Connect with us

Hi, what are you looking for?

Politik dan Pemerintahan

Pj Bupati Bojonegoro Tekankan Gali Potensi Baru Wilayah dalam Konsultasi Publik RDTR Sumberrejo 

DP98szXvmS1UfMZA

Bojonegoro.com – Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto menekankan sinergi antar bidang dalam penetapan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR). Hal itu untuk mewujudkan ketahanan lingkungan, ekonomi, sosial dan energi. Selain itu juga perlu menggali potensi wilayah untuk kemajuan daerah.

Penegasan ini disampaikan Pj Bupati Adriyanto dalam kegiatan konsultasi publik 2 RDTR perkotaan Sumberrejo and Kajian lingkungan hidup strategis (KLHS) RDTR perkotaan Sumberrejo. Acara digelar Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Penataan Ruang Bojonegoro di gedung Angling Dharma Lt. II Gedung Pemkab, Senin (20/11/2023).

Selain Pj Bupati Adriyanto, hadir pula Sekretaris Daerah Bojonegoro Nurul Azizah, Kepala Dinas PU Bina Marga dan Penataan Ruang Retno Wulandari, Camat Sumberrejo, Camat Balen, Kepala OPD terkait, dan perwakilan tokoh masyarakat.

Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan konsultasi publik 2 ini untuk membahas RDTR dalam mengantisipasi perubahan penataan kota Bojonegoro khususnya di wilayah Sumberrejo. Di samping itu juga untuk mendetailkan setiap lokasi atau wilayah yang masuk RDTR.

“Harus saling bersinergi dan berkorelasi baik dengan ketahanan lingkungan, ekonomi, sosial dan ketahanan energi,” ucapnya.

Lebih lanjut, Pj Bupati Adriyanto menjelaskan bahwa secara ekonomi Kabupaten Bojonegoro masih tergantung pada hasil minyak dan gas. Maka, dengan momen ini dapat mencari masukan cara menggali potensi baru di masing-masing wilayah.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Bojonegoro Nurul Azizah menambahkan bahwa potensi wilayah Kecamatan Sumberrejo adalah fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan, dan pergerakan ekonomi yaitu pasar. Selain itu, Sumberrejo juga memiliki industri pertanian dan juga industri rokok. “Potensi ini dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk menunjang wilayah tersebut menjadi lebih baik lagi,” ungkapnya.

Sekda Nurul Azizah juga mengatakan beberapa tantangan yang perlu diantisipasi. Diantaranya wilayah rawan kekeringan, dan sambungan rumah PDAM belum merata. “Maka dari itu, peserta diharapkan memberikan masukan sesuai kondisi fakta yang bisa dikembangkan sebagai langkah kedepan,” harapnya.

Baca Juga :  DPMPTSP Bojonegoro Gelar Penandatanganan Kontrak Kerjasama Pelayanan di MPP, Perizinan Semakin Terintegrasi

Dalam kesempatan sama, Kepala Dinas PU Bina Marga dan Penataan Ruang Bojonegoro Retno Wulandari menambahkan konsultasi publik 2 ini untuk mendapatkan masukan dan penajaman terhadap hasil prosesi RDTR yang meliputi Kecamatan Sumberrejo dan Kecamatan Balen.

“Untuk hasil akhir RDTR akan diintegrasikan dalam sistem online yaitu Online Single Submission atau (OSS) sebagai acuan perizinan dan usaha di perkotaan Sumberrejo,” imbuhnya. (*)

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Ekonomi

Bojonegoro.com – Pegiat dan pecinta bonsai di kabupaten Bojonegoro Jawa timur tergolong besar, hal itu bisa diketahui dari setiap ada pemeran bonsai selalu dipadati...

Kabar

Bojonegoro.com – Dalam rangka menyambut Hari Kartini yang ke-145, Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3AKB) akan menggelar lomba...

Kabar

Bojonegoro.com  – Sebagai upaya memperkuat tali silaturrahim, Pemkab Bojonegoro menggelar halal bihalal bersama aparatur sipil negara (ASN) di halaman Pendopo Malowopati, Rabu (17/04/2024). Dalam...

Kabar

Bojonegoro.com  – Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan profesionalitas anggota Polri dalam melaksanakan tugas khususnya personel Sat Samapta, Polres Bojonegoro menggelar Pelatihan Fungsi Teknis Samapta...

X