Connect with us

Hi, what are you looking for?

Politik dan Pemerintahan

Pj Bupati Bojonegoro Pimpin Apel Hari Kesiapsiagaan, Tekankan Tindakan Cepat, Aman, dan Akurat dalam Penanggulangan Bencana

Qg220UipEmvbsXR6

Bojonegoro.com – Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto menekankan tindakan cepat, aman, akurat, serentak, dan sinergi dalam penanggulangan bencana. Pj Bupati juga menekankan sinergi dengan berbagai pihak terkait tindakan preventif, penyelamatan, dan tindakan rehabilitatif. Penekanan ini disampaikan dalam giat apel pasukan Hari Kesiapsiagaan tahun 2024 di Jl. Mas Tumapel Bojonegoro, Selasa (30/4/2024).

Dalam arahannya, Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto menyampaikan bahwa Indonesia memiliki kondisi geografis dan geologi yang rawan bencana. Selama tahun 2023, tercatat 5.400 kejadian bencana yang didominasi bencana hidrometeorologi. Selain itu, banyaknya kecamatan di Kabupaten Bojonegoro yang masih memiliki Indeks risiko bencana tingkat tinggi, juga menuntut upaya penanggulangan bencana yang lebih cermat dan inovatif.

“Di sinilah segenap pemangku kepentingan, baik pusat maupun daerah, dituntut untuk berkomitmen dan meningkatkan kapasitasnya, guna melindungi masyarakat dari risiko bencana,” ucapnya.

Lebih lanjut, Pj Bupati Adriyanto menjelaskan bahwa selaras dengan upaya ini, penurunan risiko bencana sepatutnya menjadi salah satu indikator kinerja kepala daerah. Sebab, mitigasi dampak bencana di daerah tentu akan turut memastikan kecukupan pangan, pendidikan, dan kesehatan masyarakat, serta keberlanjutan lingkungan hidup, yang akan bermuara pada peningkatan perekonomian lokal dan kesejahteraan masyarakat.

“Maka saya tekankan bahwa dalam penanggulangan bencana, berbagai tindakan preventif, penyelamatan, dan rehabilitatif, harus dieksekusi secara sinergis, serentak, cepat, aman dan akurat,” jelasnya.

Kolaborasi bersama lintas sektor dan lintas wilayah dalam penanggulangan bencana, lanjut dia, juga perlu dilaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan. Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati meminta pengembangan teknologi dan inovasi dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Bojonegoro terus dioptimalkan.

“Dorong integrasi teknologi dan inovasi berbasis data yang valid, sebagai kunci terwujudnya efektifitas dan efisiensi aksi dini dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana,” tuturnya.

Baca Juga :  Pemkab Bojonegoro Gelar Upacara Harkitnas, Tumbuhkan Semangat Nasionalisme Menuju Indonesia Emas

Masih dalam kesempatan yang sama, Pj Bupati menyampaikan beberapa hal untuk menjadi perhatian ke depan, diantaranya mengembangkan industrialisasi penanggulangan kebencanaan dengan penerapan teknologi dan inovasi. Selain itu juga melakukan pemetaan risiko bencana secara tepat dan valid, perkuat pelayanan kebencanaan, menerapkan kebijakan dan upaya pemulihan pasca bencana.

“Juga susun dan rencanakan pembiayaan kegiatan penanggulangan bencana secara integratif dan tidak tumpang tindih,” pungkasnya.

 

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melepas peserta studi banding Perkumpulan Disabilitas Kabupaten Bojonegoro (PDKB), Rabu (15/5/2024) di Pendopo Malowopati. Para peserta akan belajar berbagai...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Dalam rangka persiapan pelaksanaan Anugerah Patriot Jawi Wetan II (APJW), Pemkab Bojonegoro menargetkan bisa masuk 5 (lima) besar nominasi desa/kelurahan terbaik se-...

UKM/UMKM

Bojonegoro.com – SOLO- Ibu Pj. TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kab. Bojonegoro, Dian Adiyanto Adriyanto turut menghadiri acara puncak Tasyakuran HUT Dekranasda Ke-44 dan...

Kabar

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro secara masif menyebarluaskan informasi terkait pangkalan LPG 3 kg bersubsidi. Langkah ini untuk memudahkan masyarakat mengetahui lokasi pangkalan yang...

X