Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kabar

Resmi Dibuka, Bupati Bojonegoro Himbau ASN Belanja di Pasar Wisata

etP7HllWFWUn2Dzl

Bojonegoro.com – Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah meresmikan Pasar Wisata, Jumat (7/1/2022). Peresmian ini juga dihadiri oleh jajaran Forkopimda. Pasar Wisata terletak di Jalan Kopral Kasan, Karang Pacar, Kecamatan Bojonegoro atau bersebelahan dengan bekas pasar hewan Banjarejo.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Bojonegoro, Adi Wicaksono mengatakan bahwa Pasar Wisata dibangun di atas lahan seluas 1,5 hektar. Pembangunan Pasar Wisata memakan waktu sekitar 8 bulan, yakni sejak April hingga Desember. “Terdapat 206 kios dan 1.510 bidak/los,” ucapnya.

Ia menyebutkan bahwa konsep dari Pasar Wisata ialah pasar yang bersih dan tertata. “Nantinya yang berada di lantai bawah merupakan pasar basah dan lantai atas adalah pasar kering,” tambah Adi. Pasar Wisata ini memiliki fasilitas pendingin agar pengguna pasar lebih nyaman dan air kran untuk kebutuhan penjual.

Selain itu juga terdapat tempat loading dock, musholla, penampungan air bersih, tempat pembuangan sampah, hippam dan hydrant untuk antisipasi kebakaran. “Kita juga bersinergi dengan Dinas Perdagangan untuk nantinya bekas pasar hewan menjadi lahan parkir Pasar Wisata,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah dalam sambutannya menjelaskan bahwa Pasar Wisata merupakan salah satu dari program yang tertuang di RPJMD, yaitu modernisasi pasar tradisional. “Konsep modernisasi pasar yaitu mulai dari sarana prasarana, manajemen pasar dan tata kelolanya,” kata Bupati Anna.

Menurut Bupati Anna, Pasar Wisata ini dikonsep dengan tradisional dengan pelayanan modern. Inspirasi ini didapatkan ketika mengunjungi suatu pasar yang dilantai bawah berisi pedagang semua jenis ikan dan di lantai atas adalah tempat kuliner yang dimana bahannya diambil langsung dari pedagang lantai bawah.

“Dengan sarana yang ada kami berharap penjual dan pembeli bisa nyaman dan senang,” tutur Bupati Anna.

Baca Juga :  Forkopimda Bojonegoro Siap Mengawal Distribusi Minyak Goreng Curah

Selain itu, Bupati Anna berharap dengan adanya pasar ini dibangun dengan modern berisikan pasar tradisional serasa supermarket dengan harga tradisional yang dapat menyaingi supermarket.

Bupati juga meminta kepada Sekretaris Daerah Nurul Azizah agar para PNS maupun tenaga kerja di lingkup Pemkab Bojonegoro untuk membeli di Pasar Wisata. “Jadi minimal harus didaerahkan, dari kita harus mendukung sepenuhnya,” tegas Bupati Anna. Diakhir acara, Bupati bersama seluruh jajaran keliling Pasar Wisata untuk memantau keadaan pasar.

Acara peresmian sendiri ditandai dengan pengguntingan pita. Lalu Bupati Anna menandatangani prasasti sebagai tanda Pasar Wisata telah diresmikan (*)

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Thengul merupakan kesenian khas yang telah menjadi identitas Kabupaten Bojonegoro mampu menarik perhatian banyak pihak, inilah yang menjadi dasar Tim Badan Pengembangan...

Kabar

Bojonegoro.com – Badan Usaha Milik Desa (BUM Des) MARGO SASONO KARYO MULYO Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo kabupaten Bojonegoro mengikuti misi dagang dan investasi bersama...

Kabar

Bojonegoro.com – Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesian (PSMTI) kabupaten Bojonegoro kembali melakukan kegiatan sosial dengan membagikan ratusan sembako, kali ini menyasar Bojonegoro bagian barat...

Kesehatan

Bojonegoro.com – Perhimpunan Auditor Internal Rumah Sakit Indonesia (PAIRSI) menyelenggarakan Hari Ulang tahunnya yang ke-2, kegiatan dilaksanakan di Ruang serba guna Rumah Sakit Islam...

X