisa untuk menghidupi keluarga” tutur Parno

Diperkirakan, saat Persibo bertanding lebih dari Rp. 760 juta uang berputar di Kabupaten Bojonegoro mulai dari pemasukan asongan yang ada di dalam maupun di luar stadion sekitar Rp. 60 juta. Jasa parkir di luar area stadion Rp. 20 juta, pemasukan warung sekitar stadion Rp. 30 juta, warung dan kafe di dalam kota Rp 50 juta, perputaran sektor lainnya Rp.100 juta, sewa hotel, makan, hingga kebutuhan lainya tim luar kabupaten yang bertanding sekitar Rp. 500 juta. Tentu menjadi gairah kebangkitan ekonomi bagi Kabupaten Bojonegoro.

Baca Juga :  Pemkab Bojonegoro Gelar Nobar, The Giant Killer Ditundukkan Farmel si Anak Bawang di Liga 3 Putaran Nasional 2023-2024

Selain dirasakan secara langsung masyarakat kecil, Panitia Pelaksana Persibo juga telah menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan membayar sewa stadion sebesar Rp. 180 juta untuk pertandingan penyisihan Group N. Diantaranya dengan membayar Rp. 30 juta setiap pertandingan, selama 6 (enam) kali. Termasuk biaya pertandingan ujicoba dan latihan lebih dari Rp. 15 juta hingga pajak tiket sebesar Rp. 28,6 juta.

“Total yang sudah kami bayarkan ke Pemkab Bojonegoro lebih dari Rp. 220 juta per tanggal 22 Desember 2023, semuanya sudah kami bayarkan,” ucap Lasmiran, Ketua Panpel Persibo.

Menurut pria yang akrab dipanggil Ambon ini, sekelas Liga 3 sebagai kompetisi yang tergolong amatir tentu biaya tersebut dirasa sangat mahal dan berat. Menurutnya sewa Stadion SLS untuk Liga 3 Amatir berkategori termahal dari seluruh wilayah Indonesia, bahkan lebih mahal dari sewa stadion beberapa klub professional Liga 1 dan Liga 2 di Indonesia.

“Kami berharap, Pemkab dan DPRD Bojonegoro memiliki solusi sewa stadion SLS. Ini penting bagi Persibo yang sedang berjuang naik kasta dan selalu ingin menjadi tuan rumah, agar para pendukungnya tidak jauh-jauh untuk menonton. Juga tak menutup kemungkinan, jika tak ada solusi, tentu Panpel akan mempertimbangkan mencari alternatif stadion lainnya diluar Kabupaten Bojonegoro,” tutur Ambon.

Pihaknya mengakui telah berkoordinasi dengan Ketua Panpel Persela Lamongan yang menggunakan Stadion Bumi Wali Tuban, karena biaya sewa hanya Rp.10 juta saat melawan Persipa Pati di pertandingan Liga 2 yang tentu sudah profesional.

“Sehingga sangat mungkin kita akan mencari kendang diluar Kabupaten Bojonegoro untuk menjadi tuan rumah 28 besar Liga 3 Jatim maupun tuan rumah lainnya,” pungkasnya. (*/Red)

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Olahraga

Bojonegoro.com – Pemkab Bojonegoro menggelar nonton bareng (Nobar) final Liga 3 2023-2024 putaran Nasional dimana mempertemukan Persibo Bojonegoro melawan Adhyaksa Farmel FC, kegiatan dilaksanakan...

Olahraga

Bojonegoro.com  –  Brigadir Lhinda Rahmawati seorang polisi wanita (Polwan) dari polres Bojonegoro, wanita cantik berkaca mata ini juga merupakan seorang atlet Karate. Penampilannya nampak...

Pendidikan

Bojonegoro.com – Roadshow Bus KPK  Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi Tahun 2024 mengunjungi Kabupaten Bojonegoro pada tanggal 6-9 Juni, di hari ke 2 anak-anak...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Sesi kelas pengembangan brand UMKM menjadi bagian yang menarik perhatian dalam rangkaian acara Pekan Batik Daerah Budaya Bangsa yang digelar oleh Pemerintah...

X