Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kabar

Prosesi Sedekah Bumi Ki Merto Yudho di Tengah Pandemi.

IMG 20200916 125922

BOJONEGORO– Rabu, 16/09/20 Sebagai wujud rasa syukur atas anugrah dan nikmat yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa, Warga Sumbang kecamatan Bojonegoro menyelenggarakan sedekah Bumi di Makam Ki Merto Yudho, Sedekah Bumi atau manganan yang dilaksanakan ditengah pandemi ini tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Setiap Rabu Kliwon, di bulan Suro (Muharam) sedekah bumi atau manganan di makam Ki Merto Yudho Sumbang, kecamatan Bojonegoro sudah menjadi agenda rutin Kalender kegiatan tahunan pemerintah kelurahan Sumbang dan pengurus makam Ki merto Yudho. Rangkaian sedekah bumi di makam Ki mertho Yudho selalu di peringati dengan menggelar pagelaran wayang kulit di siang dan malam hari.

Berbeda dengan tahun ini, sedekah bumi Ki mertho Yudho ditengah pandemi dilaksanakan tanpa pagelaran wayang kulit.

Menurut kepala Kelurahan Sumbang winarto S.Sos, dalam sambutannya “Kita sedang berjuang keluar dari Pandemi covid-19, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini sedekah bumi Ki Merto Yudho, tanpa pagelaran wayang kulit. Kita hanya melaksanakan doa tahlil tadi malam dan siang ini warga melaksanakan manganan dan doa bersama di makam.

IMG 20200916 130024

Doa dan tahlil di makam Ki Merto Yudho Sumbang dihadiri sekcam kota dan kepala kelurahan Sumbang.

lebih lanjut Winarto mengungkapkan, ini semua adalah sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Upacara manganan juga bertujuan untuk mengirimkan doa kepada leluhur dan keluarga yang telah meninggal dunia, kita berkumpul disini dengan niatan sedekah makanan dan sedekah doa, jelas Winarto.

Dalam kesempatan itu pula, Kepala kelurahan Sumbang juga mengingatkan warga agar tetap patuh dengan protokol kesehatan dengan tetap rajin cuci tangan dan selalu memakai masker dalam setiap kesempatan.

Baca Juga :  Gubernur Khofifah Serahkan Bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Timur di Bojonegoro.

Pantauan awak media Bojonegoro.com warga nampak antusias melaksanakan upacara sedekah bumi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Upacara sedekah bumi di mulai pukul 12.00 dihadiri oleh kepala Kelurahan Sumbang, tokoh agama dan tokoh masyarakat keluruhan Sumbang, kegiatan berjalan dengan aman dan lancar.

Diambil dari berbagai sumber, Ki mertho Yudho adalah salah satu seorang Senopati perang kerajaan Mataram di masa Sultan Agung Ariyo Cokro Kusumo yang terkenal akan kesaktian dan keunggulannya dalam Yudho (perang). Ki Merto Yudho adalah Adik kandung dari Ki Singonoyo (Makam Kembar Desa Sukorejo).

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Baca Artikel Lainnya

Copyright © 2020 Tim Digital Bojonegoro.com - Redaksi - Kontak

X