Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kabar

Program PTSL UMKM, 425 Pelaku Usaha Mikro Bojonegoro Akan Terima Sertifikat Hak Milik.

IMG 20200402 094727 scaled

BOJONEGORO – Pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Melalui sertifikat yang telah dimiliki, diharapkan nantinya juga dapat menjadi modal pendampingan usaha yang berdaya dan berhasil guna bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Program PTSL juga diberikan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dimana program ini adalah kerjasama lintas sektoral antara Kementerian ATR/BPN bersama Kementerian Koperasi dan UMKM.

Sukaemi selaku Kepala Dinas Koperindag UMKM Bojonegoro menyampaikan jika ditahun ini Pemerintah Kabupaten Bojonegoro juga mendapatkan program PTSL UMKM.
Tahun 2021 ini di Bojonegoro ada tiga desa pada dua kecamatan penerima Program PTSL UMKM,” terang Sukaemi, Kamis, 25/02/21.

Sukemi mengungkapkan, program ini diberikan kepada pelaku usaha UMKM yang belum memiliki sertifikat hak milik atas tanah lokasi usaha yang ditempatinya. Tiga desa tersebut diantaranya Desa Pacul dan Mulyoagung yang berada di Kecamatan Bojonegoro dan Desa Ngampel yang berada di wilayah Kecamatan Kapas.

Sementara itu, Sukmono selaku pejabat inventarisir yang menangani program ini menyampaikan bahwa ada 425 pelaku usaha yang akan menerima sertifikat tanah PTSL UMKM.

“Ini kerjasama lintas sektoral antara Kantor Kementerian ATR/BPN dan Kementerian Koperasi dan UMKM, sifatnya Kantor BPN mengusulkan ke Kantor Wilayah Dinas Koperasi dan UMKM Jatim. Terkait siapa saja pelaku UMKM yang akan menerima sertifikat program ini adalah wewenang Dinas Koperindag UMKM Bojonegoro,” jelas Sukmono.

Adapun rincian PTSL UMKM di Kabupaten Bojonegoro dari jumlah 425 bidang tersebut, sebanyak 325 bidang dari pelaku UMKM dan 100 bidang berasal dari Dinas Perikanan. Begitupun proses pengajuannya yang sama selayaknya pengajuan Program PTSL umumnya, perbedaannya terletak pada pemanfaatnya, karena program ini hanya dikhususkan bagi pelaku usaha yang belum mempunyai sertifikat hak milik.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Baca Artikel Lainnya

Copyright © 2020 Tim Digital Bojonegoro.com - Redaksi - Kontak

X