Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kabar

Pj Bupati Bojonegoro Hadiri Peringatan Penyandang Disabilitas Internasional 2023

IMG 20231204 WA0012

Bojonegoro.com – Hari Penyandang Disabilitas Internasional 2023 diperingati pada 3 Desember 2023. Peringatan ini sebagai langkah kepedulian terhadap para penyandang disabilitas di dunia. Mereka adalah individu dengan hak sama seperti manusia lainnya dan tidak untuk didiskriminasikan.  Peringatan HDI juga digelar di Bojonegoro, bertempat di alun-alun kota Minggu (3/12/2023). Acara tersebut dihadiri Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto.

Peringatan HDI ini sebagai sarana bersama untuk menunjukkan eksistensi difabel serta menggalang solidaritas terhadap pemenuhan hak dan kesetaraan bagi difabel.

Ketua National Paralympic Commite Indonesia (NPCI) Kabupaten Bojonegoro Suraji menjelaskan, kegiatan ini bertujuan mengenalkan kepada masyarakat bahwa di Bojonegoro banyak Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) yang memiliki talenta. Selain itu, juga hendak menunjukkan karya keterampilan dan seni PDBK.

Tak hanya itu, kata Suraji, PDBK berkesempatan unjuk kemampuan seni dan kreativitas, serta menginformasikan bahwa PDBK memiliki banyak prestasi tingkat regional maupun nasional.

“Juga mensosialisasikan kepada stakeholder Bojonegoro bahwa PDBK ini adalah bagian dari anak bangsa Indonesia yang mempunyai hak dan kedudukan yang sama,” pungkasnya.

HDI, lanjut dia, telah dicanangkan oleh PBB. Hal ini berlangsung selama beberapa dekade dan telah berdampak positif terhadap perhatian berbagai pihak internasional pada isu disabilitas.

Salah satu mild stone yang menjadi tonggak keberhasilan advokasi isu-isu disabilitas di dunia internasional, adalah dengan disahkannya konvensi internasional hak difabel atau ”Convention On The Rights of Persons With Disabilities”. Hal ini dibidangi oleh Disabled People International (DPI).

DPI sendiri merupakan organisasi internasional difabel, serta kelompok organisasi difabel internasional lainnya yang dengan komitmen tinggi telah mendorong proses lahirnya konvensi tersebut.

Lebih lanjut, Suraji menuturkan seiring dengan bergulirnya isu disabilitas di tingkat internasional, di Indonesia sendiri, pergerakan disabilitas telah berlangsung cukup lama. Disahkannya UU Nomor 4 Tahun 1997 tentang penyandang cacat, serta lahirnya berbagai kebijakan terkait dengan disabilitas di berbagai daerah merupakan salah satu bukti keberhasilan pergerakan tersebut.

Baca Juga :  Satresnarkoba Polres Bojonegoro Salurkan Puluhan Paket Sembako untuk Warga Kurang Mampu

“Acara tadi dibuka dan diberangkatkan oleh Bapak Pj Bupati Bojonegoro. Rutenya sepanjang Jalan Mas Tumapel mulai pukul 05.30 WIB sampai selesai. Ini acara PK-PLK Kabupaten Bojonegoro,” pungkasnya.

Suraji berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman mengenai isu-isu disabilitas dan memobilisasi dukungan terhadap martabat, hak-hak, dan kesejahteraan para penyandang disabilitas di masyarakat.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA) Bojonegoro menyelenggarakan rapat pembahasan draft nota kesepakatan bersama dengan BBWS Solo...

UKM/UMKM

Bojonegoro.com – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bojonegoro menggandeng para UKM pada Pameran The 24ʳᵈ Jakarta Internasional Handicraft Trade Fair (Inacraft) yang digelar...

UKM/UMKM

Bojonegoro.com – Pameran The 24ʳᵈ Jakarta Internasional Handicraft Trade Fair (Inacraft) membawa berkah bagi para pelaku usaha kreatif di Bojonegoro. Pada hari kedua pameran,...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3AKB) menggelar rapat evaluasi dan persiapan penilaian Kabupaten Layak Anak...

X