Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
Program Makanan Bergizi Rantang Kasih Moe Masih Bisa Dinikmati Lansia Bojonegoro

Kabar

Program Makanan Bergizi Rantang Kasih Moe Masih Bisa Dinikmati Lansia Bojonegoro

Bojonegoro.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang berada disetiap desa telah menjalankan program kemanusiaan yang diberi nama ‘Rantang Kasih Moe’.

Melalui Program Rantang Kasih Moe ini, Pemkab Bojonegoro memberikan makanan bergizi secara gratis kepada warga miskin, terutama warga yang telah lanjut usia (lansia).

Kegiatan yang di laksanakan setiap Jumat ini telah berjalan dari awal 2020 hingga saat ini, dan terus dilakukan diseluruh desa yang ada di Bojonegoro.

Menurut Kasi Pelayanan Umum Kecamatan Baureno, Eko Subandrio, bahwa pemberian makanan kepada lansia tersebut dijalankan langsung oleh masing-masing desa melalui anggota PKK.

“Desa yang menyuplai semua makanan dari desa, kecamatan hanya sebagai perantara untuk pencairan dana dari pemerintah kabupaten,” jelasnya, Selasa (30/03/2021).

Masih dalam penjelasannya, setiap desa akan mendapatkan anggaran yang sama yaitu sebesar Rp 500 ribu, dan setiap desa akan memilih 10 lansia untuk mendapatkan Rantang Kasing Moe.

“Untuk satu desa itu mendapatkan jatah 500 ribu untuk 10 orang, dan satu orang itu dapat 50 ribu, dan di Kecamatan Baureno ini ada 25 desa,” katanya.

Pemberian Rantang Kasih Moe ini diberikan dua kali yaitu pagi dan sore setiap Jumat, dengan mengikuti arahan menu yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten.

“Mungkin pagi kalau sayur bayam itu harus dengan pepes pindang dengan susu. Lalu minggu depannya lagi daging, buahnya semangka atau jeruk, ada susunya. Karena lansia kan harus ada gizi,” tambahnya.

Lebih lanjut Eko menyampaikan, jika dalam satu tahun ada satu dari sepuluh lansia tersebut meninggal dunia, tidak bisa langsung diganti dengan lansia yang lain, melainkan harus menunggu tahun berikutnya.

“Tetap kita cairkan sembilan untuk desa tersebut, tidak langsung diganti, karena itu SK Bupati jadi harus menunggu tahun selanjutnya,” jelas Eko.

Baca Juga :  Pengurus Bojonegoro Kampung Pesilat Menyampaikan Permintaan Maaf Atas Pengeroyokan 2 Wartawan

Sementara itu, Bendahara PKK Desa Pasinan, Kecamatan Baureno, Siti Musrofah saat dihubungi melalui telepon selulernya, mengatakan bahwa suplai makanan yang diberikan kepada lansia dengan kategori 60 tahun ke atas itu, dilakukan langsung oleh anggotanya. ‘Kita berikan kepada 10 lansia miskin di atas umur 60 tahun,” jelas Siti Muarofah.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Pendidikan

Bojonegoro.com – Universitas Bojonegoro (Unigoro) merupakan kampus di Bojonegoro, Jawa Timur, yang masuk penilaian kampus terbaik peringkat dunia. Informasi ini berdasarkan pemeringkatan universitas terbaik...

Olahraga

Bojonegoro.com – Dua pesilat PSHW (Persaudaraan Setia Hati Winongo) Cabang Bojonegoro berhasil membawa satu medali emas dan satu medali Perunggu dalam kejuaraan pencak silat...

Kabar

Bojonegoro.com – Pengelolaan Pasar Lama Bojonegoro yang berlokasi di Jl. Pasar No. 01 Kelurahan Ledok Wetan, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, seharusnya berjalan dengan baik....

Kabar

Bojonegoro.com  – Kapolres Bojonegoro, AKBP Rogib Triyanto, SIK menggelar program Jumat Curhat. Kali ini, Jum’at Curhat bersama masyarakat Kecamatan Padangan yang bertempat di Balai...

X