Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bojonegoro.com
IMG 20211019 WA0136

Peristiwa

Ritual Pengambilan Api Abadi Awali Rangkaian Hari Jadi Bojonegoro ke-344

Bojonegoro.com – Prosesi pengambilan api abadi di obyek wisata Kayangan Api, menjadi awal rangkaian kegiatan menyambut Hari Jadi Bojonegoro (HJB) ke 344, Selasa (19/10/2021). Kayangan api terletak di wilayah Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bojonegoro, turut Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Kegiatan pengambilan api abadi tersebut dilaksanakan secara ritual dalam upacara adat dipimpin oleh oleh Camat Ngasem. Sedangkan pengambilan api dilakukan oleh Juru Kunci Kayangan Api Sufyanto.

Sebelumnya, pengambilan api diawali dengan arak-arakan berbagai tumpeng dari gerbang Desa Sendangharjo. Dilanjutkan penyerahan sesaji kepada Juru Kunci, diteruskan mengelilingi kayangan api diiringi para penari waranggono yang diakhiri tabur bunga.

Camat Ngasem, Waji mengatakan, bahwa prosesi pengambilan api abadi dalam rangka HJB ke 344 masih sama seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja, pada tahun 2021 ini jumlah peserta prosesi dibatasi karena masih pandemi, dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Pengambilan api abadi ini adalah simbol bagi masyarakat Bojonegoro untuk terus semangat bekerja dan berkarya menuju Bojonegoro yang lebih baik,” katanya.

Setelah pengambilan, lanjut Waji, api selanjutnya dikirab menuju ke kantor Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil). Untuk kemudian dilanjutkan ke Pendapa Malawapati Bojonegoro.

“Penyerahan api kepada Ketua DPRD Bojonegoro, Pak Imam Sholikin, nantinya sebagai puncak rangkaian kegiatan HJB ke 344,” pungkasnya.(*)

Bagikan :
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Artikel Lainnya

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Lima tahun dalam  pengabdiannya, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah mempersembahkan sebuah buku berjudul “Membangun Sejak dalam Pikiran”, Pembangunan dari Titik Paling Pinggir Menuju...

Wisata

Bojonegoro.com – Keinginan besar untuk mengenal Indonesia lebih dekat menguatkan tekad Syaiful A Rachman (SAR) melakukan perjalanan keliling Nusantara. Dengan menggunakan si Oyen, kendaraan...

Hukum

Bojonegoro.com – SURABAYA – Pelaksanaan Otonomi Desa setelah lahirnya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa ternyata tidak sepenuhnya menguntungkan Desa. Di undang-undang tersebut...

Politik dan Pemerintahan

Bojonegoro.com – Sebuah buku inspiratif, berjudul ‘Membangun Sejak Dalam Pikiran’ karya Anna Mu’awanah dibedah di Pendopo Malowopati Sabtu (23/9/2023). Acara ini sekaligus menjadi perpisahan...

X