Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

PIP, Kemendikbudristek Himbau Keterlibatan Masyarakat Dalam Dukungan dan Pengawasan

Bojonegoro.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengimbau masyarakat ikut dilibatkan dalam proses mendukung pelaksanaan dan pengawasan Program Indonesia Pintar (PIP). Hal ini untuk mendukung pelaksanaan wajib belajar 12 tahun.

Imbauan itu tertuang dalam surat edaran Kemendikbudristek nomor 17838/A.J5/DM.00.03/2022. Surat itu ditujukan kepada gubernur, bupati dan wali kota di seluruh Indonesia.

Menurut Sekjend Kemendikbudristek Suharti, sebagaimana tertulis dalam surat, Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan program prioritas nasional, yang bertujuan untuk membantu memenuhi biaya personal pendidikan peserta didik. Hal ini dalam rangka meningkatkan akses bagi anak usia 6 sampai 21 tahun dari keluarga miskin/rentan miskin untuk mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat satuan pendidikan menengah.

Sasaran PIP per tahun anggaran adalah sebanyak Rp 17,9 juta peserta didik dari jenjang SD, SMP, SMA dan SMK atau sederajat. Guna mendukung ketepatan sasaran penerima PIP, Kemendikbudristek mendorong Dinas Pendidikan agar berkoordinasi dengan Dinas sosial, Dinas Kependudukan dan catatan sipil, guna memutakhirkan data.

“Melaksanakan sosialisasi PIP ke seluruh lapisan masyarakat, khususnya dari keluarga miskin/rentan miskin dan mengikutsertakan peran dari seluruh elemen masyarakat dalam mengawasi penyaluran dana PIP,” katanya sebagaimana tertulis dalam surat.

Selain itu, kepala daerah juga diminta terus melakukan monitoring guna mengurangi resiko terhadap potensi penyelewengan serta tindak pidana korupsi dana PIP khususnya ditingkat satuan pendidikan.

Guna membantu pelaksanaan dan pengawasan tersebut, Kemendikbudristek menampilkan informasi perkembangan penyaluran dana PIP pada laman web aplikasi SIPINTAR (pip.kemendikbud.go.id) yang dapat diakses menggunakan akun yang telah diberikan ke Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota.(ai/nn)

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Olahraga

Bojonegoro.com  –  Brigadir Lhinda Rahmawati seorang polisi wanita (Polwan) dari polres Bojonegoro, wanita cantik berkaca mata ini juga merupakan seorang atlet Karate. Penampilannya nampak...

Olahraga

Bojonegoro.com  – Even Kemala Run 2024 yang diselenggarakan oleh Bhayangkari dan Yayasan Kemala Bhayangkari Pusat dan diikuti 10.000 peserta baik dari Nasional maupun Internasional...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – BLITAR -, Puncak Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Ke- XXI dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-21 Provinsi Jatim Tahun...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Penjabat (Pj) Bupati Bojonegoro Adriyanto mengukuhkan 408 kepala desa (kades) yang mendapatkan perpanjangan masa jabatan. Kegiatan digelar Senin (10/6/2024) di Pendopo Malowopati...

X