Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20210727 WA0048

Kabar

Ringkankan Beban, Bupati Bojonegoro Serahkan Santunan Korban Kebencanaan.

Bojonegoro.com – Sejumlah 30 Keluarga korban bencana di Kab. Bojonegoro hari ini, Selasa, 27/07/2021 menerima santunan dari Pemkab Bojonegoro. Santunan diberikan untuk warga korban bencana diantaranya adalah kebakaran, tenggelam, dan angin puting beliung. Santunan ini diserahkan secara simbolis kepada 3 perwakilan korban/keluarga oleh Bupati di Pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro.

Hadir mendampingi acara penyerahan bantuan yaitu Kepala Pelaksana BPBD Kab. Bojonegoro, Camat Trucuk, Baureno, Margomulyo dan Kades Lebaksari Kec. Baureno, Mori Kec. Trucuk, dan Sumberrejo Kec. Margomulyo.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Kab. Bojonegoro Ardian Orianto, tahun 2021 ini ada 30 kejadian kebencanaan di Kab. Bojonegoro. Adapun kriteria penerima santunan sebagaimana diatur dalam Perbup Bojonegoro No 35 Tahun 2019 Tentang Pemberian Santunan Bagi Korban Bencana di Kab. Bojonegoro, yakni diberikan kepada individu, keluarga dan atau masyarakat korban bencana.

Berdasarkan rekap kejadian bencana Kalak BPBD ardian menarangkan dari 30 kejadian kebencanaan di Bojonegoro Ada 20 korban kebakaran, 7 korban tenggelam, dan 3 korban angin puting beliung, dimana masing-masing perwakilan/korban mendapatkan santunan sebesar 15 Juta rupiah untuk korban kebakaran, dan 3 juta rupiah untuk korban tenggelam.

Setelah menyerahkan santunan kepada korban dalam arahannya Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menyampaikan, pemberian santunan bagi korban bencana merupakan salah satu bentuk perhatian dan kepedulian Pemkab Bojonegoro untuk meringankan beban warganya tertimpa musibah, meski nilai santunan tak sebanding dengan total kerugian yang diberikan, mudah-mudahan bisa manjadi manfaat buat keluarga/korban. Bupati mengajak kepada warga untuk lebih safety dalam menggunakan peralatan rumah tangga dalam kehidupan sehari-hari, baik listrik maupun kompor gas yang bisa menjadi pemicu hingga menimbulkan kebakaran akibat kelalaian.

Dalam kondisi seperti ini, apalagi di musim kemarau, sosialisasi tindakan pencegahan kebencanaan juga harus sering digalakkan secara masif kepada warga, guna meminimalisir kejadian bencana dan kerugian yang ditimbulkan. Bupati menambahkan, di masa pandemi covid 19 ini Pemkab akan menaikkan jumlah santunan duka (kematian) untuk warga, hal ini merupakan bentuk perhatian Pemkab untuk saling bergotong royong membantu meringankan beban bagi warga terdampak.

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan

Baca Artikel Lainnya

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Fashion Street Red Carpet (FRC) kembali hadir di Car Free Day (CFD) Alun – alun Bojonegoro, namun ada yang berbeda dengan penampilan...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com – Iringan musik dan gemerlap lampu menjadi tanda dimulainya Bojonegoro Fruit and Veggie Fashion Street Competition sebagai puncak acara Getuk Parasa yang diselenggarakan...

Info

Lowongan Kerja Di cari tenaga jahit halus Pria / wanita untuk berkerja di rumah Mode ARVA. Diutamakan Lulusan SMK. Lincah, disiplin dan rajin. Yang...

Seni dan Budaya

Bojonegoro.com –  Bojonegoro Nglenyer Fashion Festival (BNFF) di Zona 1 (satu) digelar di Jalan Poros Desa Semambung Jembatan Terusan Bojonegoro Tuban (TBT) Kecamatan Kanor....

X